6 Aplikasi Translate Aksara Jawa yang Wajib Dicoba

Sebagian orang memilih untuk belajar bahasa atau aksara jawa menggunakan aplikasi translate aksara jawa. Selain mudah untuk digunakan, aplikasi aksara jawa ini juga dapat diakses gratis dan mudah untuk didapatkan.

Aksara jawa merupakan salah satu tradisional aksara yang terdapat di Indonesia dan dipakai untuk menulis bahasa jawa. Saat ini sudah tersedia banyak aplikasi untuk mempelajari aksara jawa, berikut diantaranya.

1. Bagaskara – Translate Latin To

Rekomendasi aplikasi pertama untuk translate jawa adalah Bagaskara. Aplikasi Bagaskara dapat digunakan untuk mentranslate aksara jawa ke latin ataupun sebaliknya. Pengguna aplikasi aksara jawa ini sudah lebih dari 100 pengguna di playstore.

Salah satunya kecanggihan dari Bagaskara yaitu memungkinkan penggunanya untuk melakukan terjemah aksara jawa dengan memindai melalui kamera HP. Fitur tersebut tentu dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan translate aksara jawa.

Ukuran aplikasi translate aksara jawa ini termasuk kecil, sehingga dapat menghemat ruang penyimpanan pada HP. Bagaskara kompatibel untuk jenis OS Android versi 5.0 ke atas.

2. Aksara Jawa – Nulis Aksara Jawa

Cukup populer di kalangan orang yang belajar aksara jawa, hal ini ditandai dengan Aksara Jawa sudah diunduh lebih dari 1jt pengguna. Pada aplikasi Aksara Jawa tersedia berbagai macam fitur untuk memudahkan penggunanya dalam belajar aksara jawa.

Beberapa fitur yang tersedia pada Aksara Jawa diantaranya yaitu mengubah tulisan latin ke aksara jawa dan sebaliknya. Selain itu, tersedia karakter aksara jawa yang lengkap dan dapat menyimpan aksara jawa menjadi gambar dan sebagai teks.

3. Translator Jawa

Seperti namanya, Translator Jawa dapat membantu penggunanya untuk menerjemah bahasa jawa ke Indonesia dan sebaliknya. Tersedia beberapa jenis bahasa pada Translator Jawa, diantaranya bahasa Indonesia, basis krama, ngoko dan krama inggil.

Selain tersedia fitur untuk menerjemah bahasa jawa, aplikasi ini juga menyediakan kamu atau fitur cari bahasa. Agar memudahkan penggunanya, aplikasi Translator Jawa didukung dengan tombol untuk menyalin hasil terjemahan yang dilakukan.

4. Aksårå

Aplikasi Aksårå didukung oleh berbagai jenis bahasa di dalamnya. Tak hanya aksara jawa Aksårå juga dilengkapi dengan aksara batak mandailing, batak simalungun, Bali, bugis lontara dan masih banyak lagi.

Tersedianya berbagai jenis bahasa tersebut, tentu akan memudahkan penggunanya jika ingin mempelajari bahasa lain. Aplikasi translate aksara jawa ini sudah dipasang sebanyak lebih dari 100 ribu kali.

5. Hana.rip – Teks Ke Aksara Jawa

Rekomendasi aplikasi aksara jawa selanjutnya yaitu Hana.rip. Aplikasi yang dikembangkan oleh Dansvel ini mendukung penggunanya untuk mengubah teks aksara jawa ke teks abjad dan juga sebaliknya.

Hana.rip memungkinkan penggunanya untuk melakukan copy paste teks yang sudah diterjemah dan fitur bagikan hasil terjemah ke platform lain. Selain itu pengguna Hana.rip juga dapat menyimpan hasil translate dalam bentuk gambar.

6. Menulis Aksara Jawa

Tak kalah canggih dengan aplikasi terjemah aksara jawa sebelumnya, Menulis Aksara Jawa juga dilengkapi dengan berbagai fitur di dalamnya. Fitur copy paste juga tersedia pada aplikasi Menulis Aksara Jawa untuk memudahkan penggunanya dalam menyalin hasil terjemah.

Aplikasi terjemah ini dikembangkan oleh Smooth Home Production dan sudah banyak dipasang oleh berbagai kalangan pengguna. Meskipun tersedia berbagai fitur di dalamnya, apkasi ini hanya berukuran 1 MB saja.

Demikian rekomendasi aplikasi translate aksara jawa yang wajib dicoba. Tak hanya menambah wawasan bahasa, mempelajari aksara jawa akan sangat membantu dalam melestarikan dan menjaga keberlangsungan budaya jawa.