Mengapa Mobile Legend Tidak Bisa Dibuka_ Inilah Jawabannya

Siapa yang tidak mengenal Mobile Legend? Game buatan Moonton ini mampu mengundang banyak orang untuk memainkan game ini. Namun penting untuk mengetahui mengapa Mobile Legend tidak bisa dibuka dan beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Layaknya game online pada umumnya, terkadang Mobile Legend juga dapat mengalami error saat hendak dimainkan, seperti tidak dapat dibuka. Hal ini sangatlah wajar, karena mungkin terdapat kesalahan pada HP pengguna. Simak penjelasan lengkap berikut ini.

Penyebab Aplikasi Tidak Dapat Dibuka

Tidak bisa dipungkiri, memang banyak sekali faktor yang mempengaruhi aplikasi Mobile Legend tidak bisa dibuka. Pengguna juga harus mengetahui sebab-sebab tersebut, agar dapat mengatasinya dengan mudah. Adapun beberapa penyebabnya adalah:

1. Koneksi Jaringan Buruk

Game online sangatlah bergantung pada jaringan internet saat memainkannya, jadi ketika jaringannya bermasalah, pengguna tidak dapat memainkannya dengan lancar. Masalah jaringan ini juga dapat menyebabkan pengguna tidak bisa masuk ke dalam aplikasinya.

Maka dari itu, sebelum memainkannya, sebaiknya pengguna memastikan telah mendapatkan sinyal jaringan yang cukup dan stabil. Agar dapat masuk dalam aplikasinya dan lancar saat memainkannya.

2. HP Tidak Support

Alasan ini dapat dikatakan sebagai penyebab yang paling mendasar. Karena jelas, jika HP pengguna masih tergolong keluaran lama dan tidak support Mobile Legend, maka tidak akan dapat membuka aplikasinya.

Minimal HP yang support Mobile Legend adalah mempunyai RAM 2 GB dan sudah menggunakan jaringan 4G. Jika di bawah itu, maka ponsel pengguna belum bisa untuk membuka aplikasi Mobile Legend.

3. Cache Terlalu Penuh

Alasan lainnya yang menyebabkan tidak bisa membuka Mobile Legend adalah cache pada HP pengguna terlalu penuh. Seperti yang diketahui, cache adalah data sampah yang wajib dibersihkan secara rutin, agar tidak menumpuk dan membuat eror HP.

Mobile Legend merupakan aplikasi game yang cukup berat, dibutuhkan penyimpanan yang cukup untuk menyimpannya. Jika HP telah kebanyakan cache, maka tak heran Mobile Legend akan stuck dan tidak bisa terbuka.

4. Mengalami Data Broken

Data broken atau masalah terhadap datanya juga akan menyebabkan Mobile Legend tidak bisa terbuka. Kejadian ini dapat disebabkan beberapa faktor seperti terkena virus, memori yang kecil, force shutdown, Dll.

Jika data broken ini terjadi pada aplikasi Mobile Legend maka sampai kapanpun tidak akan bisa dibuka kecuali memperbaikinya terlebih dahulu. Caranya yaitu mengupdatenya hingga selesai, maka game akan dipakai kembali.

5. Jarang Melakukan Update

Penyebab yang terakhir adalah pengguna jarang melakukan update pada aplikasi Mobile Legend. Setiap game online pasti terdapat update rutin untuk merawat aplikasinya, untuk updatenya juga tidak dapat diprediksi kapan waktunya.

Pengguna harus menyediakan penyimpanan dan paket data yang cukup untuk mengupdate aplikasi Mobile Legend. Dengan itu aplikasi akan selalu terawat dan terhindar dari stuck tidak bisa terbuka

Beberapa Cara Mengatasinya

Setelah mengetahui mengapa Mobile Legend tidak bisa dibuka pengguna juga harus mengerti beberapa cara untuk mengatasinya. Caranya cukuplah mudah dan sama sekali tidak akan merepotkan pengguna. Berikut beberapa caranya:

  • Rajin Membersihkan Cache. Cache yang menumpuk terlalu banyak akan mengakibatkan error pada beberapa aplikasi pada HP. Maka dari itu pengguna harus rajin dalam membersihkan cache, minimal harus dilakukan dalam seminggu sekali.
  • Wajib Update Aplikasi.Pengguna jangan malas untuk mengupdate aplikasi Mobile Legend, walaupun terkadang ukurannya sangat berat namun hal itu sangat perlu. Dalam update tersebut akan terdapat berbagai perbaikan dalam aplikasi, oleh karenanya pengguna wajib untuk update secara rutin.
  • Memastikan Jaringan Internet Lancar. Sebelum memainkan Mobile Legend, pengguna juga harus memastikan jaringan internet pada kondisi yang cukup lancar. Karena hal itu akan sangat berpengaruh pada kelancaran saat memainkan gamenya nanti. Jangan sampai terjadi sinyal putus-putus saat sedang memainkannya.
  • Restart HP.Hal itu akan membuat kinerja dan performa HP menjadi optimal dan fresh kembali. Sehingga saat memainkan Mobile Legend menjadi lancar tanpa hambatan.

Itulah penjelasan mengenai mengapa Mobile Legend tidak bisa dibuka dan beberapa cara untuk mengatasinya. Lakukan cara pencegahan tersebut secara rutin agar Mobile Legend tetap bisa dimainkan dengan lancar tanpa ada gangguan sedikit pun.