Inilah 6 Aplikasi Pengukur Jarak Jalan Kaki, Teman Ketika Olahraga

Aktivitas jalan kaki di pagi hari atau sekadar ke warung membeli bahan dapur nyatanya memberikan dampak positif untuk tubuh. Agar aktivitas ini lebih maksimal maka bisa memanfaatkan aplikasi pengukur jarak jalan kaki sebagai alat pelacaknya.

Tahun 2019, ada penelitian bahwa risiko kematian dini bisa dikurangi dengan jalan kaki kurang dari 5.000 langkah setiap harinya. Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi aplikasi penghitung langkah kaki yang bisa dicoba.

1. Google Fit

Kelebihan dari aplikasi ini tidak hanya membantu mengukur langkah kaki saja, tetapi juga memantau aktivitas fisik. Dengan begitu program olahraga yang sedang dijalankan akan lebih maksimal lagi hasilnya.

Selain itu Google Fit ini juga bisa dikaitkan dengan aplikasi kesehatan lain yang terpasang di ponsel. Aplikasi Google Fit sendiri dibuat oleh American Heart Association dan Google.

2. MyFitnessPal

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi MyFitnessPal ini bukan hanya sekadar mengukur seberapa banyak langkah kaki. Namun juga ada beberapa fitur lain untuk membantu menjaga kesehatan penggunanya, contohnya menghitungnya kalori.

Tidak hanya itu saja, aplikasi MyFitnessPal juga membantu melacak kebugaran dan melacak konsumsi air putih setiap harinya. Memanfaatkan aplikasi ini untuk membantu menjaga kesehatan tubuh merupakan langkah yang tepat.

3. Noom Walk Pedometer

Merupakan aplikasi pengukur jarak jalan kaki yang terbilang mudah dipakai dan tidak boros baterai. Hal ini dikarenakan pemakaian algoritma dan sensor, yang mana bisa melacak pergerakan pemakainya.

Kelebihan lain yang ditawarkan aplikasi Noom Walk Pedometer adalah bisa dihubungkan dengan pengguna lain. Dengan begitu bisa mengetahui pencapaian dan profil yang lain. Menggunakan aplikasi ini akan membantu orang-orang mencapai target jalan kaki yang diinginkan.

4. Leap Fitness Step Counter and Pedometer

Pilihan selanjutnya bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengukur jarak jalan. Tampilan dari aplikasi MyFitnessPal minimalis dan sederhana, sehingga bisa digunakan dengan lebih mudah.

Untuk menggunakan aplikasi ini pun tidak harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Selain itu juga tidak ada sistem GPS, sehingga tidak perlu khawatir akan dilacak oleh orang-orang kurang ajar.

Fitur yang ditawarkan dari aplikasi ini pun beragam seperti fitur back up ke Google Drive sampai tampilan data bentuk grafik. Leap Fitness Step Counter and Pedometer bisa dipakai secara gratis dan berbayar.

5. Accupedo Pedometer-Step Counter

Pemakaian dari aplikasi pengukur jarak jalan kaki ini pun mudah, sehingga bisa dipakai pemula sekalipun. Fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini pun bukan hanya untuk mengukur jarak jalan kaki saja, tetapi masih ada lainnya.

Di antaranya adalah bisa menghitung kalori dalam tubuh, durasi jalan kaki, jarak sampai kecepatan. Juga aplikasi ini dilengkapi dengan fitur motivasi agar pemakainya tepat bisa semangat.

Kelebihan lain yang ditawarkan Accupedo Pedometer-Step Counter adalah dapat membagikan pencapaian kepada teman. Dengan begitu orang lain juga bisa ikut termotivasi agar bisa hidup lebih sehat dan tepat bugar.

6. Stepz

Terakhir ada aplikasi yang otomatis mengukur langkah kaki, yaitu bernama Stepz. Semua perjalanan langkah kaki disimpan dan bisa dipakai untuk mengukur seberapa jauh kemajuan dalam berolahraga.

Satu keunggulan lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini yakni tidak memanfaatkan GPS. Dengan begitu baterai iPhone tidak akan cepat boros dan masih bisa digunakan selama aplikasi aktif.

Demikianlah ulasan keenam aplikasi pengukur jarak jalan kaki terbaik dan bisa dipakai pada Android atau iPhone. Pastikan untuk memilih sesuai dengan sistem operasi pada ponsel supaya lebih mudah digunakan.