Cara Scan Barcode Tanpa Aplikasi Tambahan Ternyata Mudah

Banyak orang penasaran mengenai cara scan barcode tanpa aplikasi. Kondisi ini wajar mengingat kebutuhan akan barcode sendiri sekarang sangat tinggi. Dengan adanya kebutuhan tersebut,  Anda pasti kesulitan jika aplikasinya tidak dimiliki.

Tetapi masalahnya, menggunakan aplikasi barcode terkadang menyulitkan. Itu karena, aplikasi ini membuat penyimpanan ponsel Anda menjadi penuh. Jika dilihat dari sudut pandang ini, jauh lebih tepat jika bisa scan barcode tanpa memakai aplikasi.

Ini membuat kebutuhan scan barcode Anda tetap terpenuhi tetapi penyimpanan ponsel tidak akan berkurang.

Cara Scan Barcode Tanpa Aplikasi Tambahan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika ingin melakukan scan barcode tanpa memakai aplikasi tambahan. Jika cara tersebut belum diketahui, Anda sudah di tempat yang tepat. Kali ini ulasan mengenai cara tersebut akan dijelaskan secara lebih rinci.

1. Google Assistant

Cara scan barcode tanpa aplikasi pertama adalah dengan menggunakan Google Assistant. Google Assistant sendiri adalah fitur resmi dari Google yang bisa digunakan untuk melakukan scan barcode. Anda tidak perlu mengunduh aplikasi ini.

Itu karena google assistant sendiri merupakan fitur bawaan yang tersedia di hampir setiap ponsel. Untuk menggunakan Google Android, tekan lama tombol home atau berikan perintah suara dengan mengucapkan “OK Google”.

Dari sana, pop up yang berisi google asistant akan muncul. Di sini Anda bisa melanjutkan dengna masuk ke Google Lens dan berikan izin kamera. Google Lens ini nantinya membuat Anda otomatis masuk ke kameran dengan bisa langsung melakukan scan barcode.

2. Chrome

Cara scan barcode tanpa aplikasi berikutnya adalah dengan menggunakan Chrome. Atau jika Anda menggunakan IPhone, aplikasi safari bisa digunakan. Keduanya bisa membantu Anda karena merupakan aplikasi bawaan sehingga proses unduh tidak perlu dilakukan dulu.

Langsung saja buka browser tersebut lalu masuk ke webqr.com. Nantinya setelah masuk ke website, Anda akan diminta izin untuk mengaktifkan kamera. Langsung saja beri izin dan kamera ponsel akan otomatis terbuka.

Nantinya kamera tersebut bisa langsung dipakai untuk melakukan scan. Arahkan kamera ke barcode yang terlihat dan tunggu hingga prosesnya selesai. Nantinya tautan yang ada pada barcode tersebut akan langsung muncul di bagian bawahnya.

3. Scanner Samsung

Scan barcode tanpa aplikasi juga bisa dilakukan memakai scanner Samsung. Cara ini tentu tidak bisa digunakan oleh semua tipe ponsel. Itu karena, scanner ini hanya tersedia untuk aplikasi Samsung. Oleh karena itu, Anda perlu menginstall aplikasinya terlebih dahulu.

Untuk menggunakan scanner Samsung, pertama akses Quick Settingnya terlebih dahulu. Setelah itu lanjutkan dengan geser ke bawah dan buka panel notifikasinya. DI sini Anda tinggal mengarahkan kamera ke arah barcode yang ingin discan.

Akan ada beberapa opsi barcode yang bisa dipilih. Pilih saja jenis data yang ada di dalamnya seperti text, link, atau gambar. Setelah itu, data pada barcode tersebut akan bisa Anda gunakan.

4. Kamera IOS

Cara scan barcode tanpa aplikasi terakhir adalah dengan menggunakan kamera IOS. Itu karena, kamera IOS memang bisa langsung dipakai untuk melakukan scan. Untuk melakukannya, pertama buka dulu kamera pada ponsel IOS yang dimiliki.

Gunakan kamera belakang lalu langsung arahkan ke barcode. Nantinya Anda akan mendapatkan notifikasi dan data di dalam barcode akan langsung terlihat. Dengan ini pengecekan sudah selesai dilakukan.

Hati-hati ketika melakukan scan barcode. Ada kemungkinan Anda akan dirugikan jika data di dalam barcode berisi virus atau link berbahaya. Oleh karena itu, cek terlebih dahulu ketika akan melakukan scan barcode tanpa aplikasi.