6 Aplikasi Kompres Video PC Wajib Diketahui

Ukuran file yang terlalu besar seringkali menjadi kendala ketika seseorang ingin membagikan video di media sosial. Untuk mengatasinya bisa memanfaatkan aplikasi kompres video PC yang dapat digunakan dengan mudah dan tentunya diperoleh secara gratis.

Sebenarnya ada beberapa aplikasi video editor yang juga dilengkapi dengan fitur kompresi dan konversi format video. Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang mendukung upaya mengecilkan kualitas video melalui komputer, dapat disimak dalam penjelasan berikut:

1. VLC Media Player

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini sebenarnya merupakan pemutar video yang biasa dipakai di perangkat komputer. Mungkin sebagian orang baru tahu sekarang ini bahwa VLC memiliki fitur lain yang berguna untuk mendukung kompres ukuran video.

Aplikasi ini juga bisa berguna untuk mengurangi bitrate dan frame rate video yang memungkinkan ukuran frame video mengecil. Adapun format video yang didukung oleh VLC Media Player, antara lain MP3, MPG, FLV, WebM, dan MOV.

2. Wondershare Video Converter

Rekomendasi aplikasi konverter selanjutnya adalah dari Wondershare yang selama ini mungkin cukup populer di kalangan konten kreator. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menerapkan kompresi pada video durasi panjang yang ingin diunggah sebagai konten YouTube.

Selain dapat berfungsi sebagai aplikasi kompres, Wondershare juga berguna untuk menyusun video menjadi Virtual Reality (VR). Aplikasi ini kompatibel untuk Windows versi 7 ke atas dan dapat diperoleh langsung di situs www.videoconverter.wondershare.com

3. Windows Movie Maker

Aplikasi kompres video PC yang satu ini merupakan keluaran dari Windows dan secara umum dapat memfasilitasi video editing. Tampilan Windows Movie Maker cukup sederhana dibanding dengan aplikasi video editing lainnya sehingga mudah dipahami orang awam.

Pada beberapa OS Windows versi 7 ke bawah biasanya aplikasi ini sudah terpasang otomatis sebagai aplikasi bawaan. Namun untuk Windows 8 ke atas, seseorang bisa mengunduh Windows Movie Maker secara mandiri melalui situs resmi.

4. Any Video Converter (AVC)

Dari beberapa contoh aplikasi sebelumnya, mungkin Any Video Converter adalah salah satu yang dapat digunakan dengan mudah. Ukuran file installer pun cenderung kecil dan tidak memakan banyak memori PC, yakni kurang dari 75 MB.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa digunakan untuk konversi format video dari beragam perangkat. Bahkan ada pula fitur cut, flip, crop, sampai dengan special effect yang tersedia untuk pengguna PC versi Windows dan Mac.

5. FFmpeg

Inilah salah satu aplikasi yang ramah untuk digunakan pada semua sistem operasi komputer, mulai Mac, Windows, sampai dengan Linux. Rata-rata file installer dari aplikasi ini terbilang kecil (10 MB) sehingga ringan untuk dipasang di komputer.

FFmpeg bukan sembarang aplikasi video editor, terlebih dengan fitur yang lengkap dan sudah terlihat dari tampilannya. Aplikasi ini bisa sangat membantu bagi yang ingin melakukan video editing dan sekalian kompres file sebelum diunggah.

6. Avidemux

Selain FFmpeg, ada pula Avidemux yang merupakan aplikasi yang mendukung kompres video dan bisa digunakan di beragam OS. Aplikasi bisa digunakan secara gratis dan mendukung format video dengan tipe MP4, DVD, dan AVI.

Avidemux juga dilengkapi dengan adanya fitur untuk memotong video dan memungkinkan adanya encode. Aplikasi ini bisa diunduh dengan mudah dan tidak memakan banyak memori karena ukuran aplikasi kurang dari 40 MB.

Itulah aplikasi kompres video PC yang direkomendasikan untuk berbagai kalangan pengguna mulai dari pemula hingga profesional. Kelak tidak lagi terhambat untuk mengunggah video di media sosial hanya karena masalah ukuran video yang terlalu besar.