Aplikasi Baca Manga Terbaik Bahasa Indonesia Yang Bisa Dicoba

Banyak penggemar mulai membaca buku komik. Tentu saja, hal ini karena tidak hanya berisi narasi tetapi juga banyak ilustrasi yang membuat adegan cerita tampak lebih nyata. Ada cukup banyak aplikasi baca manga terbaik bahasa indonesia.

Komik yang sebelumnya dinikmati sebagai kumpulan buku di atas kertas, juga telah bergeser ke media digital dengan pesatnya perkembangan teknologi. Manhwa dari Korea dan manhua dari China mulai mendominasi pasar komik di media ini, khususnya di Indonesia.

1. Webtoon

Aplikasi baca manga terbaik bahasa Indonesia di Google Play yang saat ini paling banyak diunduh di Indonesia adalah Webtoon. Untuk  penggemar manhwa, aplikasi ini wajib dimiliki. Webtoon yang memiliki perusahaan induk yang sama dengan Line dan berasal dari Korea ini telah tersedia di PlayStore Indonesia sejak tahun 2014.

Ada banyak karya berbeda yang tersedia, termasuk komik karya seniman Indonesia dan cerita yang diterjemahkan dari negara lain. Sayangnya, Webtoon semakin dikomersialkan selama beberapa tahun terakhir.

Untuk bisa membaca komik lebih jauh dari yang lain, pengguna diharuskan membayar dengan koin. Tidak hanya itu saja, ada beberapa komik yang telah selesai yang memiliki sistem sewa. Jadi, pengguna hanya diberi satu episode gratis tiap harinya. Untuk bisa membaca hingga tamat, maka perlu membayar sewa episode.

2. MangaToon

MangaToon adalah aplikasi gratis yang menyediakan berbagai genre komik, antara lain kehidupan, aksi, romansa, dan lainnya. Aplikasi ini tidak hanya menyediakan pembaca dengan cerita yang menarik tetapi juga gambar berkualitas tinggi dan beresolusi tinggi untuk kenyamanan mereka.

Namun, meski sudah menjadi pengguna premium, beberapa pengguna mengeluhkan iklan yang muncul tiga sampai empat kali. Inilah yang menjadi kelemahan dari aplikasi ini.

3. WebComics App

WebComics App banyak diunduh anak muda di Amerika untuk membaca komik. Banyak komik eksklusif yang hanya legal di negeri ini. Setiap hari, pencipta membuat komik yang luar biasa untuk penggemar dari mana saja.

 4. Manga Reader

Suka membaca tentang romansa, aksi, horor, komedi, irisan kehidupan, dan genre lainnya. Secara alami, pencipta dan penerjemah profesional menulis dan menerjemahkan komik dan manga di aplikasi ini.

Sayangnya, aplikasi ini memiliki timer yang memberi tahu pengguna untuk segera menyelesaikan bacaan hariannya. Hal ini membuat kenyamanan membaca semakin berkurang.

5. Manta: Komik dan Novel Bergambar

Pengguna dijanjikan akses tak terbatas ke komik web terbaru. Dunia yang berbeda akan muncul setelah setiap pembacaan.Komik disini dibuat sangat menarik namun juga hikmat. Banyak variasi judul dan genre disini, sesuai kebutuhan dalam menggunakannya.

6. Komik dan Novel Tapas

Selain itu, Komik dan Novel Tapas juga tak kalah menarik dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Ada banyak buku terlaris yang ditulis oleh seniman komik profesional di aplikasi ini.

Oleh karena itu banyak judul yang sayang untuk dilewatkan. Tetapi setiap kali penggemar manga membaca satu episode dari cerita tersebut, kini harus siap untuk menonton beberapa iklan.

7. Challenger Comics Viewer

Aplikasi ini menyediakan layanan membaca komik dalam format PDF secara gratis, bahkan tanpa iklan. Selain itu, banyak tersedia komik klasik yang mungkin sulit ditemukan di pasar buku cetak. Sayang sekali jika tidak mencobanya.

Namun, pembaca terus mengeluh tentang kemampuan zoom dan scroll aplikasi meskipun dalam format PDF. Untuk membuatnya lebih menyenangkan, ini perlu diperbaiki.

Manga ini menjadi favorit bagi pecinta komik dan kartun Jepang. Pilihlah tema dan judul sesuai kesukaan. Demikianlah aplikasi baca manga terbaik bahasa indonesia yang sebaiknya dicoba.