Aplikasi Scan Dokumen Mudah di HP yang Bisa Ditiru

Aplikasi Scan untuk memindai dokumen kini sudah banyak tersedia, memudahkan orang untuk menyimpan data dalam bentuk PDF digital. Pemindaian dokumen biasanya dilakukan secara manual dengan pemindai di masa lalu.

Anda sekarang dapat memindai kertas secara gratis menggunakan smartphone. Dokumen fisik jarang digunakan di zaman modern, terutama untuk kirim dokumen jarak jauh seperti lamaran kerja. Karena berbagai alasan, termasuk kemudahan, banyak kertas fisik diubah menjadi digital.

Aplikasi Scan Praktis Bisa dari HP

Jika Anda masih menggunakan perangkat keras OCR, proses pemindaian dokumen bisa menjadi sangat sulit. Cara memperoleh hasil pemindaian terbaik, seseorang tidak hanya perlu membeli peralatan tetapi juga memahami sepenuhnya cara pemindaian.

Oleh karena itu, aplikasi scan dokumen ada untuk mempermudah konversi dokumen kertas menjadi data digital. File sebenarnya dapat dimodifikasi terlebih dahulu seperlunya untuk memasukkan informasi yang lebih detail.

Scanner adalah peralatan yang melakukan tugas yang sebanding dengan mesin fotokopi dan digunakan untuk mengubah dokumen kertas menjadi file digital.

Ada beberapa aplikasi scan dokumen yang tersedia saat ini yang dapat digunakan secara gratis. Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk perangkat lunak pemindaian dokumen yang praktis dan berguna.

1. Genius Scan

Format pemindaian JPG dan PDF didukung oleh aplikasi Android Genius Scan. Selain itu, perangkat lunak ini mendukung banyak pemindaian file lain selain berbagai ukuran halaman seperti A5, A4, A3, kartu nama, dan surat resmi.

Selain itu, Genius Scan memiliki sejumlah fungsi koreksi, identifikasi halaman, dan sejumlah pemindaian dengan peningkatan kualitas tinggi.

Kemudian, aplikasi ini memiliki kemampuan pencadangan dan pemulihan data otomatis. Perangkat yang menjalankan Android, iOS, dan Windows semuanya dapat menggunakan Genius Scan.

2. Mobile Doc Scanner

Aplikasi scan dokumen yang disebut Mobile Doc Scanner menawarkan beberapa kemampuan yang sangat unik. Perangkat lunak ini menawarkan banyak gerakan navigasi yang memudahkan pemfokusan pada kertas.

Format halaman tambahan yang didukung oleh Mobile Doc Scanner termasuk tabloid, eksekutif, A5, A4, A3, B5, kartu nama, legal, dan amplop. MDScan versi ringan dan lengkap dapat digunakan dengan perangkat Android yang menjalankan versi 2.3 dan lebih tinggi.

3. Handy Scanner

Aplikasi Handy Scanner menawarkan sejumlah fungsi canggih yang memungkinkan pemindaian PDF berkualitas cukup tinggi. Selain itu, aplikasi ini menawarkan opsi pemindaian batch yang memungkinkan Anda memindai banyak dokumen sekaligus.

Lebih kerennya lagi, Handy Scanner menawarkan opsi pencadangan dan pemulihan otomatis yang memungkinkan Anda mentransfer file yang dipindai ke Dropbox, Google Drive, dan layanan penyimpanan cloud lainnya.

Handy Scanner edisi Pro juga menyertakan kemampuan ekstra seperti pemindaian berkualitas tinggi, tangkapan kamera tanpa batas, dan penyempurnaan gambar pemindaian.

4. CamScanner

Salah satu aplikasi scan dokumen terbaik yang tersedia untuk Android dan iOS tentunya adalah CamScanner. Anda dapat memindai dokumen PDF, faktur, catatan papan tulis, kartu nama, kartu ID, dan lainnya dengan aplikasi ini.

Kemampuan aplikasi ini untuk meningkatkan kualitas pemindaian, mengekstrak teks dari gambar, dan menambahkan beberapa keterangan adalah salah satu kelebihannya. Alat “pencarian” tambahan di Camscanner membantu menemukan dokumen lama.

Opsi penyimpanan cloud lain yang didukung oleh aplikasi pemindaian dokumen ini adalah Box, Dropbox, Evernote, Google Drive, dan OneDrive. Perangkat yang menjalankan iOS dan Android dapat menggunakan Camscanner.

Selain itu, Anda dapat memindai beberapa dokumen untuk kebutuhan terkait pekerjaan. Jika Anda tertarik untuk melamar pekerjaan, Anda bisa mencoba. Beberapa rekomendasi aplikasi scan dokumen di atas mungkin bisa Anda gunakan untuk mempermudah pekerjaan.