6 Aplikasi yang Membuat Baterai Cepat Habis, Simak di Sini!

Apakah belakangan ini sering merasa bahwa baterai ponsel cepat kehabisan daya ketika sedang asyik bermain HP? Mungkin perlu dicurigai adanya aplikasi yang membuat baterai cepat habis apalagi ketika HP belum lama digunakan.

Terlebih ketika sudah sering terjadi maka hal ini mungkin akan semakin menyusahkan seseorang karena harus charging berkali-kali. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya ketahui beberapa aplikasi yang membuat baterai boros, di antaranya:

1. YouTube

Hampir semua orang kini tidak lepas dari YouTube sebagai salah satu sumber konten informatif dan entertainment selain televisi. Bahkan tidak sedikit orang tua yang terbiasa memutarkan konten hiburan untuk anak-anak dari beragam channel di YouTube.

Sayangnya, sebagian orang mungkin tidak menyadari bahwa menggunakan YouTube secara terus-menerus bisa cepat menghabiskan banyak daya baterai HP. Sebab, untuk bisa memutarkan konten, diperlukan akses data ke server YouTube lalu tersimpan di cache selama pemutaran.

2. TikTok

Pada dasarnya, TikTok juga termasuk salah satu media sosial yang mengandalkan video untuk hampir setiap konten yang dibagikan oleh seseorang. Meski mungkin tidak seboros ketika menggunakan YouTube karena konten yang terunggah akan mengalami penyesuaian resolusi.

Segala aplikasi yang memutarkan video pasti cenderung lebih cepat membuat baterai ponsel kehabisan daya. Sebab, ponsel akan berada dalam posisi layar yang terus menyala dan terus memutarkan konten atau live secara random ketika melakukan scroll.

3. Instagram

Tidak jauh berbeda dengan TikTok, aplikasi yang membuat baterai cepat habis lainnya adalah Instagram. Apalagi sekarang aplikasi ini tidak sekadar menampilkan foto, tetapi juga banyak memuat post berupa video dan reels yang menguras daya ponsel.

Mungkin sebagian orang belum menyadari bahwa untuk melakukan live atau menonton saja akan membutuhkan sinyal stabil. Bisa jadi kinerja ponsel semakin berat untuk mencari sinyal sehingga perangkat jadi cepat panas dan menguras banyak daya.

4. Netflix

Inilah salah satu aplikasi menonton tayangan secara streaming dan diminati masyarakat sebagai layanan hiburan yang serupa dengan televisi. Ketika menyaksikan tayangan di Netflix, perangkat otomatis akan terus menyala dan sudah dipastikan tidak akan hemat baterai.

Bisa diperkirakan secara umum saat seseorang menyaksikan satu film sampai selesai setidaknya membutuhkan waktu 2-3 jam. Belum lagi ketika menonton beberapa episode serial maka selama waktu tersebut ponsel terus bekerja dan wajar kalau boros baterai.

5. Facebook

Facebook merupakan aplikasi legendaris yang berhasil bertahan dari masa ke masa dengan mengikuti perkembangan zaman dan diminati hingga kini. Bila dulunya termasuk aplikasi ringan, kini dengan perkembangan fitur menjadikan Facebook sebagai aplikasi yang menguras daya.

Tidak seperti awal kemunculannya yang banyak memuat tulisan ataupun foto dari akun teman atau grup yang diikuti seseorang. Berbeda dengan sekarang yang semakin banyak memuat konten video dan gambar yang membuat kinerja ponsel lebih berat.

6. Google Maps

Biasanya aplikasi ini memang digunakan pada waktu tertentu, terutama saat seseorang sedang bepergian dan tidak tahu jalan. Terlebih ketika dipakai untuk membantu memberikan petunjuk ketika dalam perjalanan ke luar kota yang memakan waktu berjam-jam.

Untuk menjalankan Google Maps dibutuhkan terintegrasi dengan fitur GPS yang harus menyala agar memudahkan pengarahan lokasi. Adanya fitur GPS inilah yang membuat aplikasi Google Maps semakin menyedot daya karena status lokasi akan diperbarui secara real-time.

Itulah beberapa aplikasi yang membuat baterai cepat habis dan kemungkinan paling banyak diakses di sela aktivitas sehari-hari. Setelah mengetahuinya, seseorang bisa lebih bijak menggunakan berbagai aplikasi di ponsel bila tidak ingin baterai cepat habis.