Daftar Aplikasi Menghitung Neptu Nama Terlengkap

Perhitungan neptu nama atau weton dalam tradisi Jawa untuk menentukan hal terkait panen, masa tanam, sampai jodoh memang cukup rumit. Untungnya aplikasi menghitung neptu nama telah banyak diciptakan oleh para pengembang aplikasi.

Setidaknya dengan aplikasi tersebut siapapun bisa mengetahui perhitungan neptu nama dengan cepat. Penggunaan sistem dalam perhitungan weton kemungkinan kekeliruan perhitungannya bisa jadi akan lebih kecil, berikut beberapa aplikasinya.

1. Kalkulator Weton Jodoh – VinShan Studio

Aplikasi menghitung neptu nama yang bisa dicoba untuk pertama kali yaitu Kalkulator Weton Jodoh dari VinShan Studio. Sesuai namanya, aplikasi ini perhitungan wetonnya dikhususkan untuk perihal kecocokan jodoh.

Nantinya pengguna cukup memasukkan tanggal lahir dirinya sendiri dan pasangannya lalu menekan perintah check. Hanya dalam beberapa detik saja hasil mengenai gambaran watak dan kemungkinan kecocokan akan langsung keluar.

2. Perhitungan Weton Jawa Lengkap

Sebuah aplikasi yang dirancang oleh Qaila Studio ini lebih lengkap fiturnya dari aplikasi sebelumnya. Dalam aplikasi ini fitur pengguna akan mengerti arti nama dan sifat berdasarkan wetonnya.

Aplikasi ini juga memiliki fitur lain yang begitu khas dengan tradisi atau budaya Jawa lainnya seperti mengartikan kedutan mata. Ada juga fitur untuk primbon, arti mimpi, ramalan, hingga sejarah dari primbon tersebut.

Jika melihat dari ukuran aplikasinya yang hanya 3 MB, pengguna tentu tidak menyangka jika fitur yang dimiliki begitu lengkap. Penilaian yang sudah dikantongi oleh aplikasi weton ini sayangnya tidak begitu tinggi yaitu 4,5 saja.

3. Cek Weton

Selanjutnya ada aplikasi weton yang memiliki tampilan klasik dengan menampilkan batik pada desain aplikasinya namanya yaitu Cek Weton. Meskipun tampilannya termasuk sangat sederhana tetapi fitur yang ditawarkan cukup banyak.

Melalui Cek Weton, pengguna akan dapat mengkonversi tanggal kelahiran yang biasanya diketahui dalam Masehi menjadi ke penanggalan Jawa. Nantinya setelah mengetahui tanggal Jawanya barulah pengguna akan bisa dibaca wetonnya, fitur yang ditawarkan yaitu.

  • Perhitungan  weton Jawa.
  • Ramalan atau membaca kecocokan pasangan.
  • Membaca watak berdasarkan tanggal kelahiran.
  • Membaca Shio.

4. Pasaran Jawa; Selamatan, Weton, Neptu – Ingsoon

Aplikasi ini juga menyuguhkan banyak sekali fitur mengenai informasi tradisi Jawa seperti jadwal selamatan kematian dan kelahiran, serta notifikasi pasaran. Pada fitur pasaran inilah penggunanya dapat mengetahui hitungan weton yang dimiliki diri sendiri maupun pasangannya.

Cara penggunaannya juga masih mirip dengan aplikasi lainnya yaitu dengan menuliskan hari kelahiran masing-masing. Selanjutnya aplikasi bernama Pasaran Jawa ini akan mengkonversikannya ke dalam penanggalan tradisi Jawa.

Terkait dengan informasi acara selamatan, pengguna disarankan untuk menghitung hari dengan patokan waktu sholat Maghrib. Maksudnya adalah pergantian hari pada fitur selamatan ini adalah setiap pukul 6 sore jadi ketika telah Maghrib tanggal sudah berubah.

5. Kalkulator Weton Ramalan Menayuh Keris

Ariyant Creative merupakan nama dari pengembang yang telah merancang aplikasi weton yang satu ini. Aplikasi weton ini rilis di tahun 2018 versi update terbarunya baru dikeluarkan terakhir pada bulan Februari lalu.

Fitur yang dirancang di dalam Kalkulator Weton ini yaitu, neptu pasaran, neptu hari, jumlah neptu, tahun saka, wuku, dan sebagainya. Selain itu, ada juga fitur informasi cara menayuh keris dan mengukur cm dan jempol jari.

6. Perhitungan Weton Jowo Kuno

Sama dengan platform weton yang telah dibahas sebelumnya fitur yang disediakan juga masih mirip-mirip yaitu weton sampai primbon. Perbedaannya adalah hasil perhitungan aplikasi ini jauh lebih lengkap mencakup sandang, papan, loro hingga pati.

Demikianlah daftar aplikasi menghitung neptu nama dengan fitur paling lengkap dan akurat. Ternyata aplikasi-aplikasi yang merupakan media modern ini bisa menjadi satu sarana dalam pelestarian budaya dari Jawa tersebut.