6 Aplikasi Tes Buta Warna Terbaik, Wajib Coba!

Penyakit buta warna lebih sering tidak disadari oleh banyak penderitanya, maka melakukan tes khusus untuk penyakit ini perlu dilakukan. Kabar baiknya adalah saat ini telah ada aplikasi tes buta warna sehingga tidak perlu ke dokter.

Umumnya penderita yang tidak menyadari keberadaan penyakit ini hanya kesulitan membedakan warna-warna tertentu saja. Keadaan tersebut tidak begitu diperhatikan padahal bisa saja menjadi kendala pada aktivitas atau kepentingan tertentu.

1. Color Blind Test

Aplikasi tes buta warna yang menjadi rekomendasi pertama yaitu bernama Color Blind Test yang kompatibel pada berbagai perangkat. Kemampuan utama aplikasi yaitu membantu mengidentifikasi kemampuan mata mengenali warna.

Fitur khusus buta warna yang disediakan oleh pengembang aplikasi ini mencakup berbagai jenis tes untuk buta warna. Jenis tesnya antara lain adalah tes Dikotomi, Farnsworth D-15, Ishihara dan ada juga game berupa kubus warna.

Tes khusus bernama Dikotomi dilakukan agar bisa mengenali jenis pada buta warna yang dialami penderita. Misalnya buta pada warna biru dan kuning, kemudian juga pada seberapa tingkat keparahannya.

2. Aplikasi Eye Care

Sedikit berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Eye Care tugasnya adalah mengenali buta warna parsial yaitu pada warna merah dan hijau. Pada aplikasi ini tesnya merupakan 38 lempeng Ishihara berupa titik-titik dengan warna, kecerahan, dan ukuran berbeda.

Nantinya pengguna diwajibkan untuk melihat pola biasanya berupa angka yang terbentuk dari titik-titik berwarna tersebut. Selain itu, fitur lainnya juga disediakan di aplikasi ini seperti tes untuk kondisi silinder dan ada pula latihan untuk penglihatan.

3. Color Blindness

Sama dengan aplikasi tes secara online sebelumnya, Color Blindness ini memiliki fitur untuk mendeteksi buta terhadap warna hijau dan merah. Nantinya pengguna akan membaca angka yang ada di lempeng Ishihara yang berisi titik-titik berwarna.

Pengguna yang penglihatannya normal akan bisa melihat dan menyebutkan angka maupun pola tersebut. Sedangkan pengguna dengan buta warna akan kesulitan menyebutkan angka yang dilihatnya karena pengaruh warna pada titik-titik tersebut.

4. Color Blind Check

Sebuah aplikasi yang sangat mudah dipakai untuk tes buta warna secara online ini bisa menjadi alternatif berikutnya. Cara penggunaannya yaitu hanya dengan menyentuh kotak berbeda warna yang muncul di layar.

Color Blind Check tidak hanya untuk orang dengan usia dewasa, tetapi perlu juga untuk usia anak-anak. Layanan yang satu ini gunanya adalah agar diketahui tingkat keparahan dari buta warna yang dialami.

Meskipun sebenarnya adalah sebuah tes, penggunaannya ternyata cukup menyenangkan karena adanya skor yang ditampilkan. Selayaknya sebuah game, penggunanya akan merasakan keseruan saat menjalankan tes tersebut.

5. Ishihara Color Blindness Test

Penyedia tes yang satu ini adalah khusus untuk  mengidentifikasi adanya buta warna pada merah dan hijau. Sesuai dengan penamaannya, fitur yang disediakan adalah tes yang jenisnya adalah Ishihara.

Masih sama dengan sebelumnya, dimana tesnya yaitu dengan melihat pola di sebuah lempeng dengan titik warna-warni. Ketika keliru atau bahkan tidak bisa menyebutkan pola yang ada, maka pengguna terkait mengalami buta warna, berikut beberapa jenisnya.

  • Protanopia yang dilihat adalah warna hitam tetapi sebenarnya merah.
  • Deuteranopia yaitu melihat merah sebagai kuning agak kecoklatan dan krem menjadi hijau.

6. Warna Kebutaan Uji

Aplikasi terakhir dalam daftar rekomendasi kali ini yaitu bernama buta warna Warna Kebutaan Uji. Memungkinkan adanya pemahaman pada kemampuan mata masing-masing melihat warna.

Itulah daftar aplikasi tes buta warna yang bisa dicoba agar mengetahui kemungkinan mengalami buta warna. Paling penting sebenarnya adalah dilakukan pada anak-anak supaya bisa diketahui normal ataukah tidak.