Cara Scan Barcode Maps di Undangan Tanpa Aplikasi

Cara scan barcode maps di undangan saat ini bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi tambahan. Barcode atau kode QR yang berisikan lokasi maps telah banyak dijumpai, terutama pada undangan pernikahan.

Bahkan banyak orang menggunakan metode barcode untuk jenis undangan resmi lainnya. Orang-orang memilih menampilkan barcode maps untuk menunjukkan lokasi acara secara lebih akurat dan detail dibandingkan denah lokasi.

Metode ini juga lebih membantu dibandingkan cara lama menggunakan denah lokasi. Tamu penerima undangan akan dipandu sampai lokasi tujuan dengan lebih mudah karena alamat telah tersemat di maps.

Sayangnya, banyak orang masih belum bisa menggunakan cara scan barcode maps di undangan. Beberapa orang masih bingung bagaimana cara untuk melakukan scan barcode dengan mudah sehingga bisa menunjukkan lokasi maps.

Jika Anda baru pertama kali mendapatkan kartu undangan dengan kode QR, tidak perlu khawatir apabila belum tau cara scan. Berikut cara melakukan scan kode QR untuk menunjukkan alamat acara.

Alternatif Cara Scan Barcode Maps di Undangan Tanpa Aplikasi dan Lebih Efisien

Terdapat beberapa alternatif yang bisa Anda lakukan untuk melakukan scan kode QR. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan website atau situs scan barcode melalui browser bawaan smartphone.

Saat ini banyak developer membuat website untuk membantu Anda melakukan scan tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Berikut ini salah satu website dan cara menggunakannya untuk scan kode QR.

1. Membuka Situs webqr.com

Situs webqr.com merupakan salah satu alternatif terbaik untuk memindai barcode. Website ini terkenal mudah digunakan bahkan oleh para pemula, sehingga dapat menjadi pilihan bagus bagi masyarakat awam.

Kelebihan dari situs ini tidak lain adalah kemampuannya dalam memindai kode dalam bentuk fisik maupun digital. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengunjungi situs tersebut pada link https://webqr.com/.

2. Pilih Ikon Kamera untuk Format Digital

Saat memasuki halaman situs, Anda akan dihadapkan dengan tampilan QR Code Scanner. Pada halaman tersebut, Anda akan menemukan ikon kamera pada bagian sisi kanan yang digunakan saat akan memilih file.

Tahap ini digunakan untuk memindai kode dalam format digital. Anda bisa menekan ikon dan memilih tombol Choose File, kemudian upload gambar dari kode yang ingin dipindai melalui situs webqr.com.

Setelah file berhasil terupload, maka situs akan memproses pemindaian. Kemudian, setelah menunggu beberapa saat, hasil QR Code akan otomatis dibagikan pada bagian bawah di dalam kolom hasil.

Cara scan barcode maps di undangan akan membantu Anda mendapatkan link dari lokasi acara yang diselenggarakan. Anda bisa langsung menekan link untuk diarahkan pada maps sehingga bisa segera memulai perjalanan.

Jika terdapat masalah dengan hasil scan, maka Anda bisa melakukan blok pada link. Setelah itu, copy link tersebut kemudian paste pada tab baru di browser untuk menunjukkan halaman yang diinginkan.

3. Pilih Ikon Video untuk Format Fisik

Saat mengunjungi website, Anda juga akan menemukan ikon video pada bagian kiri. Tahap ini bisa digunakan untuk melakukan scan pada kode QR dalam bentuk fisik seperti dalam undangan berbentuk hardfile.

Cara scan barcode maps di undangan kurang lebih sama dengan tahap kedua. Anda perlu menekan ikon video kemudian menyetujui website untuk menggunakan kamera pada smartphone agar bisa melakukan pemindaian.

Setelah website mendapatkan izin, Anda akan diarahkan pada kamera untuk melakukan scan. Arahkan kamera pada QR Code kemudian tunggu hingga proses pemindaian selesai dilakukan oleh webqr.com.

Berikutnya, hasil dari scan akan muncul pada bagian kolom bawah halaman website. Anda bisa melakukan cara yang sama untuk melihat lokasi seperti pada tahap kedua yaitu dengan klik link lokasi.

Dengan memanfaatkan website scan seperti webqr.com, Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi tambahan. Cara scan barcode maps di undangan melalui website tentu lebih efektif dan efisien untuk dilakukan.