Alushta, Russia - December 3, 2014: Woman holding a iPhone 6 Space Gray with service PayPal on the screen. iPhone 6 was created and developed by the Apple inc.

Daftar Aplikasi yang Diblokir Kominfo 2022, Simak di Sini

Aplikasi yang diblokir kominfo adalah daftar platform, yang sudah dilarang akses di Indonesia. Seperti yang sudah diketahui bahwa Kominfo merupakan Kementerian dan bertanggung jawab terhadap layanan telekomunikasi, informasi dan media.

Maka dari itu dalam hal ini Kominfo memiliki wewenang untuk melakukan pemblokiran pada layanan, yang tidak patuh pada aturan. Seperti pada daftar apk di bawah ini yang diblokir karena tidak patuh pada PSE dalam hal ruang lingkup ranah privat.

Sehingga bagi Anda yang akrab dengan beberapa apk di bawah ini pastinya akan memiliki kendala saat masuk. Bisa jadi pengguna tidak bisa mengakses apk tersebut seperti biasanya. Sehingga tentu saja hal ini menjadi informasi penting untuk diperhatikan.

Daftar Aplikasi yang Diblokir Kominfo Terbaru Tahun 2022

Pada tahun 2022 Kominfo telah memblokir sejumlah situs maupun apk terbukti tidak patuh pada peraturan. Hal ini dalam hal pendaftaran pada penyelenggara sistem elektronik sebagai syarat beroperasi di Indonesia.

Maka dari itu penting bagi anda untuk mengetahui daftar aplikasi yang diblokir Kominfo. Hal ini akan membantu pengguna dalam mengetahui ada tidaknya platform favorit Anda dalam daftar tersebut. Berikut ini merupakan data lengkapnya:

1. Dana Ringan

Dana Ringan adalah salah satu apk transaksi keuangan digital dan banyak digunakan oleh masyarakat. pada dasarnya layanan ini akan dipakai oleh masyarakat untuk mendapatkan pinjaman secara online tanpa adanya sistem agunan.

Alasan pemblokiran adalah karena pihak apk belum melakukan daftar ulang sesuai dengan peraturan Kominfo. Sehingga hal ini membuat pemerintah mencabut izin aksesnya. Sehingga aplikasi tersebut tidak bisa dibuka oleh pengguna.

2. Rupiah Emas

Aplikasi yang diblokir Kominfo berikutnya Rupiah Emas dan menjadi tempat pengguna dapat melakukan transaksi jual beli emas secara mudah. Disini pengguna dapat menukar rupiahnya menjadi emas atau melakukan gadai emas secara online.

Pastinya sudah banyak orang mengetahui bahwa emas termasuk salah satu produk investasi menguntungkan dengan harga bersaing. Tentu ketika produk tersebut bisa diperoleh dengan mudah secara online banyak sekali minat dari masyarakat.

Meski demikian kabar buruknya adalah apk ini telah dicabut izin beroperasinya. Hal ini dikarenakan Rupiah Emas belum melakukan pendaftaran PSE sesuai dengan batas waktu yang ada. Selain itu apk ini juga tidak terdaftar pada BAPPEBTI.

3. Pinjam Dana

Pada urutan ketiga terdapat apk Pinjam Dana sebagai salah satu platform keuangan digital di sektor peminjaman. Pinjam dana termasuk apk yang terkena blocking access karena tidak melakukan registrasi ulang.

Selain itu aset data digital dari layanan ini sudah tidak ada atau hilang. Sehingga bisa disimpulkan bahwa Pinjam Dana sudah tidak beroperasi lagi.

4. Kredit Kilat

Aplikasi yang diblokir Kominfo selanjutnya adalah Kredit Kilat. Layanan ini secara resmi telah dicabut aksesnya sejak tanggal 20 Juli Tahun 2022. Selain itu tidak melakukan pendaftaran ulang pada Kominfo, pihaknya juga tidak terdaftar pada OJK.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa Kredit Kilat termasuk platform pinjaman online secara ilegal. Hal ini membuktikan bahwa untuk kedepannya Kredit Kilat tentu tidak akan dibuka kembali.

5. Dana Rakyat Pro

Terakhir adalah apk bernama Dana Rakyat Pro karena tidak melakukan pendaftaran ulang di tahun 2022. Meskipun sudah melakukan pendaftaran PSE di tahun 2021, namun karena tidak daftar ulang maka secara tegas aksesnya sudah dicabut.

Selain itu fakta yang ada menyebutkan bahwa Dana Rakyat Pro termasuk layanan investasi ilegal. Sehingga Dana Rakyat Pro masuk ke dalam daftar hitam OJK. Maka dari itu semua aktivitas pada platform tersebut secara menyeluruh dihentikan.

Banyaknya apk yang disebutkan diatas membuat Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan layanan aplikasi. Informasi seputar aplikasi yang diblokir Kominfo ini tentunya membantu Anda dalam mendapatkan berita terbarunya.