Pentingnya Download Aplikasi Vaksin Peduli Lindungi

Setelah program vaksinasi gencar dijalankan oleh pemerintah, aplikasi vaksin Peduli Lindungi mulai diberlakukan di berbagai tempat. Hal itu bertujuan untuk memastikan bahwa seseorang telah menjalani vaksinasi secara lengkap.

Dengan adanya pemberlakuan aplikasi Peduli Lindungi, diharapkan tidak ada lagi penularan virus COVID 19 di Indonesia. Dengan begitu, Indonesia bisa segera terbebas dari pandemi COVID 19 yang sudah 2 tahun ini lebih melanda.

Nantinya, Masyarakat akan diminta untuk menunjukkan aplikasi Peduli lindungi miliknya setiap kali ingin memasuki lokasi tertentu. Untuk mengetahui apa saja manfaat dari aplikasi ini, silakan simak pembahasan berikut.

Kegunaan Aplikasi Vaksin Peduli Lindungi

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, seseorang harus sudah menjalani vaksinasi jika ingin berkunjung ke tempat-tempat umum. Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari aplikasi Peduli Lindungi yang perlu Anda tahu:

1. Menjalani Penerbangan atau Memasuki Bandara

Saat ingin menjalani jadwal penerbangan ke luar kota, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah sudah melakukan vaksinasi. Hal itu bisa dibuktikan dengan menunjukkan aplikasi vaksin Peduli Lindungi kepada petugas.

Jika seseorang telah menjalani vaksinasi secara lengkap, maka status di dalam aplikasi akan berwarna hijau dan orang tersebut bisa masuk ke lokasi bersangkutan. Jika vaksinasi belum lengkap, maka statusnya akan berwarna merah.

Bagi Anda yang hanya ingin mengantar saudara, teman atau keluarga ke bandara, Anda juga tetap diwajibkan melakukan vaksinasi. Saat ini, syarat vaksinasi yang diberlakukan adalah vaksinasi booster atau 3 kali vaksinasi.

2. Menggunakan Kereta Api

Selain pesawat terbang, moda transportasi kereta api juga mewajibkan penumpangnya untuk menjalani vaksinasi booster terlebih dahulu. Aturan ini berlaku sejak aplikasi vaksin Peduli Lindungi pertama kali diluncurkan.

Untuk itu, jika Anda hendak melakukan perjalanan menggunakan kereta api keluar kota sebaiknya sudah melakukan vaksinasi booster dan mengunduh aplikasi tersebut ke HP. Dengan begitu, perjalanan akan lancar sampai tujuan.

Kebijakan ini akan terus berlaku sampai ada himbauan khusus dari pemerintah terkait pandemi COVID 19. Jika tidak mampu menunjukkan bukti vaksinasi booster, masyarakat tidak akan bisa menggunakan fasilitas tersebut.

3. Memasuki Tempat Wisata

Meski tidak semua tempat wisata mewajibkan vaksin booster, tetapi pengunjung tetap diharuskan menjalani vaksinasi sebanyak 2 kali. Hal itu bisa ditunjukkan dengan kartu vaksin cetakan atau aplikasi vaksin untuk lebih praktisnya.

Sejauh ini, kebijakan ini memang sangat mengikat sehingga siapapun harus mematuhinya. Jika orang yang bersangkutan tidak bisa menunjukkan bukti vaksinasi, maka orang tersebut tidak akan diizinkan untuk masuk tempat wisata.

Pembukaan tempat wisata sendiri sudah dilakukan secara bertahap setelah kasus COVID 19 berangsur membaik. Jika tidak ada lagi kasus baru ditemukan, maka penggunaan aplikasi Peduli Lindungi tidak lagi diperlukan.

Cara Scan Barcode di Aplikasi Vaksin Peduli Lindungi

Jika Anda diminta untuk menunjukkan bukti vaksinasi kepada petugas menggunakan aplikasi Peduli Lindungi, maka Anda hanya perlu melakukan scan barcode saja. Adapun cara melakukan scan barcode adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka aplikasi vaksinPeduli Lindungi di HP Anda.
  2. Jika sudah, silakan login ke akun milik Anda.
  3. Pada halaman utama aplikasi, silakan pilih menu Akun.
  4. Kemudian pilih opsi Scan QR Code.
  5. Jika sudah masuk ke mode kamera (scanner), langsung saja arahkan ke QR Code yang ada di lokasi. Secara otomatis, status vaksinasi Anda akan keluar, yaitu berwarna hijau (sudah vaksin booster) atau merah (belum vaksin booster).
  6. Selanjutnya, tunjukkan status tersebut kepada petugas.

Meski pandemi COVID-19 sudah jauh berkurang dibanding tahun-tahun sebelumnya, tetapi pelaksanaan protokol kesehatan masih terus diterapkan hingga saat ini. Pastikan Anda memiliki aplikasi vaksin Peduli Lindungi demi kelancaran Anda di kawasan umum.