Inilah Aplikasi Pengukur Kecepatan Internet untuk Mengetahui Koneksi Jaringan yang Lelet

Bagi sebagian orang, mengetahui kinerja dari jaringan yang digunakan amatlah penting. Termasuk yang berkaitan dengan kecepatan koneksi internet. Kini, tersedia juga berbagai aplikasi pengukur kecepatan internet. Pengguna dapat memilihnya untuk mengetahui kinerja jaringannya tersebut.

Kecepatan koneksi suatu jaringan internet memang sangat berguna untuk keperluan beragam akses online. Mulai dari kegiatan belajar, bekerja hingga untuk hiburan semata. Maka dari itu, pengguna perlu mengetahui aplikasi tersebut. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Speed Test Master

Media pengukur kecepatan internet ini, memiliki salah satu keunggulan jika diakses dalam versi premium yakni tidak adanya iklan. Namun, versi lainnya pun masih bisa dinikmati dengan beragam fitur menarik yang juga memberikan beberapa keunggulan.

Kemudahan dalam navigasi kinerjanya ditandai dengan fungsinya yang dapat mendeteksi secara otomatis, menstabilkan jaringan yang kurang baik, serta membantu dalam mengelola data dan penggunaannya agar akses internet yang berjalan tidak boros.

2. Net Speed Indicator

Seperti aplikasi pengukur kecepatan internet pada umumnya, aplikasi ini tentu memiliki fitur speed test. Bisa dilakukan juga dengan menekan Ikon pada bagian grafik atau pada menu “order”.

Tampilan jenis jaringan serta provider yang digunakan juga dapat terlihat dalam aplikasi ini. Di lain sisi, salah satu fitur yang ada bisa digunakan untuk melihat aplikasi mana yang banyak menghabiskan penggunaan data internet.

Adanya fitur ping test juga dapat dimanfaatkan bagi gamers yang ingin mengetahui kecepatan koneksi internet untuk mengakses server suatu game. Pengguna juga bisa menyesuaikan pilihan tema seperti: dark, light, serta amoled.

3. SPEEDCHECK

Sama dengan beberapa aplikasi sejenis, apabila diakses dalam versi yang di upgrade ke premium, iklan di dalamnya dapat ditiadakan. Namun, untuk versi lainnya pun tetap memiliki fitur-fitur yang bermanfaat untuk digunakan.

Salah satu fitur yang terdapat di dalamnya dapat menampilkan riwayat pengecekan yang pernah diakses sebelumnya. Selain itu, ada juga tips untuk menjaga koneksi supaya tetap dalam keadaan aman.

Selain itu, ada pula fitur monitoring/pemantauan di aplikasi ini. Fungsinya untuk mengetahui jika terdapat masalah pada koneksi tersebut.

4. Internet Speed Meter Lite

Melalui fitur yang juga terdapat di dalam aplikasi ini, memungkinkan pengguna untuk melihat penggunaan data selama 30 hari (bisa dilihat setiap hari). Namun, untuk melihat akses yang pernah dilakukan sebelumnya, tidak dapat ditampilkan.

Di lain sisi, pengguna bisa mengubah satuan kecepatan (Byte/detik maupun bit/detik). Pengaturan untuk menyembunyikan notifikasi dari pemberitahuan aplikasi tersebut juga bisa dilakukan. Namun, untuk pengaturan tema yang lebih lagi, hanya bisa diakses pada versi pro-nya.

5. Speed Indicator

Aplikasi ini memiliki keunikan tersendiri. Fitur yang unik tersebut di antaranya: pengaturan jenis Ikon notifikasi serta gaya pemberitahuan. Pengaturan tersebut dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna melalui menu pilihan yang tersedia.

Aksesnya yang menyita sedikit pemakaian baterai ini, memungkinkan pengguna melihat traffic data secara real time dari aplikasi apa saja yang sedang menggunakan koneksi internet. Penggunaan data pun dapat dilihat baik per hari, bulan maupun tahun.

6. Meteor Speed Test

Berikutnya, aplikasi ini tidak hanya berfungsi untuk menampilkan kecepatan internet pada jaringan 3G, jaringan 4G, maupun jaringan 5G, tapi juga dapat digunakan untuk jaringan Wifi. Bisa digunakan dengan mudah serta cara sederhana untuk mengaksesnya.

Beberapa fiturnya juga berguna untuk memastikan koneksi jaringan yang baik, Misalnya seperti adanya fitur peta jangkauan koneksi jaringan di area tertentu yang dapat terlihat, serta adanya fitur history atau riwayat pengecekan akses menggunakan aplikasi tersebut.

Dengan tersedianya berbagai macam aplikasi pengukur kecepatan internet, pengguna dapat menentukan pilihan media akses yang sesuai dengan keinginannya. Hadirnya fitur-fitur yang mencakup di dalamnya tentu dapat berguna juga bagi pengguna yang mengakses sesuai kebutuhannya.