Penyebab Notif Whatsapp Tidak Muncul yang Jarang Disadari

Ada beberapa hal yang menyebabkan notif Whatsapp tidak muncul. Kondisi ini pasti terasa tidak nyaman untuk Anda selaku pengguna. Itu karena, notif Whatsapp yang tidak muncul membuat Anda kesulitan dalam mengetahui informasi terbaru.

Sangat mungkin Anda nantinya harus membuka aplikasi tersebut terlebih dahulu ketika ingin mengetahui notifikasi. Kondisi semacam ini tentu membuat perasaan tidak nyaman muncul.

Perlu diketahui, penyebab notif whatsapp tidak muncul sendiri sebenarnya cukup sederhana. Itu karena, penyebab ini berisi hal-hal dasar di mana Anda pasti sudah paham.

Alasan Penyebab Notif Whatsapp Tidak Muncul

Jika penyebab notifikasi Whatsapp tidak muncul belum diketahui, Anda sudah di tempat yang tepat. Kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai beberapa penyebab tersebut. berikut ulasannya secara lebih lengkap.

1. Mode Pesawat

Alasan pertama mengapa notif whatsapp tidak muncul adalah karena aktifnya mode pesawat. Mode pesawat adalah fitur bawaan yang ada di ponsel. Ini adalah mode di mana ponsel bisa menyala normal namun jaringan internetnya tidak bisa digunakan.

Biasanya seseorang akan menyalakan mode pesawat ketika menggunakan Wifi. Ini dilakukan supaya baterai ponsel lebih awet. Masalahnya, orang yang menyalakan mode pesawat sering lupa mematikannya ketika sudah tidak menggunakan Wifi.

Hal tersebut nantinya membuat ponsel tidak terkoneksi dengan jaringan seluler. Ini tentu berefek pada notifikasi Whatsapp.

Dengan ponsel yang tidak terhubung ke jaringan seluler, notifikasi tidak akan didapat. Oleh karena itu, penting untuk mengaktifkan notifikasinya terlebih dahulu.

2. Pengaturan Whatsapp

Alasan notif Whatsapp tidak muncul berikutnya berkaitan dengan pengaturan Whatsapp. Whatsapp memang memiliki pengaturan yang membuat seseorang bisa menonaktifkan notifikasi. Sangat mungkin Anda lupa pernah mengaktifkan notifikasi tersebut.

Dari sana notifikasi tentu tidak akan muncul sehingga Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Sebenarnya pengaturan ini juga bisa Anda lihat pada menu Setelan Ponsel. Masuk ke pengaturan aplikasi lalu pilih Whatsapp.

Dari sana akan terlihat apakah notifikasi Whatsapp dimatikan atau tidak. Jika ternyata dimatikan, langsung saja aktifkan notifikasi tersebut untuk kembali melihatnya. Dari sana notifikasi pasti akan kembali seperti biasa.

3. Do Not Disturb

Alasan notif Whatsapp tidak muncul berikutnya berkaitan dengan fitur Do not Disturb yang ada di ponsel. Do Not Disturb ini sebenarnya memiliki kesamaan dengan mode pesawat. Keduanya sama-sama membuat aplikasi tidak akan memberikan notifikasi.

Hanya saja ada perbedaan pada cara kerja fitur mode pesawat dan do not disturb. Jika fitur mode pesawat bekerja dengan mematikan data seluler, fitur do not disturb memang lebih fokus ke notifikasi. Oleh karena itu, fitur do not disturb membuat data seluler tetap ada.

Untuk itu Anda perlu mematikan fitur do not disturb ini. Dengan mematikan fiturnya, notifikasi Whatsapp pasti otomatis mucul.

4. Wifi Bermasalah

Alasan notif Whatsapp tidak muncul berikutnya berkaitan dengan Wifi. Anda pasti pernah menggunakan Wifi yang koneksinya bermasalah. Jika kondisi Wifi tersebut seperti itu, Whatsapp tidak akan memunculkan notifikasi.

Oleh karena itu, ganti jaringan Wifi yang digunakan atau ubah ke data seluler. Perbaikan pada jaringan ini akan membuat notif Whatsapp kembali normal.

5. Aplikasi Usang

Penyebab terakhir mengapa notifikasi Whatsapp tidak muncul berhubungan dengan aplikasi Whatsapp itu sendiri. Sangat mungkin aplikasinya sudah usang karena sudah lama tidak terpakai.

Jika aplikasinya sudah usang seperti ini, Anda bisa melanjutkannya dengan memperbarui aplikasi tersebut. setelah diperbarui, aplikasi pasti berjalan normal.