5 Aplikasi Penunjuk Arah yang Bisa Dijadikan Alternatif Pilihan

Dengan adanya aplikasi penunjuk arah memudahkan pengguna yang ingin mengakses alamat tertentu tapi tidak tahu rutenya. Jadi, aplikasi nantinya akan membantu mencarikan rute menuju lokasi tujuan.

Tidak bisa dipungkiri di era digital seperti sekarang terasa kurang bila ponsel yang dimiliki tidak dipasangi aplikasi GPS. Bukan hanya membantu sebelum bepergian tapi juga saat dalam perjalanan.

Sebagai antisipasi ketika ditengah perjalanan tidak tahu arah jalan menuju lokasi tujuan. Salah satu software yang banyak digunakan untuk menunjukkan arah adalah Google Maps. Tapi sebenarnya ada aplikasi lainnya yang bisa dijadikan alternatif pilihan, diantaranya sebagai berikut.

5 Aplikasi Penunjuk Arah yang Bisa Dijadikan Alternatif Pilihan

Bila Anda tertarik untuk memasang software yang bisa membantu menunjukkan arah, ada banyak opsi dapat dijadikan alternatif pilihan. Masing-masing mempunyai beragam fitur yang diunggulkan. Inilah 5 aplikasi yang bisa Anda jadikan pertimbangan:

1. Google Maps

Aplikasi penunjuk arah pertama yang populer dan banyak digunakan adalah Google Maps. Sangat mudah bagi pengguna ponsel mengakses aplikasi milik Google satu ini karena biasanya sudah menjadi perangkat lunak bawaan Android.

Fitur Maps ada beragam, mulai dari pemandu arah, navigasi hingga peta offline yang akan memudahkan perjalanan. Menariknya, tanpa melihat peta pada layar, pengguna bisa mengikuti petunjuk melalui fitur pesan suara tersedia.

Lebih dari 220 negara menggunakan Maps ini. Salah satu kekurangannya, ada situasi tertentu di mana Maps memberikan petunjuk rute yang jaraknya lebih jauh. Ketika hal ini terjadi menjadi kurang efisien waktu, padahal bisa lebih cepat sampai lokasi tujuan.

2. Waze

Selain Maps, Anda bisa mencoba Waze Navigation & Live Traffic. Mengenai fitur yang tersedia sebenarnya hampir sama saja. Pembedanya terletak pada tampilan dan adanya fitur saling terhubung dengan teman sesama pemakai aplikasi.

Aplikasi penunjuk arah Waze akan memberikan tampilan berubah saat penggunanya sedang berjalan. Tanpa harus melakukan recenter terlebih dahulu, bagian penunjuk arah sudah otomatis menyesuaikan dengan arah kendaraan.

Titik lokasinya termasuk kategori cukup lengkap serta tersinkron dengan Google. Dari segi tampilan interfacenya sederhana. Jadi, ketika Maps bawaan perangkat sedang mengalami kendala pengaksesan, Waze bisa menjadi salah satu alternatif lain sebagai penunjuk arah.

3. HERE WeGo

Software lainnya ada HERE WeGo: Maps & Navigation. Pada awalnya, perangkat lunak satu ini dibuat untuk mendukung pemakai Windows Phone. Tapi sekarang ini sudah tersedia untuk pengguna ponsel Android.

Mengenai fungsi, sama seperti aplikasi sejenis lainnya yaitu sebagai pembantu menemukan tempat tujuan. Untuk mencari titik tujuan, pengguna hanya perlu menginputkannya ke dalam kolom pencarian tersedia.

4. Sygic

Sygic GPS Navigation & Maps merupakan aplikasi penunjuk arah yang memberikan fitur peta offline. Tapi dibandingkan software lain, bisa dikatakan Sygic termasuk membutuhkan kapasitas memori cukup besar.

Tidak heran karena sebanding dengan banyaknya fitur tersedia. Menariknya, ada dua jenis tampilan peta bisa dipilih, yaitu satelit dan default. Beberapa fitur selain GPS tersedia ada Travel Book, SmartCam, Android Auto, EV Mode dan lain-lain.

Hal menarik lainnya dari Sygic yaitu bisa terhubung dengan mobil melalui MirrorLink. Cara pemakaiannya sangat mudah, Anda hanya perlu menyambungkan ponsel dengan monitor mobil.

5. MapFactor

MapFaktor Navigator adalah aplikasi GPS terakhir bisa dijadikan alternatif pilihan. Dari segi fitur hampir sama saja dengan software penunjuk arah lain. Bedanya, MapFactor menyediakan fitur pengaturan warna rute peta yang bisa disesuaikan keinginan.

Ingin memilih perangkat lunak mana, menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Sebab, kenyaman setiap orang terhadap penggunaan software memang cenderung berbeda-beda.   Tapi pastikan untuk memilih aplikasi penunjuk arah yang support dengan spesifikasi ponsel Anda.