Aplikasi UC Mini, Apa Bedanya dengan UC Browser?

Untuk mendapatkan berbagai informasi secara cepat, Anda dapat menggunakan browser, di mana salah satu yang populer adalah aplikasi UC Mini. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengakses banyak informasi serta hiburan.

Namun beberapa orang mungkin bingung karena namanya cukup familiar dan mirip dengan aplikasi UC Browser. Dengan logo yang persis, tentu Anda akan bertanya-tanya.

Lalu, apakah beda keduanya dan mana yang lebih baik dipilih? Simak penjelasan mengenai perbedaan keduanya melalui penjelasan yang kami rangkum di bawah ini!

Perbedaan Aplikasi UC Mini dengan Aplikasi UC Browser

Beberapa perbedaan kedua aplikasi yang sama-sama menyandang nama UC ini antara lain:

1. Ukuran

Ukuran keduanya cukup jauh berbeda. Di mana pada aplikasi UC Mini, ukurannya lebih kecil yaitu sekitar 45 MB setelah pertama kali diunduh dari Play Store. Sedangkan UC Browser saat pertama kali diunduh ukurannya adalah sekitar 64 MB.

Sesuai namanya yang mini, ukurannya tentu lebih kecil daripada versi Browser. Dengan perbedaan ukuran yang lumayan, Anda dapat memilih aplikasi yang cocok dan masih bisa tertampung pada ruang penyimpanan perangkat.

2. Perizinan

Pada versi Browser, ada banyak perizinan yang harus diikuti ketika akan menggunakannya untuk pertama kali. Sementara aplikasi UC Mini, memiliki perizinan lebih sedikit agar bisa digunakan untuk menjelajah berbagai hal di internet.

Bagi beberapa orang, perizinan yang panjang dan banyak terasa merepotkan dan mengganggu, sehingga perizinan dari versi mini lebih cocok karena tidak banyak.

3. Game

Adanya fitur game pada sebuah browser tentu hal yang menguntungkan bagi penggemar permainan, karena tidak perlu melakukan instalasi lagi. Hal ini bisa Anda dapatkan jika menginstal UC Browser. Ada banyak game yang bisa dimainkan tanpa harus mengunduh lagi.

Sedangkan pada aplikasi UC Mini, fitur game ini belum ada. Hal ini salah satu tujuannya adalah untuk dapat membuat ukurannya tetap kecil.

4. QR Code

Saat ini fitur QR Code sudah banyak digunakan untuk membantu berbagai aktivitas. Jika menggunakan versi Browser, maka fitur QR Code sudah tersedia dan bisa digunakan dengan mudah.

Sementara pada aplikasi UC Mini, fitur tersebut masih belum ada. Jika membutuhkan fitur ini, sebaiknya menggunakan versi Browser saja.

5. User Interface

Versi Browser memiliki tampilan lebih lengkap dengan berbagai fitur atau tools yang mudah dilihat pada layar berandanya, sehingga untuk menggunakan fitur tersebut jauh lebih mudah karena tinggal klik saja.

Sedangkan aplikasi UC Mini tampilannya jauh sederhana dan hanya menampilkan fitur-fitur penting saja. Jika menyukai kesederhanaan pada tampilan sebuah browser, maka versi mini merupakan pilihan yang pas.

6. Ad Block

Pada versi Browser, terdapat fitur Ad Block yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna karena tidak ingin terhindar oleh iklan-iklan ketika berselancar. Jika melakukan penjelajahan internet, maka Ad block secara otomatis akan aktif.

Sementara pada versi mini, Ad Block tidak aktif secara otomatis. Anda harus mengaktifkannya secara manual terlebih dahulu agar dapat terhindar dari gangguan virus, iklan, serta ancaman lainnya.

7. UC Center

UC Center adalah fitur pada versi Browser yang dapat membuat semua fitur dan aplikasi-aplikasi lainnya bisa tampil pada satu layar sehingga lebih mudah diakses.

Sedangkan pada versi Mini, Anda tidak akan menemukan fitur ini, melainkan versi sederhana saja.

Dengan semua perbedaan aplikasi UC Mini dan versi Browser di atas, Anda dapat menentukan mana yang akan diunduh karena bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.