Cara Mengembalikan Kontak WA yang Terhapus Permanen

Cara mengembalikan kontak WA yang terhapus permanen adalah penyelamat dari segala kejadian tidak diinginkan, terutama berhubungan dengan media sosial. Ironisnya, masih banyak orang mengalami data tiba-tiba hilang tanpa tahu apa-apa.

Tidak perlu panik ketika menghadapi masalah semacam ini, karena kini ada solusi untuk semua masalah. Ada beberapa alasan contact bisa tiba-tiba menghilang, misalnya karena tidak sengaja terformat.

Ini Cara Mengembalikan Kontak WA yang Terhapus Permanen

Terkadang aplikasi perpesanan nomor satu ini bisa saja mengalami bug apabila tidak kunjung di-upgrade atau handphone sedang error. Lalu bagaimana mengatasi agar Anda tetap bisa chatting dengan kerabat atau keluarga?

1. Jangan Lupa Bersihkan Cache Aplikasi

Fungsi cache adalah untuk menyimpan data untuk sementara waktu. Namun, jika tidak membersihkannya secara teratur, memori HP akan terisi untuk waktu yang lama, sehingga aplikasi tiba-tiba terhapus atau hilang.

Pengguna dapat menghapus cache ini dengan melihat di menu pengaturan. Kemudian pilih aplikasi WA, klik Storage, dan klik tombol Clear Cache untuk melanjutkan. Jika tidak dapat menghapus cache, restart telepon.

2. Mengaktifkan Permission di Setting

Contacts WA mungkin terhapus atau hilang karena menu perizinan tidak diaktifkan. Hal ini biasanya menyebabkan nomor hilang jika WA tidak terhubung ke internet atau tidak sengaja restart.

Cara mengembalikan kontak WA yang terhapus permanen, aktifkan bagian menu Izin. Jadi harus masuk ke menu pengaturan dan pilih Aplikasi, WhatsApp dan Izin untuk mengaktifkannya (kamera, contacts, file, dan sebagainya).

3. Cek Pengaturan Kontak

Pengguna mungkin tidak dapat menghubungi contact karena kesalahan dalam pengaturan. Coba periksa dengan masuk ke menu pengaturan. Kemudian pilih Kontak dan centang Tampilkan Semua Kontak untuk melihat seluruh daftar nomor.

4. Memanfaatkan Pencadangan Google

Cara mengembalikan kontak WA yang terhapus permanen menggunakan backup Google. Hal ini karena data biasanya otomatis digabungkan dengan Akun Google. Untuk melakukan ini, pergi ke menu pengaturan aplikasi kontak seluler.

Kemudian pilih menu Kontak untuk melihat dan mengonfirmasi akun Google Anda untuk mencadangkan contacts. Setelah selesai, pilih Perbarui Kontak dan tunggu hingga nomor yang hilang muncul.

5. Memaksimalkan Fitur Bawaan Handphone

Selanjutnya, pelajari cara memulihkan contacts WA terhapus menggunakan fitur yang tersedia di ponsel Android. Cara ini bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi apapun, seperti harus download terlebih dahulu.

Buka aplikasi Kontak dan pilih tiga baris di sisi kiri halaman aplikasi. Pilih menu Sampah di bagian bawah, menu Sampah pada aplikasi Kontak dapat menyimpan sementara nomor telepon yang dihapus.

Anda bisa menyimpannya sementara namun akan terhapus otomatis setelah 15 hari. Kemudian pilih contacts di menu Sampah dan pilih menu Pulihkan, apabila selesai, contats akan secara otomatis kembali ke telepon.

6. Recover Deleted Contacts

Cara mengembalikan kontak WA yang terhapus permanen dengan Recover Deleted Contacts. Untuk menggunakannya, pastikan aplikasi terpasang di ponsel. Buka aplikasi dan pilih menu Dihapus untuk melihat contact lain yang dihapus.

Untuk memulihkan, tekan nama contact. Saat menggunakan Recover Deletd Contacts, penting untuk dicatat bahwa nomor yang dihapus tidak dapat dipulihkan jika durasinya sudah terlalu lama.

7. Memasang Ulang WhatsApp

Terakhir, coba hapus aplikasi WhatsApp lalu lakukan proses instal ulang. Metode ini berisiko dan sebaiknya pengguna harus mencadangkan data terlebih dahulu sebelum memulai prosesnya agar lebih aman.

Memang benar pengguna harus menjadi lebih pintar daripada telepon pintarnya sendiri, agar jika ada masalah Anda dapat mengatasinya sendiri. Cara mengembalikan kontak WA yang terhapus permanen akan sangat membantu.