5 Aplikasi Pengingat Minum dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tubuh manusia tersusun dari air dan sangat membutuhkan air yang cukup harinya. Maka dari itu dibutuhkan konsumsi yang cukup agar tidak kekurangan cairan. Agar tidak lupa, gunakanlan aplikasi pengingat minum demi kebaikan.

Terlebih jika pengguna merupakan orang dengan aktivitas cukup banyak. Disertai mobilitas tinggi dan membutuhkan konsentrasi setiap harinya. Mulai sekarang gunakanlah aplikasi ini, sebagai pengingat dikala belum minum air.

Aplikasi Pengingat Minum yang Jadi Rekomendasi

Jumlah dan jenis aplikasi memang sudah tidak terhitung lagi. Termasuk aplikasi pengingat minum yang wajib untuk digunakan. Mengingat pentingnya bagi kesehatan, itulah mengapa minum sangat diwajibkan.

Akan tetapi terkadang orang banyak alasan, ketika harus minum secara rutin. Sehingga harus pintar untuk mensiasatinya, terlebih bagi yang tidak suka minum air putih. Sebagai motivasi dan pengingat, berikut aplikasi yang patut dicoba:

1. Aplikasi Drink Water Tracker

Sifatnya yang seperti alarm, menjadikan aplikasi satu ini wajib digunakan. Ratingnya memiliki nilai 4.8 di play store, dengan fitur yang dimiliki. Meski begitu, pengguna harus tetap mengatur sendiri waktu yang diinginkan.

Atur segera waktu dimana pengguna ingin minum dan target yang diinginkan. Gunakan dalam jangka waktu cukup lama dan pertahankan. Jika sudah begitu, coba rasakan perbandingannya bagi tubuh.

2. Aplikasi Hydro Coach

Hydro coach dapat digunakan di platform android maupun IOS. Salah satu kelebihannya yang sangat membantu yaitu dapat merekomendasikan jumlah air. Artinya pengguna akan mengetahui berapa banyak yang harus diminum tiap hari.

Bagi ibu yang sedang hamil sekalipun, aplikasi ini sangat bermanfaat loh. Sebab ibu yang sedang mengandung butuh asupan cairan lebih banyak. Unduh sekarang juga di handphone pengguna dan lakukan registrasi.

3. Aplikasi Aqualert

Aplikasi ini membutuhkan informasi data diri pengguna untuk menentukan target. Jadi dari hasil screening yang dilakukan tadi, akan didapat rekomendasi. Nantinya ada target dan capaian yang harus dikejar berdasarkan informasi tersebut.

Berbeda dari aplikasi lainnya, menggunakan aqualert pengguna serasa sedang bermain. Pasalnya ada reward yang akan didapat dari pencapaian hasil minum. Setiap kategori reward memiliki penghargaan berbeda tentunya.

4. Aplikasi Plant Nanny

Memiliki konsep berbeda dengan aplikasi lain, dengan plant nanny ini. Pengguna terasa seperti sedang bercocok tanam, tumbuhan tersebut harus terawat. Caranya dengan memberikan air, bersamaan dengan pengguna minum.

Semakin rutin melakukan penyiraman tanaman, berarti sudah banyak minum air. Kondisi tanaman pun akan semakin sehat dan tumbuh dengan baik. Saking menariknya, aplikasi pun didukung dengan grafis yang sangat bagus.

Waktu yang Tepat untuk Minum dan Manfaatnya

Menggunakan aplikasi sebagai pengingat, memang bisa dijadikan rekomendasi yang bagus. Namun tetap harus didukung juga dengan niat yang kuat. Karena bisa saja suatu waktu aplikasi ini dilupakan.

Sehingga niat yang kuat sangat penting perannya dalam rutinitas minum. Supaya tidak malas mengkonsumsi air, perlu diketahui juga bagaimana manfaat bagi tubuh. Kemudian kapan saja waktu yang tepat untuk minum, seperti informasi berikut:

Waktu yang tepat untuk minum di bawah ini:

  • Setelah bangun tidur
  • Sebelum dan setelah makan
  • Sebelum dan setelah melakukan olahraga
  • Pada waktu sore hari
  • Pada waktu malam atau sebelum tidur

Berikut manfaat minum air bagi kesehatan:

  • Menyehatkan badan
  • Membuat buang air besar lancar
  • Mencegah meningkatnya berat badan
  • Mencegah kekurangan cairan
  • Bantu membuang racun di tubuh
  • Bantu meningkatkan konsentrasi tubuh

Sebagai informasi yang sangat bermanfaat, review aplikasi pengingat minum cukup banyak juga dicari. Beberapa pilihan di atas merupakan rekomendasi berdasarkan rating pengguna lain. Pilihlah aplikasi sesuai kebutuhan dan yang dapat memudahkan saja.