Inilah Cara Menggandakan Aplikasi di Hp OPPO dengan Mudah

Demi melancarkan berbagai keperluannya beberapa pengguna OPPO ternyata perlu untuk bisa mengkloning aplikasi tertentu. Untungnya cara menggandakan aplikasi di Hp OPPO tidak begitu sulit mengingat Hp ini telah memiliki fitur kloning bawaan.

Selain dengan fitur bawaannya, pengguna OPPO juga bisa melakukannya dengan melibatkan bantuan khusus dari aplikasi tambahan. Alternatif kloning atau penggandaan aplikasi tersebut selengkapnya dijelaskan di bawah ini.

Cara Menggandakan Aplikasi di Hp OPPO Melalui Fitur Bawaan

Cara menggandakan aplikasi di Hp OPPO telah disinggung di atas bahwa hal ini bisa dilakukan dengan fitur bawaan dari OPPO. Layanan bawaan tersebut bernama App Cloner yang disediakan pada perangkat dengan sistem ColorOS 7.

Hanya dengan memanfaatkan fitur ini saja pengguna bisa mengkloning aplikasi apapun tanpa perlu melakukan root. Sebuah kemudahan yang nantinya akan sangat berguna, misalnya untuk menjalankan WhatsApp dengan 2 akun sekaligus di satu Hp.

Meskipun App Cloner sangat bisa diandalkan untuk mempermudah para pengguna OPPO dalam hal pengkloningan. Ternyata keberadaannya tidak diketahui oleh semua penggunanya, maka bagi yang baru tahu cara penggunaannya bisa simak berikut ini:

  • Buka menu khusus pengaturan yang ada pada Hp merek Oppo yang sistemnya sudah ColorOS 7.
  • Setelah itu gulirkanlah ke arah bawah agar bisa menemukan menu untuk penggandaan aplikasi tersebut, kemudian tap App Cloner. Pada halaman selanjutnya akan ditampilkan aplikasi yang memungkinkan untuk dikloning misalnya WhatsApp, Instagram, Facebook dan juga Messenger.
  • Apabila aplikasi yang ingin digandakan belum tercantum, maka harus diunduh lebih dulu dengan cara mengetuk opsi unduh aplikasi lainnya.
  • Setelah selesai barulah tekan nama aplikasi tersebut. Lalu aktifkan App Cloner caranya yaitu geser atau switch tombol yang agar jadi berwarna hijau.

Cara Menggandakan Aplikasi Lewat Aplikasi Tambahan

Selain dengan fitur bawaan telah disediakan oleh pengembang pada perangkat Hp OPPO yaitu App Cloner, alternatif lain untuk hal ini adalah dengan mengunduh dan kemudian memanfaatkan aplikasi tambahan. Berikut ini caranya.

1. Melalui Parallel Space

Karena tidak semua Hp OPPO sudah memiliki fitur bawaan yang memungkinkan penggunanya untuk kloning aplikasi. Maka, pengguna perangkat yang belum kompatibel tersebut bisa menggunakan aplikasi tambahan yang berasal dari pihak ketiga.

Aplikasinya yaitu Parallel Space, yang dalam melakukan pengkloningannya tidak memerlukan root, artinya aplikasi tersebut bisa berfungsi di banyak perangkat Android. Tentu saja tidak semua versi Android kompatibel, versi yang kompatibel adalah versi 4.0 atau lebih.

  • Pertama unduh dan langsung pasang Parallel Space pada perangkat Hp OPPO.
  • Setelah proses pemasangan selesai buka aplikasinya, maka akan ditampilkan halaman yang terdapat ikon atau tanda plus, ketuklah ikon tersebut.
  • Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin ditambahkan untuk dikloning dari daftar yang ditampilkan.
  • Setelah itu halaman dari aplikasi yang dipilih tadi akan segera muncul di layar perangkat dan siap digunakan.

Agar pengguna mudah mengakses aplikasi yang berhasil dikloning ini, buatlah shortcut dengan menekan perintah buat pintasan yang terletak di pojok sebelah kiri atas layar.

2. Menggunakan Dual Space

Memiliki dua buah akun yang berbeda dalam aplikasi yang persis sama bisa diwujudkan dengan Dual Space. Aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga ini juga bisa menduplikat aplikasi menjadi dua buah dalam satu Hp, yaitu sebagai berikut.

  • Buka Dual Space yang telah berhasil dipasang pada Hp OPPO, lalu ketuk setuju pada tampilan yang muncul di awal terbukanya aplikasi.
  • Setelah itu klik ikon yang berupa tanda + agar pilihan aplikasi untuk digandakan bisa dimunculkan, lalu pilih satu yang diinginkan dan ketuk perintah Klon.
  • Tunggu sampai aplikasi tersebut berhasil diduplikasi.

Itulah cara menggandakan aplikasi di Hp OPPO dengan fitur khusus yang ada pada perangkat dan juga dengan aplikasi lainnya. Sebaiknya pengguna tidak menggandakan banyak aplikasi karena bisa memperberat kerja sistem.