5 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi Anti Ribet

Banyak yang mencari bagaimana cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi. Sebab, umumnya aplikasi yang terpasang di smartphone merupakan aplikasi yang seringkali digunakan.

Ruang penyimpanan penuh memang sebuah hal yang menyebalkan. Sebab hal itu mengakibatkan ponsel Anda menjadi lemot. Agar tidak lemot maka Anda harus menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan atau aplikasi yang tidak terpakai.

5 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Agar bisa mendapatkan memori yang besar tanpa harus menghapus aplikasi yang terdapat dalam smartphone Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini. Di bawah ini adalah cara yang umum dilakukan.

1. Hapus Cache

Supaya smartphone Anda tidak lemot karena ruang penyimpanan yang hampir penuh cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghapus cache. Berikut adalah cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi dengan menghapus cache.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka menu pengaturan yang terdapat dalam ponsel tersebut.
  • Kemudian Anda bisa mencari dan tap opsi Apps atau aplikasi atau Application Manager.
  • Selanjutnya Anda bisa aplikasi yang hendak di bersihkan cache yang terdapat di dalamnya, contohnya adalah Facebook.
  • Lalu Anda bisa menekan tap ikon aplikasi Facebook.
  • Di sana nanti akan ada beberapa pilihan, Anda bisa memilih tap opsi storage
  • Yang terakhir Anda bisa menekan Clear Cache yang terdapat di bagian sebelah kiri clear data. Dan cache pun selesai dibersihkan.

2. Bersihkan Sampah

Selain dengan menghapus cache cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang selanjutnya adalah dengan membersihkan sampah yang terdapat di smartphone. File sampah berasal dari pemakaian bekas aplikasi tidak digunakan.

Namun untuk menghapus file sampah yang terdapat dalam smartphone tersebut, maka Anda membutuhkan aplikasi tambahan. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store, seperti 1Tap Cleaner, Ccleaner, SD Maid, dan masih banyak lagi.

3. Hapus File Video

Bagi Anda yang sering mengunduh video yang ada di YouTube supaya dapat menonton di wilayah yang tidak terhubung dengan jaringan internet, hal ini ternyata juga merupakan salah satu penyebab ruang penyimpanan menjadi cepat penuh.

Oleh sebab itu, Anda harus menghapus beberapa file video yang telah Anda unduh. Baik yang berasal dari YouTube, Instagram, atau media sosial lainnya. Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi ini juga dianggap paling mudah untuk dikerjakan.

4. Pindahkan File ke Memori Eksternal

Ruang penyimpanan penuh tapi aplikasi dan data-data yang terdapat di dalam ponsel merupakan hal yang penting tentu akan membuat bingung. Cara mengatasinya adalah dengan memindahkan file ke memori eksternal.

Berikut adalah cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi dengan cara memindahkan file ke memori eksternal dengan mudah.

  • Yang pertama Anda bisa membuka menu pengaturan atau setting
  • Selanjutnya Anda bisa memilih menu Application. Kemudian klik Application Manager
  • Apabila Anda sudah memilih aplikasi yang hendak Anda pindahkan ke microSD, kemudian Anda bisa menekan klik Move to SD Card.
  • Dan file pun telah pindah ke memori eksternal

5. Cadangkan Foto ke Google Photos

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa hapus aplikasi terakhir dengan mencadangkan foto ke Google Photos. Cara ini diperuntukkan bagi yang hobi melakukan swafoto atau selfie. Dengan terlalu sering berfoto akan membuat memori cepat penuh.

Namun, pastikan Anda berhati-hati ketika Anda memutuskan untuk menghapus data atau file di ponsel. Kelima cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di atas dapat Anda terapkan sesuai dengan kebutuhan Anda.