Begini Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus Paling Efektif

Konten TikTok yang diupload tiba-tiba terhapus tentu saja membuat kreator kesal, apalagi jika konten tersebut sudah fyp. Untungnya ada cara mengembalikan video TikTok yang terhapus tersebut meskipun akan memerlukan banyak waktu.

TikTok memang merupakan sebuah platform berbagi video terbesar, namun kendala-kendala tertentu masih bisa ditemukan. Meskipun demikian, video yang terhapus sendiri tidak selalu karena kesalahan aplikasi TikTok, faktanya penyebab lainnya justru yang lebih sering terjadi.

Penyebab Video TikTok Terhapus Sendiri

Para kreator pasti penasaran apa yang menyebabkan konten videonya dihapus oleh pihak TikTok. Perlu diketahui bahwa TikTok tidak akan menghapus video kreator jika tidak ada alasan tertentu.

Berbeda dengan penghapusan konten yang dilakukan sendiri oleh pemilik akun dengan sengaja. Terhapusnya konten yang telah diupload ini bisa saja terjadi adanya dua penyebab khusus berikut ini.

1. Terkena Peringatan atau  Shadow Banned

Menurut pihak TikTok, peringatan ini merupakan sebuah pembatasan akun personal yang hanya berlaku sementara. Peringatan tersebut dilakukan dengan sistem otomatis sehingga tidak akan ada pemberitahuan tentang akan terjadi hal tersebut.

2. Melanggar Panduan Komunitas

Panduan ini isinya menerangkan tentang hal apa saja yang dilarang dan diizinkan di komunitas TikTok. Tujuannya yaitu agar pengguna TikTok merasakan pengalaman yang ramah, nyaman, dan juga menghibur.

Tipe konten yang bisa dianggap melanggar yaitu berbau sara, provokatif dan pornografi. Selain itu, pengguna yang ternyata masih di bawah umur yaitu belum 13 tahun juga dianggap melanggar panduan.

Cara Mudah Mengembalikan Video TikTok yang Telah Terhapus

Sebelum membahas cara mengembalikan video TikTok yang terhapus, pengguna harus memastikan jika video terhapus bukan sengaja dilakukan pengguna. Karena jika demikian, maka bisa dipastikan cara yang akan dibahas ini tidak akan berhasil.

Pada pelanggaran berat, biasanya bukan hanya konten saja yang dihapus oleh TikTok melainkan akunnya juga terkena suspend. Jika hanya konten saja yang dihilangkan, kreator bisa mengembalikan video tersebut dengan langkah berikut.

  • Masuk ke akun TikTok terkait baik dengan email maupun nomor hp.
  • Setelah masuk ketuklah ikon dari profil akun yang ada di pojok bawah tampilan.
  • Selanjutnya kreator akan diarahkan ke beranda akun tersebut lalu tap pilihan menu yang berupa ikon tiga garis sejajar, letaknya ada pada pojok kanan atas.
  • Kemudian pilih opsi yang paling bawah yaitu pengaturan serta privasi, maka akan ditampilkan berbagai opsi dari mulai akun hingga menu untuk mengatur login.
  • Selanjutnya gulirkan layar sampai menu bertuliskan dukungan yang terdapat 3 buah sub menu terlihat, ketuk opsi yang berupa laporkan masalah.
  • Setelah itu tulislah masalah yang dialami yaitu video terhapus sendiri pada Account Issue. Jelaskanlah masalah ini secara singkat namun jelas dengan memakai bahasa Inggris.

Apabila telah selesai kirimkan laporannya dan pengguna tinggal menunggu jawaban dari pihak TikTok, nantinya jawaban akan masuk melalui email. Jawaban yang masuk ke email adalah berupa persetujuan untuk mengembalikan video, di dalamnya akan ada sebuah tautan untuk dibuka.

Selain cara di atas, kreator juga bisa menggunakan pengajuan feedback kepada TikTok. Cara ini umumnya dipakai kreator yang mengalami akun terblokir dan kontennya sudah tidak bisa dilihat lagi atau lenyap.

Itulah cara mengembalikan video TikTok yang terhapus paling direkomendasikan karena hanya melibatkan pihak TikTok yang resmi. Jika ada yang memberikan cara lain melalui berbagai platform lain yang tidak jelas, maka kreator perlu mewaspadainya.