Jangan Panik! Ikuti Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Di Laptop Tanpa Ribet

Ada banyak cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop yang sangat praktis dan cepat. Aplikasi membuat mudah pekerjaan yang dilakukan banyak orang. Tanpa adanya aplikasi membuat kendala untuk mengakses laptop.

Namun, banyak juga pengguna yang tanpa sengaja menghapus aplikasi di laptop. Sehingga wajar ingin mengembalikan aplikasi tersebut. Berikut ini rekomendasi cara membuat aplikasi terpasang kembali di laptop:

1. Melalui Control Panel

Pertama bisa memakai control panel yang sudah ada sebelumnya di laptop. Simak di bawah ini langkah mengembalikan aplikasi sebagai berikut:

  • Buka terlebih dahulu control panel pada laptop pengguna.
  • Pilih pilihan recovery lalu klik open system restore.
  • Tunggu hingga proses restore selesai dilakukan.
  • Kemudian klik pilihan undo system restore lalu klik lagi pilihan next.
  • Tunggu kembali hingga system restore konfirmasi lalu klik pilihan finish.
  • Setelah terlihat pemberitahuan lalu klik pilihan oke lalu klik pilihan close apabila semua proses sudah selesai.
  • Aplikasi akan muncul lagi di laptop.

Pada saat proses restore biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebaiknya para pengguna sabar menunggu hingga semua proses selesai. Sebab proses pengembalian aplikasi tersebut melalui beberapa tahapan hingga selesai dilakukan.

2. Melalui Aplikasi 10AppsManager

Kedua bisa memakai aplikasi 10AppsManager untuk mengembalikan aplikasi di laptop. Semua proses memerlukan tambahan aplikasi dengan cara unduh terlebih dahulu aplikasi tersebut. Pasang aplikasi di laptop sampai selesai.

Setelah aplikasi dibuka akan terlihat tampilan beberapa aplikasi yang pernah terinstall di laptop. Pengguna bisa klik bagian pilihan reinstall pada aplikasi yang ingin dikembalikan. Aplikasi ini hanya untuk mengembalikan aplikasi bawaan yang sudah ada di laptop.

Perlu diperhatikan jika memakai cara kedua ini harus sudah menggunakan versi windows 10. Sehingga proses akan cepat dan semakin mudah.

3. Melalui Windows Powershell

Selanjutnya cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop sangat sederhana dengan window Powershell. Biasanya terdapat pada bagian start yang ada di laptop. Banyak pengguna yang mengembalikan aplikasi terhapus dengan cara ini.

Klik bagian kanan pada aplikasi agar bisa melakukan run as administrator dan tunggu hingga terlihat kotak untuk link. Bertujuan untuk mengembalikan aplikasi yang sudah berjalan di laptop. Kemudian klik bagian enter lalu tunggu hingga proses recovery selesai dilakukan.

5. Melalui Aplikasi O&O AppBooster

Berikutnya terdapat aplikasi yang juga tidak kalah bagus dan menarik dari yang sebelumnya. Pengguna bisa memakai aplikasi O&O  AppBooster. Unduh aplikasi di google lalu pasang di laptop masing-masing.

Pengguna cukup menunggu menu aplikasi terbuka hingga terlihat semua aplikasi yang sudah terhapus di laptop. Klik pada beberapa aplikasi yang ingin dikembalikan ke laptop lalu install. Tunggu hingga semua proses pengembalian Aplikasi selesai.

Proses dengan menggunakan cara ini termasuk yang cepat untuk mengembalikan aplikasi. Pengguna harus sabar menunggu hingga semua proses selesai dilakukan. Sehingga dapat kembali mengakses aplikasi di laptop.

6. Melalui Pengaturan

Terakhir bisa menggunakan pengaturan pada windows laptop. Mudah sekali jika pengguna memilih cara yang terakhir ini. Cukup menekan windows+I lalu pilih bagian update & security dan lihat pada bagian kanan.

Terlihat beberapa pilihan aplikasi lalu klik pilihan recovery. Kemudian tunggu aplikasi terbuka dan geser sampai bawah lalu pilih restart now. Pengguna tunggu hingga terlihat pilihan di laptop. Pilih kembali troubleshoot lalu klik pilihan advance option.

Langkah terakhir klik bagian startup setting dan restart. Kemudian tunggu hingga semua proses selesai dilakukan.

Itulah penjelasan terkait cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop yang bisa diikuti pengguna agar bisa kembali melanjutkan pekerjaan. Tidak perlu khawatir saat aplikasi terhapus karena bisa dikembalikan dengan praktis.