4 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD yang Lengkap

Anda harus tahu cara memindahkan aplikasi ke kartu SD karena suatu saat nanti pasti akan dibutuhkan. Terkadang, memori internal sering penuh karena sebagian besar aplikasi dan semua isinya pasti tersimpan di sana. Hal ini tentu akan berdampak negatif pada HP.

Anda pasti tahu bahwa memori internal di HP yang sudah kepenuhan akan membuat Hpnya menjadi lambat. Performa lambat akan membuat lag kemudian HP tidak bisa digerakkan atau bahkan digunakan sama sekali. Akhirnya HP harus diflash dan menghabiskan biaya.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus tahu bagaimana cara memindahkan aplikasi ke kartu SD yang mudah. Sehingga memori internal tidak lagi berat atau terbebani dengan semua data di dalam HP. Terdapat cara memindah lewat bluetooth, pengaturan dan lain sebagainya.

Jika Anda belum tahu bagaimana caranya, coba pahami penjelasan berikut ini. Anda bisa memilih cara apapun sesuai keinginan.

4 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Kartu SD atau memory card biasanya dipasang di HP agar penyimpanan data bisa lebih banyak dan dibagi sehingga memori internal tidak terlalu banyak digunakan. Tentu saja ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dengan mudah untuk memindahkan aplikasinya berikut ini.

1. Memakai pengaturan

Cara paling mudah adalah dengan memakai pengaturan. Tentu saja semua HP bisa menggunakan pengaturan untuk memindahkan aplikasinya. Ikuti langkah – langkah berikut ini untuk memindahkannya.

· Buka pengaturan di HP

· Pilih menu penyimpanan dan pilih kartu SD

· Klik setelan penyimpanan kemudian jadikan kartu SD sebagai penyimpanan utama

Setelah mengubah pengaturan ini, semua aplikasi yang diunduh akan masuk ke dalam memori card. Namun terkadang masih ada saja aplikasi yang tidak berhasil masuk ke dalam memori card tersebut. Jika masih tidak bisa memakai pengaturan, cobalah langkah lainnya.

2. Memakai apk bantuan

Kemudian cara memindahkan aplikasi ke kartu SD lainnya adalah dengan memakai apk bantuan. Apk tersebut adalah share it. Coba ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

· Unduh share it di play store atau app store

· Pilih menu aplikasi dan pilih aplikasinya yang akan dipindah

· Nyalakan bluetooth dan wifi

· Kirimkan aplikasinya dari memori internal ke sd card

Setelah itu secara otomatis semua aplikasinya yang sudah dipilih akan masuk ke dalam sd card. Sehingga bisa dibilang memakai share it merupakan salah satu cara yang sangat ampuh dan pasti berhasil.

3. Memakai file manager

Memakai file manager juga merupakan salah satu cara memindahkan aplikasi ke kartu SD yang cukup mudah. Memakai file manager tentu saja berbeda caranya dengan memakai pengaturan. Coba perhatikan beberapa langkahnya berikut ini.

· Buka file manager lalu buka internal storage

· Pilih beberapa data aplikasinya

· Copy dan pindahkan ke memory card

Namun sebelum memindahkannya, pastikan dulu memory card memiliki ruang cukup untuk menampung datanya. Tetapi jika tidak ingin memakai file manager, coba gunakan langkah lainnya.

4. Memakai bluetooth

Sebenarnya cara memakai bluetooth untuk memindahkan aplikasinya mirip dengan share it. Bedanya adalah Anda tidak perlu mengunduh apk tambahan. Namun membutuhkan 2 HP untuk memindahkannya. Coba perhatikan beberapa langkahnya berikut ini.

· Siapkan 2 HP dan nyalakan bluetooth terlebih dulu

· Buka file manager dan pilih aplikasinya

· Kirimkan aplikasinya

· Kemudian kirimkan kembali, namun ubah pengaturan lokasi penerimanya menjadi SD card

Setelah memahami bagaimana semua caranya, kini Anda bisa mempraktekkan cara memindahkan aplikasi ke kartu SD untuk mengurangi beban internal.