Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi bisa menjadi informasi penting bagi para pengguna. BPJS Ketenagakerjaan memang menyediakan aplikasi yang bisa membantu para pengguna untuk mendapatkan berbagai macam informasi.

Namun tidak sedikit orang yang enggan menggunakan aplikasi tersebut. Ada berbagai macam alasan kenapa banyak orang yang tidak tertarik untuk menggunakan aplikasi Ketenagakerjaan BPJS, salah satunya karena perangkat yang kurang mendukung.

Padahal melalui aplikasi tersebut Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi penting terkait pelayanan BPJS Ketenagakerjaan dan Saldo. Di bawah ini adalah penjelasan lebih lanjutnya.

Ketahui Tentang Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Tidak perlu merasa khawatir sebab cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tidak bisa dilakukan melalui website sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui berapa jaminan sosial yang sudah didapatkan.

Di Indonesia para pengguna BPJS Ketenagakerjaan sudah cukup banyak dan ada layanan cek saldo yang bisa dilakukan oleh para pengguna. Dengan kecanggihan teknologi yang semakin terdepan saat ini sudah bisa melakukan cek saldo melalui smartphone ataupun melalui Browser.

Proses cek aja secara online tentu memudahkan para pengguna BPJS Ketenagakerjaan. Tidak banyak yang mengetahui bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi. Jika bisa mengetahui berapa saldo yang sudah Anda dapatkan melalui BPJS Ketenagakerjaan mungkin dapat digunakan untuk hari tua.

Pasal 14 menurut undang-undang nomor 24 tahun 2021 di mana BPJS bisa menjadi penyelenggara jaminan sosial. Hal tersebut membuat BPJS Ketenagakerjaan memiliki kewajiban untuk memberikan jaminan sosial pada masyarakat Indonesia.

Masyarakat dapat menikmati jaminan sosial tersebut melalui BPJS ketenagakerjaan yang memberi jaminan kerja. Jaminan tersebut juga bisa diklaim dengan beberapa kategori misalnya seperti jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan pensiun dan jaminan kehilangan pekerjaan.

Jadi bagi karyawan yang sudah pensiun tentu bisa mencairkan atau mengklaim saldo jaminan hari tua. Masyarakat juga bisa memilih iuran yang dibayarkan sesuai dengan jenis peserta.

Inilah Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Aplikasi

Ada 4 jenis kepesertaan di BPJS ketenagakerjaan yang harus Anda ketahui, seperti penerima upah bukan penerima upah, jasa konstruksi, serta pekerja migran Indonesia. Maka dari itu, simak di bawah ini.

Bagi Anda yang sudah merasa penasaran Bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi, maka Berikut ini beberapa langkah yang bisa diikuti.

  1. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui website resmi.
  2. Langkah pertama silahkan Anda membuka browser di Smartphone terlebih dahulu
  3. Setelah Itu silahkan ketik website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  4. Akan muncul opsi layanan informasi kepesertaan dan cek saldo jht BPJamsostek
  5. Para pengguna bisa memasukkan email serta password yang telah dibuat sebelumnya sebagai akun di BPJS Ketenagakerjaan.
  6. Jika belum memiliki akun tersebut maka harus membuat atau mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi BPJS Ketenagakerjaan maupun website BPJS Ketenagakerjaan.
  7. Selanjutnya cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasibisa dengan mengonfirmasi “saya bukan robot”
  8. Kemudian Anda bisa memilih login
  9. Anda juga bisa cek informasi cek saldo BPJS Ketenagakerjaan pada website tersebut
  10. Dengan begitu Anda sudah bisa mengetahui berapa saldo BPJS ketenagakerjaan yang sudah didapatkan

Melalui beberapa langkah tersebut Anda sudah bisa mengetahui berapa saldo BPJS Ketenagakerjaan dari website. Saldo tersebut hanya bisa dicairkan jika sesuai dengan program yang telah diterapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Ada banyak keuntungan menggunakan BPJS Ketenagakerjaan dengan berbagai macam layanan dan program yang memudahkan para karyawan di Indonesia. Silakan mencoba cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi untuk mengetahui hasil yang sudah didapatkan.