Cara Mengatasi Jika Tidak Bisa Update Google Chrome Android Dengan Mudah

Sebagian pengguna pasti pernah mengalami kasus tidak bisa update Google Chrome android. Sudah pasti hal tersebut sangat mengganggu di tengah kegiatan untuk mencari keperluan dengan Google Chrome. Dan, hal tersebut bisa menandakan bahwa terdapat masalah.

Google Chrome merupakan aplikasi browser yang kegunaannya untuk mencari informasi secara online, dan lainnya. Oleh karena itu, jika aplikasi browser saja mengalami masalah, maka akan memperlambat kegiatan mereka. Perhatikan langkah berikut untuk bisa mengatasi masalahnya!

1. Periksa Kembali Koneksi Internet

Hal pertama yang bisa dilakukan dalam mengatasi kasus tidak bisa update Google Chrome android, yakni dengan memeriksa jaringan internet. Kasus tidak bisa update bisa disebabkan oleh jaringan internet yang tidak stabil jadi tidak terproses sempurna.

Apabila pengguna mengenakan jaringan WiFi untuk mengupdate Chrome, bisa restart terlebih dahulu modem WiFi. Atau bisa pengguna melakukan cara ini:

  • Nyalakan mode pesawat, tunggu beberapa detik.
  • Matikan kembali mode pesawat.
  • Tunggu hingga jaringan berhasil tersambung kembali dan lakukan update ulang.

Apabila pengguna memakai jaringan internet untuk mengupdate Chrome, pengguna bisa melakukan cara diatas untuk menstabilkan koneksi kembali. Namun, lebih disarankan untuk melakukan update dengan menggunakan koneksi WiFi, karena dinilai lebih stabil.

2. Hapus Data Cache Pada Play Store

Apabila cara pertama masih tidak berhasil juga, maka pengguna bisa melakukan penghapusan data pada Play Store. Bisa saja data pada Play Store terlalu penuh sehingga tidak bisa melakukan update Google Chrome. Berikut langkah menghapus data:

  • Buka HP dan cari menu pengaturan, kemudian masuk pada “Manajemen Aplikasi.”
  • Kemudian akan muncul aplikasi yang terinstall kemudian cari Play Store dan ketuk.
  • Selanjutnya, pilih “Penggunaan Penyimpanan” dan ketuk “Hapus Data.”
  • Tunggu hingga proses penghapusan data selesai.

Cache merupakan sebuah data sementara dari suatu aplikasi yang beroperasi, yang apabila tidak rajin dihapus maka akan menumpuk. Data cache yang menumpuk bisa menyebabkan pembaruan atau update sebuah aplikasi tersendat.

3. Hapus Data Cache Pada Aplikasi Chrome

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa data cache yang penuh dapat berpengaruh pada proses pembaruan aplikasi. Tidak hanya pada saat pembaruan, pada saat aplikasi beroperasi pun bisa saja tersendat atau macet.

Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan bahwa menumpuknya data cache pada aplikasi Chrome membuat update tidak terproses. Untuk itu, perlu adanya pembersihan secara berkala agar segala aktivitas bisa berjalan lancar. Adapun caranya hampir sama, sebagai berikut:

  • Buka pengaturan dan cara “Manajemen Aplikasi.”
  • Berikutnya, akan muncul semua aplikasi yang terpasang di HP, dan cari “Chrome.”
  • Kemudian, ketuk aplikasi Chrome tersebut kemudian pilih “Penggunaan Penyimpanan.”
  • Berbeda dengan aplikasi Play Store, ketuk opsi “Kosongkan Ruan” untuk menghapus data di Chrome.
  • Tunggu hingga proses penghapusan data selesai dan lakukan update ulang.

4. Lakukan Restart Pada HP

Apabila dengan melakukan cara di atas masih tidak bisa di update juga aplikasi Chrome, maka perlu dilakukan restart pada HP. Melakukan restart atau memuat ulang HP ini bertujuan untuk menyegarkan kembali sistem pada HP.

5. Unduh Versi Terbaru dari Chrome Lewat Aplikasi Lain

Pengguna bisa mengunduh versi terupdate dari Google Chrome dengan memanfaatkan aplikasi lain, selain Play Store. Bisa saja menggunakan laptop untuk mengunduh aplikasinya, kemudian dipindah dan diinstal di HP. Atau bisa dengan aplikasi download lainnya.

Beginilah cara untuk mengatasi masalah tidak bisa update Google Chrome android yang umum terjadi di setiap pengguna HP Android. Jika masih saja tidak bisa melakukan update, maka segera pergi menuju counter terdekat.