Rekomendasi Aplikasi Penjernih Suara Terbaik

Aplikasi penjernih suara atau disebut juga noise reduction software adalah aplikasi yang dapat mengurangi kebisingan tidak diinginkan dari rekaman audio. Aplikasi ini sangat berguna bagi para profesional untuk menghasilkan rekaman dengan kualitas suara yang baik.

Ada banyak sekali aplikasi yang diciptakan untuk bekerja mengurangi bahkan menghilangkan kebisingan suara yang mengganggu dalam rekaman suara. Namun, tidak semuanya aplikasi tersebut bagus. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk menjernihkan suara yang dapat dicoba:

1. Aplikasi Audio Recorder & Editor

Audio Recorder & Editor merupakan aplikasi yang dapat merekam audio dengan mikrofon pada perangkat seluler dan mengedit audio yang sudah direkam. Aplikasi ini umumnya memiliki fitur  memotong, menggabungkan, menambahkan efek suara, dan memperbaiki kualitas audio.

Tools yang ada dalam Audio Recorder dan Editor berupa pitch, pengaturan echo, dan pace. Fitur aplikasinya yang lengkap dan user friendly menjadikan aplikasi tersebut cocok dioperasikan oleh bagi pemula sekali pun yang ingin  mengedit suara.

2. Aplikasi Easy VoiceRecorder

Easy Voice Recorder ialah aplikasi yang dapat berfungsi untuk merekam audio secara mudah di perangkat Android. Alat pengedit suara tersebut juga menyediakan beberapa opsi pengaturan kualitas rekaman, seperti format audio, bit rate, dan sampling rate.

Aplikasi ini dapat membantu untuk membagikan rekaman ke berbagai platform media sosial atau cloud storage. Hasil rekaman suara yang telah dibuat dan diedit dari aplikasi tersebut pun dapat langsung didengarkan dengan masuk ke menu Listen.

3. Aplikasi Audacity

Audacity adalah aplikasi open-source dan gratis yang digunakan untuk merekam dan mengedit audio di komputer atau laptop. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur, seperti pemotongan, penggabungan, penyesuaian volume, penghapusan kebisingan, dan penambahan efek suara pada audio.

Aplikasi ini memiliki banyak format audio dan dapat digunakan merekam audio dari berbagai sumber  seperti mixer audio atau perangkat lunak. Audacity sangat populer di kalangan musisi, produser podcast, dan penyunting video yang gemar membuat karya.

4. Aplikasi Timbre

Timbre adalah aplikasi pengolah audio yang dapat digunakan untuk mengedit, menggabungkan, convert, dan memutar file audio juga video di android. Aplikasi ini juga mendukung beberapa format file video, sehingga dapat mengedit dan mengkonversi dengan mudah.

5. Wave Pad Audio Editor

Wave Pad Audio Editor adalah aplikasi penjernih suara secara gratis yang  yang  dipakai ketika merekam serta mengedit suatu audio di komputer. Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur seperti pemotongan, penyesuaian volume, efek suara, dan penghapusan kebisingan suara.

Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk merekam audio dari berbagai sumber seperti mikrofon, perangkat lunak atau mixer audio. WavePad Audio Editor Free biasanya sering digunakan untuk keperluan mengedit file audio seperti pembuatan musik, film, dan podcast.

6. Aplikasi BandLab

BandLab adalah aplikasi pengolah audio yang memiliki fitur-fitur untuk merekam, mengedit, dan berbagi musik dengan pengguna lain. Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur kolaborasi yang memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dengan musisi lain untuk membuat musik bersama-sama.

Aplikasi tersebut dipakai secara gratis serta bisa digunakan di perangkat seluler atau pun laptop dan komputer. Bandland juga dikenal dengan nama pocketband karena mampu menciptakan sebuah arancement lagu mulai vokal, drum, gitar, keyboard, hingga bass.

Jadi, terdapat 6 macam aplikasi penjernih suara yang dapat membantu mengedit audio menjadi lebih jernih dan bagus. Beberapa aplikasi tersebut bisa digunakan di android, sedangkan lainnya bisa dipakai hanya dengan menggunakan laptop dan PC saja.