Cara Mengatasi Memori Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi, Ampuh!

Memori internal penuh, ingin menghapus aplikasi tetapi penting semua? Eits, jangan risau karena ada cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi. Ada beberapa penyebab yang membuat memori menjadi penuh, penyebab itulah yang akan dihilangkan.

1. Menghapus File Sampah/Cache

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu menghapus cache. Cache adalah seperti sampah, file tidak berguna yang hanya menumpuk di memori. Jika cache sudah terlalu penuh, membuat kinerja menurun dan terkadang bisa merusak sistemnya. Simak dan ikuti step pembersihannya:

  • Masuklah terlebih dahulu ke file manager. Untuk mengecek penyimpanan memori berapa GB ataupun MB. Lalu mengecek keberadaan cache nya.
  • Lalu pilih dan klik menu opsi aplikasi. Itu berisi semua aplikasi yang sudah terdownload. Langkah berikutnya klik aplikasinya paling atas, akan tampak menu opsi Cache.
  • Setelah masuk ke aplikasi dan menemukan menu opsi Cache, kliklah tulisan “Bersihkan/Clear” untuk membuang cache nya.
  • Lakukan ke semua aplikasi. Hal ini sangat membantu banyak dalam pengurangan memori penuh.

2. Menyimpan Data File pada Layanan Cloud

Cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi selanjutnya adalah dengan menyimpan segala file datanya pada sebuah layanan Cloud. Layanan ini adalah bawaan pabrik yang sengaja disediakan untuk penyimpanan file teraman. Semua pengguna Android memilikinya.

3. Menghapus File Download pada Aplikasi YouTube

Terkadang secara tidak sadar, dan keasikan mendengar video di YouTube pasti download untuk ditonton nanti saat offline. Ketahuilah hal tersebut juga berdampak pada memori penuh. Karena video yang tersimpan tidak semata sekedar tersimpan pasti membutuhkan ruang memori untuk menyimpannya.

  • Hal pertama untuk menghapus file download video pada YouTube tentunya masuk ke aplikasi YouTube.
  • Lalu klik icon Saya atau Akun. Dan kliklah menu Video yang Didownload. Lalu pilih video yang ingin dihapus tersebut.
  • Jika sudah, klik icon titik tiga vertikal pada sebelah kanan video. Selanjutnya pilihlah Hapus Video. Kini video tersebut sudah terhapus.
  • Alangkah baiknya hapus video yang dirasa sudah dilihat dan durasinya besar. Karena semakin panjang durasi video, maka semakin besar ukuran untuk menyimpannya.

4. Memindahkan Semua File ke Laptop

Berikutnya cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi yang simpel adalah dengan memindahkan semua file tersebut ke laptop atau PC. Cara ini memang paling aman, efektif serta efisien.

Tetapi hal ini tentunya juga membuat memori laptop penuh, jangan khawatir karena memori pada laptop lebih besar. Simak dan ikuti langkahnya berikut ini:

  • Hal pertama tentunya menyiapkan kabel USB sebagai perantara untuk memindahkan file tersebut ke laptop.
  • Lalu jika sudah disiapkan. Sambungkan antara Smartphone ke Laptop.
  • Langkah berikutnya adalah buatlah folder baru di laptop agar tidak kesulitan mencari data filenya.
  • Selanjutnya adalah klik icon Smartphone nya. Dan pindahkanlah file dengan klik CTRL+X untuk memindahkan file secara keseluruhan.
  • Lalu masuk ke folder yang sudah dibuat dan klik CTRL+V.
  • Tunggulah prosesnya hingga semua file pindah seluruhnya dan memori pada Smartphone menjadi bersih.

5. Pecinta Musik, Gunakan Aplikasi Online Mendengarkan Musik

Semakin canggih teknologi semakin berkembang pula aplikasi dengan inovasi menarik. Salah satunya pendengar musik. Banyak kalangan yang menyukai musik maka dari itu dikembangkan aplikasi khusus mendengarkan segala genre musik.

Download lah aplikasi yang sudah tersedia di Play Store ataupun Google Play. Pilihlah aplikasi musik yang sesuai kenyamanan dan kebutuhan masing-masing. Ini tentunya aman tanpa memenuhi memori karena ukuran aplikasinya yang kecil. Ukuran kecil tetapi memuat semua genre musik.

Demikian, itulah tadi cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi yang pastinya ampuh. Setelah mengetahui cara mengosongkan memori yang penuh, kini kinerja Smartphone sudah kembali prima tanpa terjadinya lag.