Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti Secara Tiba-Tiba

Pernah nggak sih mengalami aplikasi pada HP terhenti? Hal itu sungguh membuat kesal para pengguna apalagi ketika lagi seru main game. Namun ada cara mengatasi aplikasi terhenti tersebut. Apalagi aplikasi terhenti sendiri sangat mengganggu pengguna.

Lalu, apa yang sebenarnya terjadi? Pesan error pada perangkat tersebut memang beda-beda, tetapi ada beberapa kemiripan yang sering terjadi di Android. Untuk memahami kenapa aplikasi tiba-tiba berhenti dan bagaimana cara mengatasinya,  simak ulasan berikut di bawah ini:

Mengapa Aplikasi Tiba-Tiba Terhenti?

Aplikasi yang tiba-tiba terhenti pasti membuat bingung pengguna, kenapa bisa muncul error dan membuat penasaran. Pasti ada masalah yang membuat hal itu bisa terjadi. Berikut ini beberapa penyebab yang mungkin membuat aplikasi tiba-tiba terhenti:

  • Rusaknya sistem dan aplikasi.
  • RAM HP sangat penuh sehingga sering error.
  • File sampah yang menumpuk.
  • Jaringan internet lambat atau lemot.
  • Aplikasi tidak berjalan normal.
  • Aplikasi masih versi lama sehingga perlu pembaharuan.

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tiba-Tiba Terhenti

Ada cara mengatasi aplikasi terhenti yang memang tidak bisa dibuka. Ada beberapa cara seperti mulai menghapus data, mengupdate aplikasi, hapus file sampah dan masih banyak lagi. Untuk lengkapnya, simak ulasan berikut ini:

1. Restart Handphone Kembali ke Awal

Reboot atau restart HP adalah hal sederhana yang bisa dilakukan pengguna untuk mengatasi permasalahan pada HP mereka. Saat HP mulai mengalami lag bisa banget melakukan reboot, apabila tidak berhasil bisa coba metode lainnya.

2. Membersihkan sampah aplikasi dan sistem

Cara mengatasi aplikasi terhenti selanjutnya yaitu dengan membersihkan sampah aplikasi. Membersihkan sampah aplikasi dapat menggunakan pembersih bawaan maupun aplikasi unduhan untuk memudahkan dalam membersihkan sampah aplikasi dan sistem.

3. Menghapus data aplikasi

Pengguna bisa menghapus data-data pada aplikasi yang tidak penting dan bisa memunculkan error. Menghapus data pada aplikasi akan menghapus data sementara seperti history, bookmark, file sampah ataupun basis data untuk mengatasi aplikasi terhenti.

4. Mengupdate aplikasi terbaru

Update aplikasi bisa dilakukan untuk mengatasi kerusakan pada aplikas. Dengan update aplikasi bisa dilakukan langsung melalui Google play. Pastikan bahwa koneksi internet lancar dan tidak mempengaruhi unduhan aplikasi versi terbaru.

Pembaruan aplikasi yang terhenti dapat mengatasi permasalahan seperti file corrupt atau error. Tidak hanya harus mengupdate aplikasi, pengguna harus memperbarui sistem operasi yang dijalankan. Hal ini karena kebutuhan aplikasi yang terus meningkat dan banyak cache.

5. Menginstall Ulang Aplikasi

Apabila ada masalah pada aplikasi, sebaiknya hapus aplikasi lama dengan mengunduh aplikasi yang baru. Hal ini dapat mengatasi error pada aplikasi. Cara ini cukup berhasil, namun pastikan untuk restart HP dan membersihkan file sampah.

6. Melakukan Reset HP

Cara mengatasi aplikasi terhenti yang terakhir yaitu dengan melakukan reset HP atau Factory Reset. Hal ini memang bukan cara yang baik karena bisa saja data-data yang pengguna miliki bisa hilang begitu saja.

Hal ini akan menyebabkan kehilangan data-data dan HP akan memulai ke posisi awal. Apabila hal ini terpaksa dilakukan, reset bisa jadi pilihan. Hal yang perlu dilakukan membackup data seperti video, foto dan dokumen lainnya.

Demikianlah tadi informasi mengenai cara mengatasi aplikasi terhenti dengan mudah. Aplikasi pada HP bisa digunakan normal kembali. Memang tidak bisa kembali normal atau cara tersebut berhasil, akan tetapi memang harus dicoba untuk melihat hasilnya. Apabila terdapat beberapa perbedaan, pengguna bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan pengguna.