Inilah Cara Mengunci Aplikasi Menggunakan Setting di HP

Anda harus tahu bagaimana cara mengunci aplikasi karena mungkin saja nantinya pengetahuan ini akan digunakan. Tidak jarang ada orang yang sangat ingin mengunci aplikasinya karena beberapa alasan. Misalnya untuk menghindari aplikasinya dibuka orang.

Mungkin awalnya Anda berpikir untuk mengunci aplikasi ini membutuhkan bantuan dari apk pihak ketiga. Namun sebenarnya tidak, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan hanya dengan memakai settingan dari HP. Sehingga tidak membutuhkan modal sama sekali.

Sebenarnya memang ada cara mengunci aplikasi dengan memakai apk tambahan. Namun Anda masih harus meluangkan kuota internet dan ruang di memori untuk menampung aplikasinya. Anda tidak seharusnya meluangkan modal kuota internet dan memori hanya untuk hal ini.

Jika masih belum tahu bagaimana cara menguncinya tanpa memakai apk tambahan, Anda harus mempelajari bagaimana caranya berikut ini dan mengikuti langkah – langkahnya.

Cara Mengunci Aplikasi dengan Settingan

Pengaturan di HP sebenarnya ada banyak, namun belum tentu semuanya tahu apa saja fungsi pengaturannya. Apalagi saat HPnya masih baru, masih butuh waktu untuk menjelajahi pengaturannya dan beberapa fungsi lain di dalam HP.

Bahkan sebenarnya ada pengaturan untuk mengunci beberapa aplikasi sesuai dengan keinginan. Tujuannya adalah untuk melindungi privasi. Anda pasti pernah beberapa kali merasa ingin menyembunyikan sebuah aplikasi karena ada rahasia di dalamnya.

Hal ini karena terkadang HP masih bisa saja dibuka – buka oleh orang lain. Jika ingin menjaga rahasia lebih baik lagi, coba ikuti cara mengunci aplikasi berikut ini.

1. Buka pengaturan di HP

Menu untuk mengunci aplikasinya tersedia di pengaturan HP. Jadi Anda tidak perlu membuka menu lainnya untuk mengubah pengaturan ini. Buka pengaturan di HP terlebih dulu, lokasi pengaturan di HP biasanya berbeda – beda. Pengaturan HP memiliki symbol gear.

Kemudian carilah menu kunci aplikasi untuk mengubah pengaturannya. Pilih menu sandi dan biometrik. Scroll atau gulir ke bawah untuk menemukan menu kunci aplikasinya. Lalu klik bagian tersebut.

2. Pilih menu kunci aplikasi

Setelah menemukan menu tersebut, cari aplikasinya yang akan dikunci. Setelah menemukannya, terdapat bulatan yang ada di sebelah kanan aplikasinya. Kemudian gulir bulatan tersebut yang awalnya berwarna abu – abu menjadi hijau atau ubah menjadi on.

Setelah melakukan cara mengunci aplikasi ini, maka aplikasinya akan otomatis terkunci. Jadi tidak ada orang lain yang bisa membukanya selain Anda.

3. Mencoba mengakses aplikasinya

Setelah selesai, coba akses aplikasinya yang sudah dikunci. Jika sudah berhasil maka akses aplikasinya akan membutuhkan sidik jari atau pengenalan wajah. Sehingga sudah tidak ada lagi yang bisa membukanya tanpa memakai sidik jari atau pengenalan wajah terdaftar di HP.

Tentu saja cara ini sangat mudah diikuti dan dilakukan. Namun ada hal yang harus diperhatikan, yaitu tidak semua HP bisa memakai cara ini untuk mengunci aplikasinya. Sehingga jangan begitu panik jika tidak bisa melakukan langkah – langkah tersebut untuk kunci  aplikasinya.

Biasanya HP dengan fitur atau program terbaru sudah pasti bisa menggunakan langkah – langkah tersebut. Hal ini karena HP sudah mendukung penguncian aplikasinya melalui settingan, sehingga tidak membutuhkan bantuan dari apk lain.

Jadi jika tidak bisa mengatur melalui settingan, Anda harus memakai aplikasi bantuan yang bisa diunduh di play store atau web secara gratis. Biasanya akan ada panduan mudah untuk mengunci aplikasinya. Dengan begitu semua HP bisa melakukan cara mengunci aplikasi.