7 Aplikasi Kompres File Android Terbaik

Ukuran file yang besar terkadang menghambat proses berbagi file antar pengguna. Tentunya aplikasi kompres file yang kini banyak dikembangkan developer sangat membantu seseorang untuk mengirimkan file yang berukuran besar.

File yang telah dikompres akan mengurangi ukuran file yang besar menjadi kecil sehingga dapat mengurangi kegagalan pengiriman file. Diantara beberapa aplikasi yang ada, berikut 7 aplikasi android yang dapat memperkecil ukuran file.

1. WinZip

WinZip menjadi solusi yang sedang mencari aplikasi kompres terbaik. Cara kerja WinZip ini dengan mengecek file-file yang terdeteksi terduplikat, kemudian menghapus file tersebut agar tidak menjadi double file.

Dengan WinZip, file yang berukuran besar akan dikompres menjadi file berukuran kecil sekaligus menjadikannya berformat ZIP. Beberapa file yang dapat dikompres menggunakan WinZip diantaranya, PowerPoint, PDF, Excel, dan foto.

2. Zarchiver

Siapa yang tidak mengenal aplikasi Zarchiver? Dengan Zarchiver, beragam file dapat dikompres ke dalam ukuran kecil. Selain penggunaannya yang mudah, Zarchiver juga dapat digunakan secara offline.

Sehingga tak perlu terhubung dengan internet. Berbagai format yang mendukung Zarchiver antara lain gzip, bzip2, zip, 7zip, XZ, lz4, zst, dan tar.

3. PDF Compressor

Meskipun namanya tidak sepopuler aplikasi kompre file lainnya, PDF Compressor juga dapat mengubah ukuran file menjadi kecil dengan cepat. Penyimpanan Cloud seperti OneDrive, Box dan lain sebagainya juga dapat digunakan di PDF Compressor.

Cukup dengan memasukkan dokumen yang akan dikompres, dan tunggu hingga proses pengompresan selesai. Apabila proses telah selesai, maka dokumen yang telah terkompres dapat diunduh secara otomatis ke dalam penyimpanan perangkat pengguna.

4. Video Compressor

Sering digunakan banyak orang, fungsi Video Compressor untuk mengubah ukuran file foto dan video yang besar menjadi ukuran kecil secara lebih cepat dan mudah. Pengguna juga dapat mengekstrak video ke dalam beberapa bagian.

Tujuannya yaitu mengantisipasi ruang penyimpanan pada perangkat ponsel penuh. Untuk dapat menggunakannya, aplikasi bisa diunduh gratis melalui aplikasi Play Store.

5. Kompres File PDF

Seperti namanya Kompres File PDF berguna mengkompres file PDF ke ukuran kecil. Persentase hasil kompres aplikasi ini bahkan hingga 90% dari ukuran asalnya. Selain itu, proses kompres file sangat mudah dan cepat.

Pasalnya, Kompres File PDF dapat mengkompres beberapa file sekaligus. Jelas hal ini dapat mempersingkat waktu yang ada.

6. Compress PDF Files Size

Dengan aplikasi Compress PDF Files Size, file berukuran besar dapat diperkecil dengan singkat. Aplikasi kompres file ini juga mudah untuk digunakan karena user interface yang bersahabat.

Beberapa keunggulan dari Compress PDF Files Size antara lain, dapat menggunakan smartphone untuk alat kompresi file PDF, hasil kompresi file PDF dapat dikirimkan melalui email, tingkat pengurangan file PDF mencapai sempurna di angka 144 dpi.

7. RAR

Banyak orang yang tak asing dengan aplikasi RAR karena telah digunakan jutaan pengguna android. RAR dapat mengkompres file secara mudah dan cepat, serta mempermudah proses pemindahan file dengan ukuran yang cukup besar.

Hasil file yang telah dikompres juga dapat dibagikan secara langsung melalui berbagai aplikasi chat. Tak heran jutaan pengguna android telah mengunduh aplikasi RAR melalui Play Store dengan rating yang tinggi.

Itulah 7 aplikasi kompres file terbaik yang bisa dijadikan referensi bagi yang ingin memperkecil ukuran file yang besar. Tentu jika mempunyai file yang berukuran besar tidak khawatir gagal terkirim.