Cara Kompress File PDF Melalui HP Maupun Laptop

Cara kompress file pdf sangat berguna agar file yang dimiliki memiliki ukuran lebih kecil dan sudah menjadi suatu kemampuan dasar yang harus dikuasai pada jaman sekarang ini. Terdapat banyak sekali alasan yang dapat mendasari adanya semua kemampuan dalam mengompress dengan baik.

Banyak alasan yang bisa mendasari seseorang agar dapat melakukan hal tersebut, mulai dari adanya penyimpanan data yang masih terbatas, atau karena memang ingin mengunggah berkas pada suatu website dengan berbagai ragam ketentuan besar kecil file yang harus diunggah tersebut.

Karena perlu dipahami tidak semua perangkat memiliki penyimpanan besar, di antaranya harus rela menghapus beberapa data penting agar tidak bergantung pada jenis file lainya. Sebagai contoh adalah ketika melakukan unggah suatu dokumen guna melakukan pendaftaran baik berupa kerja, kuliah, dan lain sebagainya.

Langkah Mudah Melakukan Kompress File Pdf

Langkah cara kompress file pdf melakukan suatu kompresi adalah teknik terbaik untuk bisa memperkecil ukuran file yang ada. Tanpa adanya perubahan pada isi file, yang nantinya sangat penting digunakan dalam beberapa kepentingan seperti adanya unggah dokumen, dan lain sebagainya bagi seseorang.

  1. Langkah pertama adalah dengan tanpa memakai aplikasi tambahan, yaitu bernama SmallPDF. Jika anda menggunakan nama tersebut, sudah dapat dipastikan artinya yaitu untuk memperkecil file PDF yang ada. Di dalam jenis situs berikut, seseorang dapat melakukan akses kapan saja secara mudah tanpa perlu adanya pendaftaran di dalamnya.
  2. Langkah yang harus dilakukan juga cukup sederhana, mulai dari membuka situs SmallPDF, kemudian pilih file untuk mendrop dokumen PDF yang diinginkan, dari suatu PC atau langsung berasal dari smartphone anda. Anda hanya perlu menunggu waktu sebentar saja, untuk kemudian file akan menjadi terkompress secara otomatis, jangan lupa menunggu waktu sampai selesai yaitu 100%.
  3. Kemudian cara berikutnya yaitu menggunakan Microsoft Word, siapa yang tidak mengetahui adanya aplikasi berikut. Cara ini dapat dilakukan secara offline hanya dengan mengubahnya terlebih dahulu ke dalam bentuk Word. Jika sudah, maka selanjutnya memilih menu Optimize for: Minimum Size, untuk mengompress ukuran file dan jangan lupa untuk menyimpannya.
  4. Cara kompress file pdfberikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memakai PDF Compressor, karena selain memakai SmallPDF, situs berikut juga dapat digunakan secara mudah. Hanya perlu menunggu beberapa saat saja, untuk kemudian proses kompress akan selesai dilakukan.

Cara Lain Patut Ditiru dalam Mengompress File PDF

Selain menggunakan beberapa cara kompress file pdf di atas dengan mudah, berikutnya yaitu menggunakan ILovePDF yang sudah dikunjungi banyak orang. Terdapat sejumlah langkah yang dapat dilakukan, yaitu mengikuti beberapa langkha di bawah ini dengan mudah tanpa ada kendala.

Jika anda menggunakan IlovePDF, maka langkah pertama adalah dengan memilih gambar bentuk pdf yang terdapat pada tengah lalu kemudian melakukan upload PDF yang hendak dikompres. Jika sudah selesai, maka pilih Kompres PDF untuk menunggu semua proses kompresi selesai dilakukan.

Kemudian cara terakhir adalah dengan memakai aplikasi tambahan bernama Adobe Acrobat XI Pro ini menjadi suatu aplikasi online sangat ringan dalam hal pemakaian. Karena dapat dipakai pada PC dengan sejumlah cara dan langkah di bawah dengan seksama.

Langkah pertama adalah dengan membuka aplikasi Adobe Acrobat XI Pro untuk dapat memilih menu dokumen tersebut akan dilakukan pengompresan. Kemudian lakukan klik Save as Other agar dapat memilih pada menu Reduced Size PDF, lakukan semua langkah dengan tepat agar mendapatkan cara kompress file pdf dengan benar.