Aplikasi Scanner Terbaik Android, Kirim Dokumen Semakin Mudah

Saat ini, mengirim dokumen secara digital semakin mudah berkat adanya aplikasi scanner untuk Android. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa dengan mudah menjadikan dokumen fisik memiliki versi digital atau soft filenya.

Selain bisa mempermudah kita dalam mengirim dokumen, aplikasi tersebut juga sangat bermanfaat untuk membuat salinan dokumen lebih banyak. Terlebih, kualitas gambar yang dihasilkan terbilang jernih dan detail.

Dari sekian banyak aplikasi yang muncul, manakah yang memiliki fitur dan kemampuan scanning terbaik? Untuk mengetahuinya, mari simak dahulu pembahasan singkatnya melalui ulasan di bawah ini.

Aplikasi Scanner Terbaik untuk Android

Saat ini, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan scanning dokumen di Android. Bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi tersebut untuk pembuatan soft file, silakan coba beberapa rekomendasi berikut ini.

1. CamScanner

Salah satu aplikasi scanner paling populer saat ini di kalangan pengguna Android adalah CamScanner. Aplikasi ini banyak digunakan karena mampu menghasilkan file digital dengan kualitas yang sangat baik.

Untuk menghasilkan file digital menggunakan CamScanner terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu mengarahkan scanner pada dokumen saja. Nantinya, sistem akan mengatur letak dokumen secara otomatis dan mengubahnya ke bentuk digital.

2. Adobe Scan

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan Adobe Scan untuk membuat soft file atau dokumen digital. Dengan memanfaatkan fitur kamera di HP, aplikasi ini akan memindai dokumen fisik dan mengubahnya menjadi dokumen digital.

Dalam menghasilkan dokumen digital, kualitas gambar yang dihasilkan oleh Adobe Scan terbilang cukup baik. Gambarnya detail, jernih, dan mampu menampilkan tulisan dengan jelas sehingga layak dikirim sebagai lampiran.

3. Tiny Scanner

Aplikasi scanner berikutnya yang bisa Anda coba adalah Tiny Scanner. Aplikasi yang sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna di Android ini merupakan salah satu pilihan terbaik karena kemudahan dalam penggunaannya.

Selain itu, Tiny Scanner juga sudah terhubung ke berbagai ruang penyimpanan cloud seperti DropBox, Google Drive, hingga OneDrive. Dengan begitu, pengguna bisa dengan mudah menyimpan berbagai file dengan cukup mudah.

4. Fast Scanner

Tanpa harus membeli mesin scanner yang harganya cukup mahal, Anda tetap bisa membuat soft file menggunakan aplikasi Fast Scanner. Seperti namanya, aplikasi ini mampu menghasilkan dokumen digital dengan cepat.

Dari kualitas gambar yang dihasilkan juga tidak kalah dengan mesin scanner sehingga dokumen bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti melamar pekerjaan, lampiran untuk pendaftaran, dan sebagainya.

5. PhotoScan

Google sebagai salah satu perusahaan digital terbesar saat ini juga tidak kalah dalam menawarkan berbagai kemudahan untuk mengolah dokumen. Salah satunya dengan menghadirkan aplikasi scanner bernama PhotoScan.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah kemampuannya dalam meminimalisir kilap akibat flash dari kamera. Dengan begitu, file hasil scanning tidak akan terlihat menghitam akibat lampu flash dari kamera.

6. Simple Scan

Satu lagi aplikasi scanner yang bisa Anda coba di Android, yaitu Simple Scan. Dikatakan simpel karena memang fitur-fitur di dalamnya sangat mudah digunakan, terutama untuk menghasilkan dokumen digital yang jernih.

Anda tidak perlu presisi dalam mengambil foto dokumen bersangkutan karena sistem akan mereposisi dokumen tersebut akan terlihat presisi saat sudah diubah ke bentuk soft file atau dokumen digital.

Jika beberapa tahun lalu kita harus menggunakan mesin scanner untuk menghasilkan salinan dokumen secara digital, kini hal itu bisa lebih mudah dilakukan dengan adanya aplikasi. Anda bisa memilih aplikasi scanner di atas jika ingin memanfaatkannya.