Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi Sejuta Manfaat

Microsoft excel merupakan program aplikasi dengan banyak sekali manfaat untuk hitung – hitungan. Program ini selalu digunakan baik untuk bekerja atau mengerjakan tugas di sekolah. Program ini merupakan bagian dari excel, sehingga sudah pasti tersedia di laptop atau PC.

Meskipun kini kebanyakan orang – orang merasa excel lebih banyak digunakan untuk mengerjakan perhitungan sulit, namun sebenarnya program ini bisa digunakan oleh siapa saja untuk menyederhanakan dan memudahkan pekerjaan hitungan.

Itu sebabnya Anda harus tahu Microsoft excel merupakan program aplikasi dengan beberapa manfaat. Dengan memahami apa saja manfaatnya, Anda bisa memaksimalkan penggunaan Microsoft excel untuk kehidupan sehari – hari, sehingga perhitungan menjadi lebih mudah.

Pahami apa saja manfaatnya berikut ini, kemudahan pelajari bagaimana cara memakainya untuk berbagai kebutuhan.

Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi Banyak Manfaat

Kegiatan menghitung bukanlah sebuah hal yang mudah dilakukan oleh banyak orang. Ada orang yang sangat memahami hitungan namun ada juga yang tidak. Namun adanya excel, semua kerjaan yang berhubungan dengan angka bisa lebih mudah. Inilah beberapa manfaatnya.

1. Melakukan perhitungan

Manfaat utamanya adalah dapat digunakan untuk menghitung. Baik menambah, mengurangi, mengkali, membuat rata – rata dan membagi. Cara menggunakannya adalah dengan menghafal rumus, misalnya untuk penambahan Anda bisa menggunakan rumus sum dan drag tabelnya.

Memang kunci utama memakai program ini adalah mengetahui rumusnya. Meskipun angkanya berjumlah banyak, tentu bisa dihitung lebih mudah. Mempelajari dan menghafal rumus bisa dilakukan dengan banyak membaca di internet.

Angka atau data juga bisa diurutkan dengan mudah di program ini. Ringkasan data juga bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan untuk menyelesaikan skripsi biasanya akan memakai program ini.

2. Membuat table dengan cepat

Microsoft excel merupakan program aplikasi yang sangat memudahkan, sehingga tidak heran jika membuat table bisa menjadi lebih cepat melalui aplikasinya. Tabel bisa dibuat dengan cepat dan rapi, karena di excel tidak perlu melakukan perhitungan satu per satu.

Setelah mengerjakan perhitungan pertama dan membuat tabelnya, Anda hanya perlu drag atau menarik tabelnya saja. Sehingga table lain di bawahnya akan mengikuti perhitungan rumus sebelumnya. Tentu saja dengan manfaat ini, pekerjaan menghitung Anda bisa jadi lebih cepat.

3. Membuat grafik dan diagram

Manfaat lainnya adalah membuat grafik dan diagram. Dulunya orang – orang membuat diagram dan grafik memakai Microsoft word, namun sebenarnya jauh lebih mudah dengan memakai program excel. Prosesnya lebih cepat hanya dengan memasukkan datanya saja.

Dengan kata lain, Microsoft excel merupakan program aplikasi yang memudahkan Anda untuk menganalisa data. Hal ini sangat berguna untuk Anda yang melakukan penelitian atau sedang mengerjakan tugas lainnya.

4. Memudahkan soal logika

Soal logika biasanya sangat sulit jika dikerjakan secara manual. Namun soal logika ini akan terasa lebih mudah memakai aplikasi excel. Soal logika biasanya akan dikerjakan dengan rumus if. Rumus if itu sendiri juga masih banyak jenisnya.

Jadi Anda harus banyak belajar tentang if jika memang ingin memakainya. Soal logika ini tidak hanya mudah dikerjakan namun juga cepat dikerjakan, sehingga tidak menghabiskan waktu. Biasanya fungsi mengerjakan soal logika akan dimanfaatkan dengan baik oleh anak teknik.

Teknologi memang sangat memudahkan kehidupan, sama halnya dengan program ini. Anda jadi bisa mengerjakan banyak soal perhitungan dengan lebih mudah dan cepat. Hal ini karena Microsoft excel merupakan program aplikasi paling banyak manfaatnya untuk hitungan.