4 Cara Mengunci Aplikasi di IPhone untuk Lindungi Privasi

Anda bisa mencoba cara mengunci aplikasi di iPhone untuk melindungi privasi. Anda pasti tahu bahwa HP adalah salah satu tempat di mana pemiliknya banyak menyimpan rahasia. Baik rahasia dalam HP tersebut berupa pesan, audio, file, gambar, dan lain sebagainya.

Jika Anda memiliki iPhone dan sedang ingin mengunci beberapa aplikasi di dalam HP, cobalah mempelajari beberapa caranya berikut ini. Kemudian pilih salah satu caranya untuk diterapkan langsung di HP tersebut.

4 Cara Mengunci Aplikasi di IPhone

Tentu saja saat memiliki rahasia, Anda sangat ingin mencoba menyimpannya sebaik mungkin. Bahkan jika bisa jangan sampai ada orang lain yang tahu, baik merupakan orang terdekat atau bukan, karena terkadang orang-orang sekitar Anda masih saja bisa membuka HP Anda.

Untuk itu diperlukan pengetahuan tentang bagaimana cara mengunci aplikasi di iPhone. Jadi sebenarnya tidak hanya di Android saja yang bisa mengunci aplikasi seperti ini, namun HP merek iPhone juga bisa melakukannya. Bahkan sampai ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk itu.

IPhone kini termasuk dalam salah satu HP paling terkenal dan banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini karena ada banyak kelebihan dari iPhone, misalnya kualitas kamera, banyaknya kapasitas penyimpanan, dan berbagai kelebihan lain. Tentu saja juga sudah ada fitur kunci aplikasi.

Jika Anda belum pernah tahu bagaimana caranya dan baru saja memiliki iPhone, coba perhatikan beberapa penjelasannya berikut.

1. Memakai Restrictions

Restriction merupakan program yang bisa digunakan untuk membatasi penggunaan aplikasi di dalam iPhone. Tentu saja Anda bisa memanfaatkan fitur restriction ini untuk meminimalisir bocornya rahasia yang ada di dalam HP. Inilah beberapa langkahnya.

  • Buka pengaturan pada HP
  • Pilih general kemudian restrictions
  • Aktifka restriction dengan klik enable restriction
  • Saat akan mengaktifkan restriction, Anda akan diminta password HP

Cara mengunci aplikasi di iPhone ini banyak dilakukan oleh orang-orang. Namun selain itu, Anda juga bisa memakai cara lainnya.

2. Memakai Iprotect

Iprotect juga menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan aplikasi di dalam iPhone. Coba ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya.

  • Cari aplikasi iprotect kemudian buka aplikasinya
  • Pilih jenis kunci sekaligus aplikasinya yang akan dikunci
  • Kemudian klik save

Setelah menguncinya dengan iprotect, setiap kali Anda ingin membuka aplikasinya harus memasukkan password atau jenis kunci lain sesuai dengan pengaturan sebelumnya.

3. Memakai Face ID

Lalu juga terdapat cara mengunci aplikasi di iPhone dengan face ID. Sesuai dengan namanya, memang pengaturan lock ini dilakukan dengan mendaftarkan wajah. Inilah beberapa langkah-langkahnya.

  • Buka pengaturan di HP lalu pilih akun
  • Pilih privasi, lalu carilah menu kunci layar
  • Di dalam menu kunci layar terdapat face ID

Lebih tepatnya hal ini dilakukan untuk mengunci layar agar tidak ada orang lain yang membuka aplikasinya.

4. Memakai Touch ID

Jika sebelumnya memakai wajah, maka selanjutnya memakai sidik jari dengan fitur touch ID. Inilah beberapa cara yang bisa diikuti dan juga dipraktikkan dengan mudah.

  • Buka pengaturan lalu pilih menu Touch ID dan password
  • Daftarkan sidik jari dengan mengikuti panduan dari HP
  • Kemudian buka ulang menu Touch ID dan password
  • Pilih aplikasinya yang ingin dikunci

Dengan canggihnya iPhone, tidak heran jika ada banyak cara untuk mengunci aplikasi. Tentu saja semua cara tersebut bisa dilakukan di semua iPhone. Anda juga bisa mencoba memakai apk bantuan jika tidak ingin memakai cara mengunci aplikasi di iPhone tersebut.