Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang dengan Optimal, Tanpa ke Dokter!
Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang dengan Optimal, Tanpa ke Dokter!

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang dengan Optimal, Tanpa ke Dokter!

Sakit gigi berlubang atau yang sering disebut karies gigi adalah masalah kesehatan gigi yang umum terjadi di seluruh dunia. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Cara mengobati sakit gigi berlubang memerlukan perhatian khusus dan penanganan yang tepat untuk mencegah komplikasi yang lebih serius. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah sakit gigi berlubang dengan efektif dan aman. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter gigi profesional jika Anda mengalami masalah gigi yang serius.

Berbagai Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

  • Kumur dengan Air Garam

Cara mengobati sakit gigi berlubang bisa menggunakan air garam. Caranya, larutkan garam dengan air hangat. Lalu larutan tersebut digunakan untuk berkumur. Air garam dapat berfungsi sebagai antibakteri dan dapat membantu mengurangi pembengkakan serta rasa sakit.

Kantong Teh Peppermint

Cara mengobati sakit gigi berlubang selanjutnya adalah dengan menggunakan kantong teh peppermint. Cara pemakaiannya cukup dengan menempelkan kantong teh bekas yang masih hangat ke daerah yang terasa sakit selama beberapa menit. Kemudian, lakukan hal tersebut sampai rasa sakit pada gigi mulai berkurang.

  • Thyme

Cara mengobati sakit gigi berlubang bisa juga menggunakan thyme. Thyme memiliki kandungan yang disebut timol, yang memiliki sifat antibakteri serta antioksidan yang kuat. Caranya, teteskan minyak esensial thyme pada kapas, selanjutnya oles ke daerah yang sakit. Anda juga dapat meneteskan minyak thyme tersebut ke dalam segelas air lalu digunakan untuk berkumur.

  • Minyak Cengkeh

Cara mengobati sakit gigi berlubang bisa menggunakan minyak cengkeh. Ini karena cengkeh memiliki kandungan yang disebut eugenol, yang merupakan jenis antiseptik alami. Caranya, teteskan minyak cengkeh pada kapas yang bersih, lalu cukup tempelkan pada gigi dan gusi yang sakit. Minyak cengkeh sendiri bisa didapatkan dengan mudah dan dijual bebas di pasaran.

  • Cuka Apel

Cuka apel bisa membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Asam yang terkandung di cuka apel bisa mengendalikan bakteri dalam rongga mulut. Caranya cukup larutkan cuka apel ke dalam air dan gunakan untuk berkumur. Selain itu, cuka apel bisa juga diteteskan ke dalam gulungan kapas kecil dan tempelkan ke bagian yang sakit.

  • Lidah Buaya

Cara mengobati sakit gigi berlubang bisa juga dengan menggunakan lidah buaya. Gel yang ada pada lidah buaya ampuh untuk meredakan rasa sakit. Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada daerah yang sakit, lalu pijat dengan lembut.

  • Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antibiotik alami yang ampuh untuk membantu melawan infeksi. Kandungan senyawa allicin yang ada dalam bawang putih juga dapat akan mengurangi rasa nyeri di gigi. Caranya, siapkan satu siung bawang putih kupas, lalu potong jadi dua bagian. Selanjutnya, letakkan potongan bawang putih mentah tadi ke bagian gigi yang sakit. Anda juga bisa mengunyah langsung bawang putih tersebut selama beberapa menit.

  • Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki sifat antiradang yang bisa membantu sembuhkan luka. Daun jambu biji juga punya sifat antimikroba yang akan membantu melindungi kesehatan gigi serta mulut. Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan daun jambu biji adalah dengan mengunyah daun jambu biji segar yang sudah dicuci bersih. Apabila tidak bisa mengunyah daun jambu biji mentah, bisa menambahkan daun jambu biji yang dihaluskan ke dalam air mendidih. Kemudian, gunakan larutan tersebut untuk obat kumur.

  • Bawang Merah

Apabila tidak ada bawang putih, atau kurang suka aroma dari bawang putih, maka bawang merah bisa jadi alternatif cara mengobati gigi berlubang. Kandungan antimikroba serta antiseptik dalam bawang merah bisa menghilangkan rasa nyeri. Cara penggunaannya hampir sama dengan bawang putih, yaitu dengan dikunyah langsung atau dihaluskan dan tempel ke bagian yang sakit.

  • Daun Sirih

Cara mengobati sakit gigi berlubang bisa juga dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih merupakan resep tradisional sejak zaman nenek moyang yang terbukti ampuh sebagai cara menghilangkan sakit gigi. Daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga sebagai antiseptik alami. Anda bisa menggunakannya dengan cara mengunyah daun sirih atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur.

  • Asam Jawa

Asam Jawa juga merupakan salah satu bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai antiseptik alami. Cara mengobati gigi berlubang dengan asam Jawa adalah dengan menyangrai biji asam Jawa lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

  • Air Kelapa

Air kelapa juga berguna sebagai antiseptik alami. Dengan kata lain, air kelapa juga bisa digunakan sebagai cara mengobati gigi berlubang. Caranya air kelapa digunakan untuk berkumur setiap setelah gosok gigi.

  • Obat Pereda Rasa Sakit/Pain Killer

Obat yang dijual bebas, seperti acetaminophen, paracetamol, dan ibuprofen, dapat meredakan nyeri sementara untuk sakit gigi. Beberapa salep obat juga dapat membantu mengurangi nyeri sakit gigi. Gel dan salep mati rasa OTC yang mengandung bahan-bahan seperti benzokain dapat membuat area tersebut mati rasa.

  • Obat Kumur

Obat kumur juga dapat digunakan dalam cara mengobati gigi berlubang. Namun pilihlah obat kumur yang memiliki kandungan benzydamine HCl yang sangat berguna untuk meringankan peradangan dalam rongga mulut. Untuk mendapatkan obat ini bisa kamu dapatkan di apotek atau toko obat lainnya. Cara pakainya juga cukup mudah, yaitu dengan berkumur sebanyak 1½ sendok makan selama 60 detik, 2-3 kali sehari.

  • Kompres Dingin

Penggunaan kompres dingin juga bermanfaat dalam cara mengobati gigi berlubang. Kompres dingin tersebut akan menyempitkan pembuluh darah dan dapat memperlambat aliran darah yang menuju daerah yang sedang sakit. Caranya dengan mengambil beberapa bongkah es batu. Kemudian lilit es batu dengan kain bersih dan tahan di samping pipi minimal 20 menit.

  • Tambal dan Cabut Gigi

Sejumlah cara yang telah disebutkan sebelumnya memang sangat efektif untuk menghilangkan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Namun efeknya hanya sementara. Dengan kata lain, jika gigi berlubang tidak ditangani secara medis, makan rasa nyeri itu bisa datang lagi di kemudian hari. Cara mengobati sakit gigi berlubang tergantung dengan tingkat keparahannya. Jika gigi berlubang masih belum terlalu parah, dokter biasanya menyarankan untuk melakukan penambalan. Namun jika gigi berlubang sudah terlalu parah, maka pencabutan perlu dilakukan agar infeksi tidak menyebar. Rasa nyeri yang timbul di sekitar gigi berlubang ini sebenarnya akibat dari infeksi yang sudah menyebar hingga ke saraf gigi. Jadi cara mengobati gigi berlubang agar nyerinya bisa hilang secara permanen adalah dengan menambal atau mencabut gigi yang berlubang

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang

Berikut beberapa rekomendasi obat yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan sakit gigi berlubang:

  • Ponstan 500 mg 10 Tablet

Rekomendasi obat untuk sakit gigi berlubang pertama yang bisa kamu coba adalah Ponstan. Obat ini mengandung asam mefenamat yang bersifat analgesik, anti-inflamasi, serta antipiretik. Ponstan bisa meredakan berbagai nyeri ringan sampai sedang, termasuk sakit gigi. Namun, obat ini tergolong obat keras atau merah, sehingga penggunaannya harus atas anjuran dokter. Untuk dewasa dan anak-anak di atas usia 14 tahun, obat ini bisa diminum 3 kali sehari sebanyak 500 miligram sesudah makan. Kisaran harga Ponstan adalah Rp26.300 – Rp42.000 per strip.

  • Cooling 5 Plus Orange 15 ml

Cooling 5 Plus Orange merupakan obat semprot rongga mulut yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit misalnya pada saat sariawan, sakit gigi, radang gusi, dan sakit saat pertumbuhan gigi. Obat ini mengandung Benzocaine 3 mg, Phenol 5 mg dan cara menggunakannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyemprotkannya pada area yang sakit, bila perlu ulangi tiap 3-4 jam. Kisaran harganya yaitu Rp34.400 – Rp46.200 per botol.

  • Cataflam 50 mg 10 Tablet

Obat sakit gigi berlubang lainnya yang bisa kamu coba adalah Cataflam tablet. Ini adalah obat anti nyeri dengan kandungan Kalium Diklofenak atau Potassium Diclofenac. Kandungan tersebut merupakan golongan Obat Antiinflamasi Non Steroid (OAINS) yang memiliki aktifitas antiinflamasi atau antiradang dan antinyeri. Obat ini bisa kamu konsumsi untuk meredakan nyeri gigi dengan cepat. Namun, obat ini tergolong obat keras atau merah, sehingga penggunaannya harus atas anjuran dokter. Untuk dewasa dan anak-anak di atas 14 tahun, bisa mengonsumsi 25 mg atau 50 mg obat ini, 2 sampai 3 kali per hari. Kisaran harga Cataflam tablet adalah Rp68.400 – Rp85.100 per strip.

  • Sumagesic 600 mg 4 Tablet

Sumagesic tablet merupakan obat dengan kandungan Paracetamol 600 miligram. Obat ini dapat kamu konsumsi untuk meringankan rasa sakit pada sakit kepala, sakit gigi, serta menurunkan demam. Obat ini bisa kamu minum sebelum atau setelah makan. Untuk dewasa, minum 1 tablet, 3-4 kali sehari atau sesuai petunjuk dokter. Kisaran harga Sumagesic tablet adalah Rp2.000 – Rp3.200 per strip.

  • Profenal 10 Kaplet

Profenal mengandung ibuprofen 200 miligram dan paracetamol 350 miligram. Obat ini ampuh meredakan nyeri pada sakit gigi, sakit kepala, maupun nyeri otot. Sebaiknya konsumsi lah obat ini setelah makan. Untuk dewasa, 1 kaplet 3-4 kali per hari. Kisaran harga Profenal adalah Rp24.800 – Rp28.200 per strip.

Tips Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Terkadang, gigi berlubang bisa tumbuh begitu besar sehingga bakteri bisa masuk ke gusi, atau bahkan tulang di bawah gigi. Ini dapat menyebabkan rasa sakit yang intens dan tak henti-hentinya, serta infeksi serius. Kamu bisa cari tahu [Begini Proses Terjadinya Gigi Berlubang](link ke artikel tersebut) di artikel tersebut.

Berikut ini beberapa tips mengobati sakit gigi berlubang:

  • Kumur air garam

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan di rumah saat gigi berlubang terasa nyeri adalah berkumur dengan air garam hangat. Ini dapat membantu membunuh bakteri dan meredakan rasa sakit untuk sementara.

  • Kompres dingin atau panas

Kamu juga dapat mencoba mengompres area gigi yang sakit dari luar, dengan kompres dingin atau panas. Lakukan kompres ini secara bergantian hingga rasa nyeri mereda.

  • Jaga kebersihan gigi

Menyikat gigi dan flossing dapat menghilangkan beberapa plak. Ini tidak akan menyembuhkan gigi berlubang, tetapi dapat mengurangi laju bakteri yang masuk ke dalam gigi, sehingga berpotensi mencegah rasa sakit bertambah parah.

  • Minum obat pereda nyeri OTC

Untuk meredakan sakit pada gigi berlubang, kamu dapat mengonsumsi obat pereda nyeri over the counter (OTC), seperti ibuprofen atau acetaminophen.

  • Pergi ke dokter gigi

Kerusakan gigi yang cukup parah hingga menyebabkan rasa sakit memerlukan kunjungan ke dokter gigi. Dalam beberapa kasus, mungkin ada penyebab non-rongga, seperti infeksi sinus atau masalah dengan sendi temporomandibular. Namun, hanya dokter gigi yang dapat mendiagnosis penyebabnya. Jadi sangat penting untuk mencari perawatan segera untuk mencegah masalah menjadi lebih buruk.

Perawatan tergantung pada tingkat keparahan rongga dan di mana letaknya di dalam mulut. Beberapa pilihan pengobatan mungkin termasuk:

  • Menambal gigi yang berlubang.
  • Perawatan saluran akar.
  • Perawatan mahkota gigi.
  • Pengobatan dengan antibiotik, jika terjadi infeksi bakteri yang serius.
  • Perawatan ortodontik, jika terdapat masalah gigi berjejal atau masalah dengan gigitan yang dapat meningkatkan risiko gigi berlubang.

Penutup

Dalam mengatasi sakit gigi berlubang, langkah pertama yang bisa diambil adalah dengan mengikuti beberapa tips yang telah disebutkan di atas. Namun, perlu diingat bahwa tips-tips ini mungkin hanya memberikan bantuan sementara dan tidak menggantikan perawatan medis yang lebih lanjut.

Jika sakit gigi berlubang terus berlanjut atau menjadi semakin parah, sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter gigi. Hanya dokter gigi yang dapat memberikan diagnosis yang akurat dan menentukan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi gigi Anda.

Ingatlah bahwa menjaga kebersihan gigi dan menjalani perawatan gigi yang teratur adalah kunci untuk mencegah gigi berlubang dan masalah gigi lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan Anda segera mendapatkan perawatan yang Anda butuhkan untuk mengatasi sakit gigi berlubang.

 

Q: Bagaimana cara menghilangkan rasa sakit gigi yang berlubang?

A: Ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa sakit gigi berlubang, seperti berkumur dengan air garam, menggunakan obat pereda nyeri, atau melakukan kompres dingin atau panas. Namun, untuk pengobatan yang lebih efektif, segeralah berkonsultasi dengan dokter gigi.

 

Q: Apa obat sakit gigi berlubang yang paling ampuh?

A: Obat yang paling ampuh untuk sakit gigi berlubang dapat berbeda-beda untuk setiap individu. Dokter gigi biasanya akan meresepkan obat yang sesuai dengan tingkat keparahan rasa sakit dan kondisi gigi Anda. Ada berbagai obat seperti Ponstan, Cataflam, atau Sumagesic yang bisa membantu meredakan rasa sakit gigi.

 

Q: Sakit gigi berlubang di pijat bagian apa?

A: Sakit gigi berlubang biasanya dirasakan pada gigi yang terkena lubang atau kerusakan. Pada umumnya, rasa sakit terkonsentrasi pada gigi yang berlubang, tetapi kadang-kadang bisa menyebar ke sekitar gusi atau daerah sekitarnya.

 

Q: Apa nama obat sakit gigi berlubang di apotik?

A: Beberapa obat sakit gigi berlubang yang dapat ditemukan di apotik antara lain Ponstan, Cataflam, Sumagesic, atau Profenal. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan apoteker atau dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan ini.

 

Q: Apakah gigi berlubang bahaya?

A: Ya, gigi berlubang bisa menjadi bahaya jika tidak diobati dengan baik. Infeksi pada gigi berlubang dapat menyebar dan menyebabkan masalah yang lebih serius. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera mencari perawatan medis jika Anda mengalami sakit gigi berlubang.

 

Q: Apa doa penghilang sakit gigi?

A: Doa bisa menjadi cara untuk mencari ketenangan saat mengalami sakit gigi, namun doa tidak menggantikan perawatan medis. Anda dapat berdoa untuk memohon kesembuhan dan kekuatan dalam menghadapi rasa sakit, sambil tetap mengikuti perawatan medis yang dianjurkan oleh dokter.

 

Q: Bagaimana posisi tidur saat sakit gigi?

A: Saat mengalami sakit gigi, mencari posisi tidur yang nyaman bisa membantu meredakan rasa sakit. Cobalah tidur dengan kepala yang sedikit lebih tinggi dengan menggunakan bantal ekstra untuk mendukung kepala. Posisi tidur yang nyaman dapat membantu mengurangi tekanan pada gigi yang sakit.

 

Q: Doa apa yang bisa menyembuhkan sakit gigi?

A: Tidak ada doa tertentu yang secara medis dapat menyembuhkan sakit gigi. Namun, doa bisa menjadi sarana untuk mencari ketenangan dan dukungan spiritual dalam menghadapi rasa sakit. Selalu penting untuk mencari perawatan medis yang sesuai dari dokter gigi.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang dengan Optimal, Tanpa ke Dokter!