8 Aplikasi Pembuat CV di HP, Bikin Sesuai Selera

Curriculum Vitae atau CV yang artinya daftar riwayat hidup merupakan dokumen penting dalam surat lamaran pekerjaan. Bila sebelumnya CV harus ditulis sendiri, kini sudah ada aplikasi pembuat CV di HP. Dengan teknologi digital, membuat CV tidak harus dari komputer.

Dokumen CV wajib dilampirkan ketika akan melamar pekerjaan atau ini berisi data lengkap pribadi, latar belakang pendidikan, disertai riwayat pekerjaan sebelumnya. CV bisa menunjukkan kelebihan dan keahlian yang bersangkutan. Nah apa saja aplikasi tersebut, simak.

1. Canva

Bagi yang sudah banyak berkecimpung di bidang desain pasti mengenal Canva. Platform desain gratis ini menyediakan berbagai proyek desain, terdapat juga bermacam template untuk pembuatan CV. Sehingga pengguna dapat memilih template mana yang ingin digunakan secara gratis dan tidak perlu lagi memikirkan layout.

Pengguna bisa mengisi daftar isian yang dibutuhkan, seperti riwayat pendidikan dan pengalaman kerja, hingga kemampuan. Canva bisa membuat hasil desain terlihat profesional. Aplikasi desain ini bisa dibuka melalui web dan aplikasi android serta iOS.

2. Easy Resume Builder

Aplikasi ini cocok untuk yang baru pertama kali membuat CV, karena mudah digunakan, bisa dicoba di handphone, dan gratis. Kelebihan Easy Resume Builder adalah memiliki interface yang user friendly sehingga dapat dioperasikan dengan mudah.

Di aplikasi ini terdapat banyak template untuk digunakan, tinggal diisi saja dengan data pribadi. Lalu pengguna dapat mendownload CV dalam bentuk pdf, atau membagikannya melalui email.

3. Resume Builder & CV Maker

Aplikasi dari Mobotechnology Inc ini patut dicoba. Terdapat lebih dari 300 template CV yang disediakan, sudah lengkap beserta surat lamarannya. Tidak hanya itu saja, pengguna juga dapat melakukan editing terhadap CV yang sudah dibuat.

Kelebihan aplikasi ini adalah sudah mendukung lebih dari 30 bahasa asing untuk pembuatan CV. Pengguna juga dapat membubuhkan elemen tanda tangan. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung pembuatan resume.

4. Lamaranku

Aplikasi pembuat CV kebanyakan dibuat oleh developer luar negeri. Lamaranku ini merupakan karya anak bangsa yang tak kalah berkualitas. Aplikasi ini dapat membuat CV dalam hitungan menit saja dan sangat mudah dibuatnya.

Hanya perlu di drop dan didrag saja sehingga pembuatannya memakan waktu lama. Jika ada yang belum sesuai, pengguna bisa menyunting CV sesuai kebutuhan.

Template-nya juga banyak dan bermacam-macam yang bisa dipilih agar tampilan CV berkualitas. Pengguna dapat menambahkan QR Code di aplikasi ini, yang berisi nomor kontak, email, dan lainnya. Bisa juga membuat surat lamaran kerja.

5. Resume Profesional Builder

Aplikasi ini dikembangkan oleh Hightech Solutions, merupakan pembuat CV dan resume yang mudah digunakan dan praktis. Resume Profesional Builder dilengkapi fitur yang cukup lengkap.

Untuk membuat CV, pengguna hanya memilih informasi pada menu yang ada dan dipisahkan berdasarkan kategori. Antara lain data pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, kemampuan, tujuan bekerja, dan banyak lagi.

Bisa juga menambahkan menu informasi sesuai keperluan dengan opsi add more sections. Setelah mengisi informasi untuk CV, pengguna bisa menekan tombol view untuk melihat preview CV. Kemudian pilih template sesuai keinginan. Kelebihan aplikasi ini, pengaturan warna untuk tema CV bisa diubah sesuai selera.

Demikianlah beberapa aplikasi pembuat CV di HP yang bisa dicoba. Buatlah CV semenarik mungkin agar bagus dan besar peluang diterima kerja. Penggunaan aplikasi di atas tentu akan sangat membantu pembuatan CV yang sesuai keinginan.