6 Rekomendasi Aplikasi Edit Video di Laptop Untuk Pemula

Laptop memang device yang nyaman digunakan untuk kegiatan edit video. Oleh karenanya penting juga untuk diketahui aplikasi edit video di laptop untuk pemula. Hal itu akan membantu para pemula untuk belajar mengedit video dengan laptop.

Tentu saja aplikasi yang akan direkomendasikan akan dilengkapi dengan berbagai fitur yang cocok digunakan oleh para pemula. Tampilan yang sederhana serta pemakaian yang mudah, akan menjadikannya aplikasi yang tepat untuk belajar. Simak beberapa rekomendasi berikut.

1. Shotcut

Aplikasi edit video di laptop untuk pemula yang pertama ialah Shotcut. Platform ini mempunyai tampilan yang mudah serta dapat dipakai dengan gratis. Jika sudah menguasai aplikasinya, maka selanjutnya tinggal mengembangkan keterampilan pada kemudian hari.

Dengan memakai Shotcut, pengguna dapat mempelajari dasar-dasar dari editing video, dalam situsnya juga terdapat video tutorial yang bisa dilihat secara gratis. Salah satu kelebihan Shotcut ialah dapat mengedit video hingga resolusi 4K.

2. VideoPad

Selanjutnya terdapat aplikasi VideoPad yang juga cocok dipakai untuk pemula dalam belajar edit video dengan praktis. Fitur di dalamnya sangatlah mudah digunakan, kemudian juga tersedia 50 lebih efek visual yang bisa dipakai untuk mempercantik video.

Terdapat juga fitur menambahkan teks dalam video, bahkan dapat mengatur ukuran, posisi, warna, dan font dari teks tersebut. Selanjutnya juga terdapat fitur stabilisasi untuk meminimalkan efek guncangan berlebih pada video yang kurang stabil.

3. Machete Lite

Rekomendasi aplikasi edit video bagi pemula yang wajib dicoba berikutnya ialah Machete Lite. Berbagai fitur yang disediakan di dalamnya diatur dengan sederhana, sehingga tidak rumit saat digunakan. Aplikasi ini juga gratis digunakan dalam PC Windows.

Namun untuk versi gratisnya, Machete Lite hanya support file WMV dan Avi. Fitur lainnya tentu saja juga telah disediakan di dalamnya, seperti:

  • Menggabungkan sebuah video dalam video yang lain dengan format yang sama.
  • Ekstrak video dengan file individual.
  • Potong, tempel, hapus, dan salin fragmen file video.

4. VSDC Free Video Editor

Aplikasi ini cocok digunakan untuk edit video yang sederhana sampai rumit. Walaupun aplikasinya gratis, namun di dalamnya juga terdapat berbagai fitur canggih seperti edit audio dan pengoreksi warna. Untuk tampilannya juga sederhana serta mudah digunakan.

VSDC juga mempunyai banyak efek visual serta audio, sehingga dapat menghasilkan editan video yang maksimal ketika sudah mengedit. Tidak hanya itu, VSDC juga menyediakan fitur konversi video atau audio yang tentunya bermanfaat sekali bagi editor.

5. Openshot

Dalam aplikasi Openshot, trek dan layer tidak akan terbatas, serta audio mixing. Meskipun termasuk aplikasi gratis, Openshot juga menyediakan berbagai fitur canggih yang dikemas dengan sederhana sehingga tetap mudah dipakai oleh pemula.

Aplikasi Openshot juga menyediakan tampilan pratinjau ketika pengguna memasukkan transisi antar video. Beberapa fitur yang dimiliki Openshot adalah:

  • Tersedia banyak efek dan template teks.
  • Jumlah layer tidak terbatas.
  • Dapat memberikan watermark dan image overlays.
  • Dapat mengubah ukuran klip, pemangkasan, rotasi, pemotongan, dan scaling video dalam pratinjau langsung.
  • Kemudian Openshot juga telah support pada Windows, Linux, serta Mac.

6. Avidemux

Aplikasi edit video untuk pemula yang terakhir ialah Avidemux. Dengan memakai aplikasi ini, pengguna dapat menyelesaikan beberapa tugas seperti penyaringan, pemotongan sederhana, dan encoding.

Jika benar-benar pemula dalam dunia editing video, maka aplikasi Avidemux merupakan pilihan yang tepat. Aplikasi ini juga telah support pada sistem Windows, Linux, dan Mac. Tertarik untuk menggunakannya?

Itulah rekomendasi aplikasi edit video di laptop untuk pemula. Jika a masih ingin belajar serta mengerti beberapa teknik dasar dalam edit video maka silahkan gunakan aplikasi di atas. Berbagai fiturnya akan mempermudah siapapun untuk belajar.