Cara Memotong Video di Kinemaster, Lebih Cepat dan Praktis

Saat ini, cara memotong video di Kinemaster banyak digunakan karena dinilai lebih cepat dan praktis dibanding harus menggunakan PC. Bahkan, video yang bisa dihasilkan oleh aplikasi ini juga tidak kalah akan kualitasnya.

Secara fitur, Kinemaster juga termasuk lengkap jika dibandingkan dengan aplikasi edit video lainnya. Wajar jika akhirnya aplikasi ini mulai banyak digunakan oleh berbagai kalangan, terutama para pengguna Android.

Pada dasarnya, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Namun, penggunaan fiturnya tidak selengkap versi berbayar. Bagi Anda yang ingin memotong video menggunakan aplikasi ini, silakan simak cara melakukannya di bawah!

Fitur-Fitur Penting di Aplikasi Kinemaster

Sebelum mengetahui cara memotong video di Kinemaster, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu fitur-fitur apa saja yang dimilikinya. Beberapa fitur penting dari Kinemaster yang perlu Anda tahu antara lain:

1. Aspek Rasio Lengkap

Jika Anda suka mengedit postingan untuk Instagram, TikTok atau Youtube, Kinemaster akan menjadi pilihan terbaik untuk digunakan. Pasalnya, aplikasi ini menyediakan berbagai aspek rasio di dalamnya, mulai dari 1:1, 9:16 hingga 4:3.

2. Efek Transisi Beragam

Salah satu fitur penting dalam sebuah aplikasi seperti ini adalah penggunaan efek transisi. Tidak perlu khawatir, Kinemaster memiliki beragam efek transisi menarik sehingga bisa mempercantik editan yang Anda hasilkan.

3. Tulisan untuk Judul dan Subtitle

Selain cara memotong video di Kinemaster, banyak pengguna juga tertarik dengan fitur Text pada aplikasi ini. Pasalnya, fitur tersebut bisa digunakan untuk membuat cover title yang menarik dan juga subtitle.

4. Memotong Video

Fitur paling banyak dibutuhkan oleh para editor apalagi kalau bukan Trim atau pemotong video. Dengan fitur ini, kita bisa menyesuaikan durasi tayangan, menyelaraskannya dengan suara, serta membuang bagian tidak penting.

5. Insert Media

Jika kita menggunakan Kinemaster untuk mengedit sebuah tayangan, maka akan ada beberapa file multimedia yang bisa dimasukkan. Selain video, Anda juga bisa memasukkan foto dan juga audio untuk menyempurnakannya.

6. Greenscreen

Satu lagi fitur yang cukup powerful dari Kinemaster adalah mode greenscreen. Dengan fitur ini, Anda bisa dengan mudah menggabungkan beberapa video tanpa harus terlihat tumpang tindih sehingga hasilnya akan lebih natural.

Cara Memotong Video di Kinemaster dengan Fitur Trim

Setelah mengetahui apa saja fitur-fitur di dalam aplikasi ini, saatnya kita membahas bagaimana cara kita memotong sebuah video. Tidak perlu berlama-lama, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini:

  1. Pertama, silakan buka aplikasi Kinemaster yang sudah diinstal.
  2. Setelah itu, klik Proyek Baruuntuk membuat file pengeditan baru.
  3. Jika sudah, silakan pilih aspek rasio sesuai keinginanan Anda antara 1:1, 9:16 atau aspek rasio lain yang sudah disediakan.
  4. Kemudian, klik Buat.
  5. Setelah memilih aspek rasio, Anda akan dibawa masuk ke dalam halaman pengeditan Kinemaster.
  6. Langsung saja klik Media Browseruntuk menemukan video yang akan dipotong.
  7. Jika sudah, klik layer video tersebut yang muncul pada lembar kerja hingga terlihat bagian tepinya berwarna kuning
  8. Posisikan bagian yang akan dipotong pada garis bantu vertikal di atasnya.
  9. Selanjutnya, cara memotong video di Kinemasteradalah dengan mengetuk tombol Pangkas (ikon gunting) pada bagian tadi.
  10. Silakan pilih mode pangkas yang Anda inginkan.
  11. Selesai.

Sekarang, Anda bisa langsung menyimpannya dengan menekan tanda simpan di sudut kanan atas layar, lalu pilih Simpan sebagai video.

Dengan adanya Kinemaster, proses pengeditan di Android jadi lebih mudah dan praktis. Bagi Anda yang belum pernah menggunakannya, silakan ikuti cara memotong video di Kinemaster dalam tutorial ini.