Alasan Kenapa Tidak Bisa Mendownload Aplikasi di Play Store dan Solusinya

Sebagian pengguna Android bertanya-tanya, kenapa tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store? Lalu, bagaimana cara mengatasinya supaya dapat diunduh? Bagi seseorang yang awam, akan merasa kesulitan mengatasi hal seperti ini.

Bahkan ada juga yang beranggapan bahwa ponselnya rusak dan harus beli baru. Padahal belum tentu hal tersebut terjadi karena ponsel mengalami kerusakan. Ada kemungkinan penyebabnya sepele dan dapat diatasi dengan mudah, hanya dengan beberapa langkah saja.

Jangan langsung panik ketik Anda mengalami kondisi seperti ini. Coba atasi dengan memahami terlebih dahulu apa sebenarnya penyebabnya. Beberapa penyebab yang kerap terjadi akan dibahas pada ulasan berikut.

Berbagai Alasan Kenapa Tidak Bisa Mendownload Aplikasi di Play Store Beserta Solusinya

Play Store merupakan salah satu aplikasi Android yang menyediakan berbagai perangkat lunak dengan beragam fungsi. Inilah berbagai alasan kenapa tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store beserta solusinya sebagai bahan referensi:

1. Koneksi Internet Buruk

Alasan pertama adalah koneksi internet sedang bermasalah atau buruk. Proses pengunduhan aplikasi melalui Play Store membutuhkan koneksi jaringan internet yang stabil.

Jadi, ketika jaringan internetnya dalam kondisi buruk, akan sangat berpengaruh terhadap proses download. Bukan hanya menghambat proses pengunduhan tapi bisa juga menyebabkan kegagalan.

Untuk mengatasi kondisi seperti ini, Anda hanya perlu mengecek koneksi internet. Barangkali memang koneksi internetnya ternyata terputus atau sedang bermasalah. Setelah memastikan jaringan internetnya stabil, coba lagi untuk melakukan pengunduhan.

2. Kapasitas Memori Penuh

Alasan kenapa tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store selanjutnya yaitu kapasitas memori ponsel sudah penuh. Ketika memori ponsel sudah penuh, aplikasi di Play Store tidak dapat diunduh.

Cara mengatasinya, hapus beberapa file atau software lain yang terpasang pada ponsel. Sebaiknya hapus yang sifatnya tidak terlalu penting. Minimal sejumlah kebutuhan memori untuk aplikasi yang ingin di download tersebut.

Atau bisa juga memindah file terlebih dahulu ke perangkat lain, seperti flashdisk, kartu memori atau sejenisnya. Jadi, Anda perlu mengecek ruang penyimpanan apakah masih cukup dipakai untuk mengunduh aplikasi atau tidak.

3. Cache Menumpuk

Alasan kenapa tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store lainnya yaitu cache atau file sampah ponsel menumpuk. Walaupun jumlah cache jumlahnya kecil, bila dibiarkan saja hingga menumpuk akan membebani memori ponsel.

Cara menghapus cache sangat mudah, diawali dengan membuka menu Settings atau Pengaturan. Kemudian pilih bagian App Management, klik App List, buka daftar aplikasi yang ingin dihapus file sampahnya.

Setelah itu, tekan Storage Usage dan klik Clear Cache. Tata cara penghapusan cache ini menyesuaikan dengan jenis ponsel. Bisa juga dengan menahan sebentar ikon aplikasi, lalu akan muncul beberapa opsi, pilih App Info, Storage Usage, diakhiri Clear Cache.

4. Permasalahan Terjadi pada Google Play Service

Alasan kenapa tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store terakhir yaitu adanya permasalahan pada Google Play Service. Cara mengatasinya, dengan menghapus cache atau data yang ada di Google Play Service.

Bila ternyata gagal, Anda dapat mencoba untuk menghapus Google Play Service, melakukan restart, lalu mengunduhnya ulang. Setelah itu, barulah coba untuk mendownload software di Play Store yang ingin dipasang.

Ada beberapa situasi di mana Anda tidak perlu melakukan keempat solusi di atas. Biasanya ponsel hanya perlu di restart saja, aplikasi yang sebelumnya gagal diunduh bisa berhasil teratasi. Tidak ada salahnya untuk mencoba tidak hanya satu metode cara mengatasi.

Terkadang penyebabnya memang tampak sepele, tapi ketika panik biasanya tidak ada pikiran untuk mengatasinya dengan beragam cara di atas. Jadi, pahami dengan baik alasan kenapa tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store supaya mampu mengatasinya.