Aplikasi Cek Bansos: Cara Menggunakan dan Keunggulannya

Aplikasi cek bansos (Bantuan Sosial) dirilis oleh Kementerian Sosial untuk mensejahterakan masyarakat. Salah satunya untuk mempermudah masyarakat mendaftar sebagai penerima BST (Bantuan Sosial Tunai) maupun PKH (Program Keluarga Harapan).

Selain itu, bisa juga untuk mengecek bantuan. Anda dapat mengetahui dana bantuan sosial telah cair atau belum. Apabila ada saudara yang memenuhi persyaratan namun belum menerima, maka bisa langsung mendaftarkannya.

Anda tidak perlu lapor ke ketua RT/RW terlebih dahulu untuk mengusulkan nama orang tersebut. Anda bisa membantu mendaftarkannya lewat aplikasi agar bisa segera diproses oleh pemerintah.

 

Cara mudah Menggunakan Aplikasi Cek Bansos

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang aplikasi tersebut. Tentunya harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu untuk bisa menikmati berbagai layanan yang telah disediakan.

1. Tutorial untuk Mendaftar di Aplikasi

Apabila Anda ingin mendaftarkan orang lain di aplikasi bantuan tersebut, caranya sangat mudah. Anda tinggal menyimak tutorial lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

· Anda unduh kemudian diinstall aplikasinya

· Buka aplikasi yang telah diinstal

· Lalu izinkan aplikasi agar bisa mengakses lokasi Anda

· Klik menu “buat akun baru”

· Mengisi formulir pendaftaran

· Unggah foto KTP

· Upload swafoto memegang KTP

· Klik “buat akun baru”

· Silahkan melakukan konfirmasi lewat email

2. Cara Mengusulkan Nama Penerima

Setelah mendaftar, kini saatnya mengajukan kerabat ataupun tetangga untuk menjadi  penerima bantuan. Anda dapat memanfaatkan menu daftar usulan yang ada di aplikasi cek bansos.

· Masuk ke aplikasinya

· Klik menu tambah usulan

· Mengisi data diri sebagai pengusul

· Mengisi informasi yang berhubungan dengan orang yang akan diusulkan

· Terakhir, klik “Tambah usulan”

3. Cara Mudah Mengecek Dana Bansos

Anda juga dapat menggunakannya untuk mengecek bantuan PKH maupun BPNT. Cara untuk mengeceknya sangat mudah. Anda ikuti caranya pada ulasan di bawah ini.

· Buka terlebih dahulu aplikasinya

· Klik menu cek bansos

· Melakukan pengisian data

· Klik cek data

· Pilih data yang ingin dicari untuk menampilkan informasi tentang penerima dana

 

Apa Saja Keunggulan Aplikasi Cek Bansos?

Aplikasi ini memiliki banyak keunggulan sehingga mempermudah para pengguna untuk mengoperasikannya. Anda tidak harus ribet mengurus pendaftaran bantuan sosial maupun pencairan dana.

Semua penerima bisa mendaftar sendiri hanya melalui aplikasi sehingga tidak perlu pergi ke kantor kelurahan. Dengan demikian, semua kegiatan menjadi lebih praktis dan efektif.

Hal ini karena semua proses dapat Anda lakukan di rumah, termasuk salah satunya mengisi data diri. Dengan demikian, bisa melakukan kapan saja ketika memiliki waktu luang.

Selain itu, layanan dan fitur yang ditawarkan sangat lengkap. Anda juga dapat membantu saudara atau tetangga yang layak dan masuk dalam kriteria untuk mendaftar sebagai penerima bansos.

Aplikasi cek bansos juga dilengkapi dengan fitur sanggahan. Fungsi fitur tersebut adalah untuk melaporkan langsung jika ditemukan penerima manfaat yang tidak sesuai dengan ketentuan Kementerian Sosial.

Anda tidak perlu khawatir karena data penerima tidak akan disebarluaskan. Identitas sema pelapor aman sehingga tidak perlu takut untuk melaporkan adanya kejanggalan yang terjadi pada aliran dana bansos.

Dalam hal ini pelapor harus bersikap objektif dan menyertakan data yang valid. Dengan demikian, nantinya tidak ada salah satu pihak yang merasa dirugikan.

Selain itu, juga tersedia menu profil. Apabila Anda menemukan informasi yang tidak benar atau kesalahan pengetikan, maka dapat menggantinya sendiri. Lalu, tidak perlu menunggu lama untuk memperbaruinya.

 

Kehadiran aplikasi tersebut memberi kemudahan dalam mendaftarkan penerima bantuan. Selain itu, Anda juga lebih mudah mengecek pencairan dana bantuan. Oleh karena itu, Anda harus segera mengunduh aplikasi cek bansos.