9 Fitur Aplikasi Keluarga Sehat yang Wajib Anda Ketahui!

Aplikasi keluarga sehat memberikan banyak kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, mempermudah para surveyor kesehatan untuk menjalankan tugasnya mengumpulkan data seluruh masyarakat.

Aplikasi tersebut berskala nasional dan telah terintegrasi dengan NIK dan nomor pada kartu keluarga. Hal ini membuat petugas lebih mudah untuk melakukan proses pendataan.

Anda juga bisa mengaksesnya dengan mudah baik melalui website https://keluargasehat.kemkes.go.id/ maupun mengunduh terlebih dahulu di play store. Dengan demikian, bisa menikmati berbagai macam fitur menarik.

Penggunaan aplikasi bisa lebih maksimal jika dikelola dengan baik. Salah satunya dengan membentuk organisasi yang bertugas mengelola di setiap daerah. Adapun anggotanya adalah admin puskesmas, supervisor, kepala puskesmas dan surveyor.

 

Mengenal Berbagai Fitur di Aplikasi Keluarga Sehat

Apabila Anda memilih menggunakan versi aplikasi, maka cara mengoperasikannya lebih mudah. Lalu, fitur yang terdapat di dalamnya antara lain adalah sebagai berikut.

1. Fitur Tahun Aktif

Fitur ini dibuat khusus bagi admin pusat. Admin pusat bisa menentukan periode tahun aktif untuk melaporkan data survei. Dengan demikian, surveyor hanya bisa memasukkan data di tahun aktif saja.

2. Monitoring Wilayah

Salah satu fungsinya adalah untuk melakukan monitoring terhadap pencapaian kerja dari surveyor maupun puskesmas. Caranya yaitu dengan membandingkan angka sesuai target dengan angka dari data keluarga yang sudah terealisasi.

3. Fitur Rukun Warga

Aplikasi keluarga sehat ini bermanfaat untuk mendaftarkan RT maupun RW sesuai wilayah kerjanya, yaitu setiap desa. Orang yang boleh mengakses hanya admin dari PKM saja.

4. Target Surveyor

Admin puskesmas bisa memutuskan target kerja dari para surveyor. Tujuan dibuatnya target tersebut adalah agar mempercepat proses pendataan di suatu daerah.

Dengan demikian, para surveyor bisa lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap kelengkapan data dari keluarga yang menjadi tanggung jawabnya. Adapun yang boleh mengaksesnya hanya petugas admin Puskesmas.

5. IKS Puskesmas

Aplikasi keluarga sehat memiliki fitur bernama IKS (Indeks Keluarga Sehat) puskesmas. Di dalamnya berisi indeks keluarga sehat pada setiap wilayah. Indeksnya diperoleh berdasarkan indikator keluarga sehat yang masih berlaku.

Anda wajib mengetahui perbedaan tampilan pada versi website dan android. Pada versi android, Anda akan menjumpai 12 IKS regional di halaman dashboard. Lalu, ada status pendataan yang berlangsung secara berjenjang.

6. Fitur Crosstab

Fitur yang satu ini berfungsi untuk melakukan analisis data. Adapun cara untuk menganalisisnya yaitu dengan memanfaatkan raw data yang telah Anda download melalui akun milik admin Puskesmas.

Nantinya, data harus diolah sendiri sebelum Anda unggah kembali. Setelah diupload, maka raw data bisa Anda manfaatkan untuk melakukan kustomisasi. Biasanya dalam bentuk crosstab dan disajikan menggunakan grafik dan tabulasi.

7. Fitur Sasaran Wilayah

Aplikasi keluarga sehat berfungsi menentukan banyak sedikitnya sasaran yang akan Anda data sesuai wilayah kerja puskesmas. Penentuan target tersebut berdasarkan jumlah keluarga sasaran yang ada di daerah kerja puskesmas.

8. Fitur Wilayah Kerja

Fitur tersebut khusus bagi admin puskesmas. Adapun fungsinya adalah memetakan wilayah kerja puskesmas. Hal ini bisa diketahui dengan mendaftarkan wilayah tersebut per kelurahan di satu kecamatan atau bisa lebih.

9. Transfer Wilayah Kerja

Admin pusat bisa melakukan pemindahan data keluarga dari puskesmas satu ke lainnya. Hal ini berlaku jika keluarga itu pindah domisili. Pekerjaan ini hanya bisa dilakukan oleh admin di pusat saja.

 

Banyak fitur menarik yang bisa Anda nikmati. Oleh karena itu, Anda wajib menginstal aplikasi keluarga sehat untuk bisa menikmati berbagai layanan yang tersedia.