6 Rekomendasi Aplikasi Baca Komik Offline Paling Lengkap

Membaca komik di kala senggang adalah aktivitas yang akhir-akhir ini semakin sering dilakukan oleh masyarakat luas di berbagai kalangan usia. Membuat kebutuhan akan aplikasi baca komik offline semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Aplikasi komik offline itu sendiri merupakan platform di mana orang bisa membaca komik tanpa jaringan internet. Di bawah ini terdapat 6 aplikasi untuk baca komik offline yang sangat direkomendasikan. Yuk, simak!

1. MangaToon – Manga Reader

Pada Juli 2018, Shanghai Ruogo Technology Co, Ltd merilis MangaToon yang kemudian berhasil memperoleh kepopuleran hingga saat ini. Tersedia dalam berbagai terjemahan bahasa, MangaToon menawarkan fitur baca komik offline yang membuat pembaca bisa hemat kuota.

Berbagai macam jenis komik tersedia di dalam aplikasi, mulai dari manhua, manga, hingga manhwa. Selain itu, ada fitur genre yang bisa digunakan untuk menyeleksi bacaan komik sesuai dengan temanya, seperti romance, action, drama, dan lain-lain.

2. WEBTOON

Bagi yang mencari komik-komik korea atau manhwa, maka aplikasi rilisan WEBTOON Entertainment Inc. wajib untuk dicoba. Sejak kemunculannya pada Juli 2014 lalu, WEBTOON telah berhasil mencuri banyak hati penggemar Korea dengan koleksi komiknya yang menarik.

Meskipun didominasi oleh manhwa, aplikasi satu ini pun memiliki koleksi komik-komik dari negara lain seperti Indonesia. Hingga kini, WEBTOON telah memiliki puluhan ribu komik yang bisa dibaca setiap harinya secara offline dan tanpa terbatas waktu.

3. Marvel Unlimited

Selain terkenal dengan film dan serial-serial franchise-nya, Marvel juga dikenal memiliki aplikasi baca komik offline dengan koleksi lengkap yang memanjakan. Aplikasi yang rilis pada Mei 2013 ini memiliki koleksi hingga lebih dari 30 ribu komik.

Mulai dari komik Marvel hingga komik-komik lainnya tersedia dalam berbagai bahasa. Membuat penggemar yang ingin mengikuti komiknya bisa langsung membaca di Marvel Unlimited sekaligus memberikan dukungan terhadap para komikusnya melalui pembelian komik di dalam aplikasi.

4. WebComics

Untuk rekomendasi selanjutnya ada aplikasi WebComics dari Webcomis Holdings HK Ltd. yang siap memanjakan pembaca dengan puluhan ribu koleksinya yang rilis setiap hari. Ditambah dengan adanya akses baca gratis secara offline yang sayang untuk dilewatkan.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur chatting yang bisa digunakan untuk mengobrol dengan sesama pembaca. Tidak heran jika WebComics berhasil memperoleh lebih dari 1 juta unduh di dunia sejak kemunculannya di tahun 2018 lalu.

5. BILIBILI COMICS – Manga Reader

Aplikasi kepunyaan Bilibili Inc. ini sudah banyak dikenal oleh kalangan pecinta komik meskipun baru dirilis pada April 2021 lalu. Hal tersebut dikarenakan Bilibili sudah terkenal lebih dahulu melalui kanal YouTube-nya yang aktif memberikan konten animasi.

Dengan koleksi komik originalnya yang telah mencapai angka lebih dari tiga ribu judul, BILIBILI COMICS berhasil menarik minat pembaca di seluruh dunia. Di mana komik-komik tersebut dapat dibaca secara offline tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun.

6. Crunchyroll Manga

Termasuk sebagai pemain lama dalam industri komik, aplikasi yang satu ini berhasil memperoleh 5 juta lebih unduhan di penjuru dunia. Sejak 2014 hingga sekarang, Crunchyroll Manga telah memberikan banyak konten bacaan yang bisa diakses offline.

Mulai dari komik lawas hingga yang paling update dapat ditemukan dalam katalog di aplikasi kepunyaan Ellation, LLC ini. Tidak lupa juga dengan beragam pilihan genre yang tersedia membuat proses pencarian judul komik menjadi lebih mudah.

Itulah rekomendasi 6 aplikasi baca komik offline yang wajib untuk dicoba. Segera kunjungi Play Store favorit untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi di atas secara gratis dan nikmati serunya membaca komik offline tanpa gangguan iklan.