2 Aplikasi Perekam Layar Laptop Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Aplikasi perekam layar laptop menjadi sebuah kebutuhan baru di era modern ini. Terlebih untuk seseorang yang berkecimpung dalam dunia digital. Salah satunya adalah konten kreator.

Bagi seorang konten kreator, ini merupakan ilmu yang wajib dimiliki. Terutama untuk mereka yang aktif dalam membuat konten seperti video tutorial, merekam game, dan presentasi. Tentu hal tersebut membutuhkan software perekam layar.

Melihat fenomena yang terjadi di lapangan. Tercetus ide dari beberapa perusahaan teknologi untuk membuat aplikasi perekam layar laptop. Dan benar saja aplikasi ini laris di pasaran, terbukti dengan banyaknya jumlah orang yang menginstalnya.

2 Aplikasi Perekam Layar Laptop Wajib Anda Ketahui

Untuk saat ini, sudah beredar banyak software perekam layar yang bisa Anda download. Baik secara gratis atau berbayar. Tentu setiap aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Maka dari itu, penting bagi Anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Dari sekian banyak aplikasi perekam layar laptop. Saya akan membahas hanya 4 aplikasi saja. Hal ini bertujuan untuk mempersingkat kata yang keluar, dan yang paling menjadi recoment yang akan dibahas. Berikut penjelasannya:

1. EaseUS RecExperts

EaseUS RecExperts merupakan aplikasi yang berada paling atas jika berbicara aplikasi perekam layar. Software ini memungkinkan merekam layar, webcam, dan audio masing-masing atau sekaligus sesuai dengan yang Anda inginkan.

Terlepas dari aplikasi dasar yang menjadi senjata penguat software ini. EaseUS RecExperts juga menyediakan fitur canggih lainnya. Seperti membuat jadwal rekaman, boost audio, menggambar ketika merekam dan masih banyak lagi.

Namun, tetap saja terdapat kelebihan dan kekurangan dalam aplikasi perekam layar laptop ini. Berikut penjelasan tentang kelebihan dan kekurangannya.

· Kelebihan

Aplikasi ini memiliki berapa kelebihan seperti cara penggunaan yang tergolong mudah, tidak ada watermark dan batas waktu. Selain itu juga menyediakan tools editing untuk memotong dan dan dapat mengekspor rekaman lebih dari 10 format.

· Kekurangan

Meski terlihat sempurna, namun tetap saja terdapat kekurangan pada aplikasi ini. Salah satu kekurangannya adalah harus membayar jika ingin menggunakan fitur penuh / premium. Walau sebenarnya relatif, ada yang menyebutnya sebagai kekurangan, ada juga yang tidak.

2. HitPaw Screen Recorder

Aplikasi HitPaw Screen Recorder merupakan software yang tergolong ramah pengguna. Dikatakan demikian karena aplikasi ini mendukung interface sederhana praktis yang cukup mudah untuk digunakan pemula.

Aplikasi dapat digunakan untuk beberapa kegiatan penting. Seperti presentasi, live meeting, webinar dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki fitur lain, seperti zoom recording. Dimana Anda bisa merekam semua layar pada bagian screen.

· Kelebihan

Untuk kelebihan yang disajikan oleh aplkasi HitPaw Screen Recorder yaitu Anda dapat menyesuaikan resolusi sesuai dengan keinginan. Selain itu tersedia juga fitur menarik yang bisa Anda gunakan dalam aplikasi ini.

· Kekurangan

Untuk kekurangannya, aplikasi ini akan selalu memunculkan watermark pada setiap hasil rekaman jika Anda menggunakan vitur gratis. Hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan watermark, hanya dengan cara berlangganan.

Kemajuan teknologi membuat terciptanya mata pencaharian baru, seperti konten kreator. Namun menjadi seorang kreator tidak semudah yang Anda bayangkan. Ada beberapa ilmu  yang harus Anda kuasai. Khususnya saat proses editing berlangsung.

Untuk seorang kreator yang fokus dalam membuat konten tutorial, sepertinya harus menguasai beberapa aplikasi perekam layar laptop.