Ini 6 Aplikasi Desain Grafis Terbaik untuk Pengguna Android

Semakin canggih smartphone saat ini membuat aplikasi desain grafis untuk HP memiliki kemampuan yang hampir mirip dengan PC. Hal itu membuat desainer grafis lebih fleksibel dalam mengerjakan sebuah proyek.

Semakin canggih fitur yang dibawa oleh aplikasi bersangkutan, tentu akan membutuhkan spesifikasi smartphone memadai. Hal itu sebenarnya tidak menjadi persoalan jika memang bisa menunjang pekerjaan.

Bagi Anda yang suka mengerjakan desain grafis dari perangkat smartphone, tentu akan membutuhkan aplikasi terbaik. Untuk mengetahui apa saja rekomendasi aplikasinya, silakan simak pembahasan singkat berikut ini.

Aplikasi Desain Grafis untuk Pengguna Android Terbaik

Pada dasarnya, kebanyakan software desain di Android saat ini memiliki kemampuan yang hampir sama. Agar tidak bingung memilih mana yang terbaik, Anda bisa mencoba beberapa rekomendasinya di bawah ini.

1. Canva

Pengguna aktif medsos tentu tahu apa itu Canva. Aplikasi desain grafis satu ini sudah sangat populer di kalangan pengguna smartphone saat ini. Selain menyediakan template desain yang profesional, software satu ini juga mudah untuk digunakan.

Awalnya, orang mungkin lebih dulu mengenal Canva sebagai sebuah website di mana proses editingnya bisa dilakukan secara online. Namun, kini situs ini juga bisa kita gunakan dalam bentuk aplikasi di smartphone.

2. Sketchbook

Berikutnya, Anda juga bisa menggunakan aplikasi desain grafis yang juga tidak kalah populer bernama Sketchbook. Sebagai software untuk Android, Sketchbook memiliki fitur yang tergolong lengkap dibanding software sejenis.

Di sini, Anda bisa melakukan banyak hal seperti membuat gambar sketsa atau membuat animasi tertentu. Tidak sedikit ilustrator ataupun artist menggunakan aplikasi ini demi menghasilkan karya terbaik untuk dijual.

3. Ibis Paint X

Jika Anda suka membuat konten painting di TikTok atau Youtube, aplikasi Ibis Paint X kayak untuk dicoba. Pasalnya aplikasi ini menawarkan fitur untuk merekam proses menggambar yang Anda lakukan di dalamnya.

Di samping itu, pilihan tools dan juga fitur di sini juga cukup lengkap. Salah satu keunggulannya adalah membuat karakter kartun atau anime. Artinya, Anda bisa menciptakan sebuah komik menggunakan Ibis Paint X ini.

4. Adobe Photoshop Express

Jika di PC kita bisa menggunakan aplikasi desain grafis Adobe Photoshop, maka bagi pengguna Android bisa menggunakan Adobe Photoshop Express. Dengan fitur yang melimpah, Adobe Photoshop Express layak menjadi salah satu yang terbaik.

Secara umum, Adobe Photoshop Express lebih sering digunakan untuk membuat desain yang melibatkan gambar-gambar dari foto. Selain poster, penggunaannya juga bisa digunakan untuk membuat postingan di media sosial.

5. PicsArt

Aplikasi desain grafis selanjutnya yang bisa dicoba adalah PicsArt. Dengan tampilan sederhana dan fitur yang tidak terlalu kompleks, aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk keperluan edit desain minimalis.

Meski tersedia secara gratis, fitur di software ini tidak sepenuhnya bisa digunakan. Untuk itu, Anda perlu menggunakan versi Pro agar bisa memanfaatkan semua fitur yang ada di dalamnya sehingga pilihan editing bisa bervariasi.

6. Adobe Capture

Masih dari pengembang yang sama dengan Adobe Photoshop Express, Adobe Capture lebih mengutamakan desain grafis secara umum. Jika di PC, mungkin Anda akan mengasosiasikannya dengan Corel Draw.

Jika Anda suka membuat desain berupa infografis, aplikasi ini bisa digunakan untuk tujuan tersebut. Selain itu, pembuatan Adobe Capture juga bisa digunakan untuk membuat logo atau poster iklan.

Dengan kecanggihan smartphone saat ini, proses edit grafis bisa dilakukan dengan lebih bervariasi. Jika Anda merupakan pengguna Android, beberapa rekomendasi aplikasi desain grafis di atas patut untuk dicoba.