Butuh Aplikasi Rekam Layar dan Suara_ Pilih di Sini! 

Banyak orang yang membutuhkan bantuan aplikasi rekam layar dan suara untuk menyimpan bukti yang penting. Baik itu ketika sedang mengadakan sebuah pertemuan atau sekadar ingin mendokumentasikan sesuatu untuk dipelajari ulang.

Secara garis besar, memang ada banyak aplikasi menarik yang bisa dipakai untuk membantu merekam suara. Sekaligus bisa digunakan untuk merekam layar pada saat yang sama, simak rekomendasi aplikasinya di sini:

1.  Google Play Games

Aplikasi yang pertama ini mungkin terlihat mengejutkan, namun ternyata bisa dipakai untuk merekam suara nantinya. Aplikasi ini juga termasuk aplikasi yang gratis untuk bisa digunakan di berbagai perangkat dengan mudah.

Pengguna bisa mencoba untuk mengunduh kemudian menginstal aplikasi ini sebelum bermain game yang memang diinginkan. Nantinya, ketika ingin merekam game yang sedang dimainkan, maka tekan menu rekam layar dan suara.

2.  REC – Screen Video Recorder

Kemudian ada jenis aplikasi lainnya yang bisa diunduh dan diinstal untuk berbagai jenis perangkat Android. Aplikasi ini bisa dibilang memiliki tampilan yang asik namun masih ramah bagi para pengguna awal.

Salah satu fitur yang sering digunakan tak lain adalah fitur Show Screen Touches While Recording. Fitur ini biasanya dipakai untuk merekam suara dari perangkat HP sembari layar yang sudah ditampilkan.

3. ADV Screen Recorder

Jangan sampai dilewatkan untuk dicoba, ada rekomendasi untuk aplikasi rekam layar dan suara yang gratis. Aplikasi ini bisa dipakai untuk Android, dengan berbagai fitur menarik seperti Use Front or Back Camera.

Jenis aplikasi ini bisa ditemukan di semua layanan Play Store dan tak memiliki memori yang besar. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur untuk memotong video atau mengedit sesuai dengan keinginan.

4. Super Screen Recorder

Selanjutnya, ada sebuah aplikasi yang bisa dicoba dengan review yang cukup baik. Sudah ada sejak tahun 2015, aplikasi ini membantu mengatur rasio dari rekaman yang diinginkan pengguna.

Sembari merekam suara dan layar, pengguna juga bisa menyunting video ditambah dengan teks-teks yang diperlukan. Sayangnya, aplikasi ini tak dilengkapi dengan fitur untuk merekam suara yang ada di internal device.

5. AZ Screen Recorder

Tak kalah menarik dari sebelumnya, aplikasi rekam layar dan suara yang berikutnya ini harus banget dicoba. Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2014 dan semakin ke sini, kualitasnya bisa dibilang semakin baik.

Tak perlu merasa khawatir nantinya, setiap pengguna bisa mencoba merekam layar tanpa batas waktu. Aplikasinya juga bisa merekam suara dan layar tanpa adanya proses rooting yang bisa mengganggu.

6. Perekam Layar Mobizen

Sementara itu, jenis aplikasi keenam ini ada sejak tahun 2012 dan selalu menempati peringkat atas. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini tak lain ada pada kualitas videonya yang bagus untuk disimpan.

Pengguna bisa memilih format full HD  sampai 1080p dengan kecepatan yang cukup menakjubkan, 12 Mbps. Jika tertarik untuk memakai aplikasi ini, maka hanya perlu mencari dan mengunduhnya di Play Store.

7. Screen Recorder and Video Recorder

Untuk rekomendasi aplikasi yang terakhir, ada sebuah aplikasi yang bisa diunduh dengan gratis di Play Store.  Dikeluarkan oleh InShot, aplikasi ini sudah membuat beberapa aplikasi turunan khusus untuk WA dan sebagainya.

Tak perlu merasa kecewa nantinya, aplikasi ini bisa membantu mendapatkan video tanpa adanya tanda watermark. Saat merekam pun, pengguna tak akan direpotkan dengan proses rooting yang lama dan bisa menghambat.

Itulah beberapa jenis aplikasi rekam layar dan suara yang cocok dicoba, cocok untuk dipakai pertama kali, dan tentunya gratis saat diakses. Ada aplikasi yang sudah ada sejak lama sehingga kualitasnya terjamin. Sementara yang lain memudahkan karena tak perlu dihambat proses rooting.