Aplikasi PictArt dan Hal-Hal yang Perlu Dioptimalkan Darinya

Dioptimalkan Darinya

Aplikasi PictArt adalah alat pengeditan foto dan manipulasi foto yang mengesankan dengan lebih dari 500 juta pemasangan dan 100 juta pengguna bulanan secara global. Misi mereka adalah membantu orang-orang “melampaui filter”.

Selain itu juga untuk membuat gambar keren dengan menawarkan kepada penggunanya alat dan aset profesional yang mereka butuhkan semuanya dalam satu aplikasi. Bagaimana cara yang benar dalam menggunakannya?

Ketahui Masalah Utama Aplikasi PictArt

Meskipun PictArt telah menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh pada tahun ini, mereka kehilangan calon penggunanya. Khususnya, kalangan yang baru mengenal dunia pengeditan foto.

Setelah menggunakan aplikasi PictArt untuk mengedit gambar selama sekitar satu tahun, Anda akan merasakan sendiri kualitas aplikasi ini. Namun, ada beberapa hal yang memang perlu dioptimalkan lagi oleh para pengembang aplikasi ini.

Hal ini disinyalir penyebabnya adalah karena banyaknya ikon asing dan pengelompokan kompleks alat pengeditan untuk pengguna. Oleh karena itu, pengguna harus beradaptasi dan mengeksplorasi lebih sebelum berubah menjadi pengguna premium.

Hal-hal berikut ini juga menjadi beberapa kesulitan lain dan fakta lapangan dari testimoni para pengguna aplikasi PictArt ini:

  1. Alat pengeditan yang tidak dikenal menyebabkan pengguna merasa putus asa;
  2. Pengguna mengalami kesulitan untuk menemukan alat yang mereka gunakan di aplikasi pengeditan lain;
  3. Rata-rata waktu yang mereka habiskan untuk mengedit foto adalah 15 menit;
  4. Pengguna tertarik pada filter (efek), overlay, stiker, dan alat mempercantik;
  5. Pengguna kecewa dengan kenyataan bahwa mereka tidak dapat mengedit teks seperti di Instagram setelah menerapkannya pada gambar;
  6. Tujuan utama mengedit foto adalah untuk membagikannya di media sosial (kebanyakan Instagram dan Facebook).

Analisis Utilitas dari Aplikasi PictArt

Apa yang diharapkan pengguna untuk dilihat saat mereka membuka aplikasi pengeditan didasarkan pada aplikasi yang mereka gunakan secara teratur. Dapat diidentifikasi bahwa aplikasi pengeditan terbagi jadi dua kategori: aplikasi dengan alat yang lebih canggih dan aplikasi yang lebih sederhana dan memiliki lebih sedikit alat.

Lebih banyak kesamaan antara aplikasi ini adalah:

  1. Filter sebagian besar merupakan item pertama pada panel alat;
  2. Alat Pangkas, Perspektif, Balik/Putar, Ubah ukuran dikelompokkan dalam kategori Sesuaikan atau Pangkas;
  3. Alat pertama terbuka bagi pengguna untuk langsung mulai mengedit tanpa memikirkan harus mulai dari mana.

Maka dari itu, pengguna butuh solusi-solusi berikut ini:

  1. Proses pengeditan foto yang jelas dan lancar;
  2. Ikon atau nama alat tidak boleh bertentangan dengan model mental pengguna;
  3. Tampilan antarmuka yang akrab, sehingga pengguna akan bertindak secara intuitif, yang akan mengarah pada proses pengeditan yang cepat.

Urgensi Kategorisasi Ulang pada Aplikasinya

Alat seperti filter, Percantik, alat penyesuaian foto, dan Stiker adalah alat yang paling banyak digunakan orang. Oleh karena itu, harus ada di halaman pertama agar terlihat saat pengguna membuka layar pengeditan.

Beberapa alat (tools) juga sebaiknya dikategorisasikan ulang. Misalnya, alat Pangkas, Pangkas Bentuk, Sesuaikan, Ubah Ukuran, Perspektif, dan Putar di bawah kategori penyesuaian, karena semuanya untuk mengubah ukuran atau orientasi foto.

Beberapa ikon dan nama alat juga lebih baik diubah agar tidak membingungkan pengguna dan membuatnya mirip dengan aplikasi pengeditan lainnya. Dengan demikian, para pengguna akan lebih nyaman kala menggunakan aplikasi ini.

Banyak orang memulai belajar mengedit foto dengan aplikasi ini. Maka tidak heran jika popularitasnya tidak perlu diragukan lagi. Namun, ini justru tantangan bagi pihak pengembang agar aplikasi PictArt ini bisa lebih baik lagi ke depannya.