Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Macbook dan Windows

Cara uninstall aplikasi di laptop tidak membutuhkan keahlian khusus. Uninstall aplikasi menjadi salah satu alternatif terbaik untuk mengatasi laptop yang sedang lemot.

Siapa saja pasti tidak nyaman ketika harus bekerja menggunakan laptop lemot. Hal ini karena dapat menghambat pekerjaan sehingga akan selesai dalam waktu lama.

Dengan demikian, produktivitas kerja akan menurun sehingga tidak bisa mencapai target yang telah ditetapkan. Setiap orang tentu tidak ingin menghadapi situasi seperti itu.

Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasinya dengan melakukan uninstall aplikasi. Dengan demikian, laptop bisa kembali normal dan pekerjaan bisa segera diselesaikan tepat waktu.

 

3 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows

Berikut ini merupakan beberapa cara mudah untuk melakukan uninstall aplikasi pada laptop windows. Anda harus menyimak sampai akhir langkah-langkahnya agar bisa mempraktekkan sendiri.

1. Lewat Settings

Ada banyak pilihan cara yang dapat Anda terapkan untuk mendukung proses uninstall. Salah satunya menggunakan menu settings. Caranya akan dikupas lengkap berikut ini.

· Klik start, pilih settings

· Pilih Apps & feature

· Cari kemudian klik pada nama aplikasinya

· Pilih uninstall dan nanti akan muncul pop-up konfirmasi

2. Melalui Control Panel

Cara uninstall aplikasi di laptop selanjutnya adalah lewat control panel. Anda ikuti setiap langkahnya dengan benar agar prosesnya bisa berjalan lancar dan berhasil.

· Klik start, lalu pilih windows system

· Silahkan scroll untuk mencari control panel

· Klik menu tersebut dan pilih programs and features

· Carilah nama aplikasinya

· Klik kanan atau klik 2 kali pada aplikasi itu, lalu pilihlah uninstall. Nanti akan muncul pop-up konfirmasi

3. Melalui Start Menu

Anda dapat memanfaatkan start menu. Cara ini paling praktis dibandingkan lainnya karena Anda tidak harus membuka program yang lainnya. Berikut ini merupakan langkah-langkahnya.

· Klik ikon windows atau start di taskbar

· Pilih salah satu jenis aplikasi untuk dihapus

· Klik kanan, lalu pilih uninstall. Perlu diperhatikan, tidak semua bisa Anda hapus lewat start menu ini. Jika bisa dihapus, maka akan muncul pop-up konfirmasi.

 

Intip Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Macbook

Bagi pengguna MacBook, Anda juga dapat menghapus aplikasi dengan mudah. Anda bisa memakai launchpad maupun finder. Cara pertama Anda bisa memanfaatkan launchpad.

Launchpad bisa dibuka melalui folder application. Selain itu, manfaatkan shortcut F4 untuk membukanya. Setelah itu, tinggal menuliskan nama aplikasinya di fitur pencarian. Tekan aplikasi yang akan dihapus.

Lalu, klik tombol silang yang letaknya di samping aplikasinya. Terakhir silahkan Anda klik delete jika sudah tidak ragu untuk menghapusnya. Cara kedua yaitu menggunakan finder.

Cara uninstall aplikasi di laptop bisa dengan membuka terlebih dahulu finder. Selanjutnya, mengakses folder application. Langkah selanjutnya adalah scroll ke bawah untuk menemukan nama aplikasinya.

Tekan tombol perintah command sembari klik 2 kali di aplikasinya. Selanjutnya, Anda tarik ke trash atau sampah. Cara lain yang bisa dilakukan yaitu pilih file, kemudian klik move to trash.

Apabila Anda sudah yakin akan menghapusnya, maka langkah berikutnya berturut-turut adalah pilih finder kemudian empty trash. Cara lain yang lebih cepat dan praktis yaitu klik kanan pada ikon trashdi Dock.

Setelah itu, silahkan klik empty trash. Kedua cara tersebut sangat efektif membantu Anda untuk uninstall aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi. Dengan demikian, tidak memenuhi memori dan mencegah perangkat lemot.

 

Semua cara tersebut bisa dijadikan referensi ketika ingin uninstall aplikasi. Oleh karena itu, Anda wajib memahami bagaimana cara uninstall aplikasi di laptop agar tidak lemot dan bisa digunakan tanpa hambatan.