Mengenal Apa itu Aplikasi Zenly, Ditutup Saat sedang Populer

Aplikasi pelacak lokasi yang sedang populer namun justru ditutup pada bulan Februari 2023 adalah Zenly. Tak banyak orang mengetahui apa itu aplikasi Zenly. Keberadaannya memang tidak lama namun namanya tak kalah populer dengan aplikasi pendahulunya.

Sebagai aplikasi pelacak lokasi, Zenly memiliki hasil akurat dan aman. Sayangnya karena faktor ekonomi perusahaan, aplikasi ini tidak bisa mempertahankan operasionalnya di tengah gencaran aplikasi baru. Untuk mengetahui lengkap apa itu Zenly, berikut beberapa informasi tentangnya.

Mengenal Apa itu Aplikasi Zenly

Selain sebagai aplikasi pelacak lokasi, detail mengenai apa itu Zenly menarik untuk disimak. Berikut beberapa faktanya yang perlu diketahui, yaitu antara lain:

1. Dikembangkan di Paris

Aplikasi Zenly menjadi aplikasi media sosial dengan basis peta. Zenly memungkinkan pengguna melacak satu sama lain secara real time. Aplikasi ini dikembangkan oleh startup yang berbasis di Paris.

Pada tahun 2011, Zenly mulai dikembangkan dan diakuisisi di tahun 2017 oleh Snap yang merupakan induk media sosial dari Snapchat. Namun, meski diakuisisi Zenly tetap berdiri sendiri meski ada di satu rumah yang sama.

2. Memiliki Implementasi Teknologi Video Game

Mencari tahu tentang aplikasi Zenly semakin menarik karena aplikasi tersebut mengimplementasikan teknologi video game dan kamera 3D. Kecanggihan itu bisa menjadikan tampilan peta secara custom untuk masing-masing pengguna.

Layaknya video games, aplikasi Zenly menawarkan tampilan peta tidak monoton. Tak heran jika banyak penggunanya yang betah memasang dan menggunakan aplikasi ini sebagai pelacak lokasi yang akurat.

3. Peringkat ke-10 Paling Banyak Diunduh

Zenly menorehkan prestasi karena menjadi yang paling banyak diunduh dalam kategori media sosial. Aplikasi ini menempati peringkat ke-10 secara global. Tahun 2022, pihak Zenly mengklaim penggunanya sudah sampai di angkat 350 juta pengguna aktif bulanan.

Pengumuman tersebut disampaikan bersamaan dengan diluncurkannya desain baru tepat pada bulan April 2022. Tak lama setelah itu, CEO Zenly Antoine Martin mengundurkan diri. Beberapa bulan setelahnya, muncul pengumuman ditutupnya Zenly.

4. PHK Sebanyak 1.300 Karyawan

Penutupan aplikasi Zenly dibarengi dengan adanya pemutusan hubungan kerja 1.300 karyawan. Belum diketahui apa alasan pasti soal penutupan Zenly dan tidak dilepas ke perusahaan lain. Sebab banyak yang berharap Zenly bisa menjadi perusahaan mandiri.

Namun, informasi yang berkembang menyebut alasan dari penutupan aplikasi Zenly dikarenakan ekonomi makro global yang tidak bisa dipastikan. Sehingga keputusan untuk menutup aplikasi dilakukan.

Fitur-fitur Aplikasi Zenly

Setelah mengetahui apa itu aplikasi Zenly, salah satu daya tarik yang ditawarkan kepada penggunanya adalah fitur yang beragam. Berikut beberapa fitur yang dimiliki aplikasi Zenly, seperti:

1. Fitur Messaging

Sesuai namanya, fitur ini memudahkan pengguna dalam menghubungi orang lain atau teman melalui aplikasi Zenly. Bisa disebut fiturnya mirip Direct Message.

Jika di instagram DM bisa mengirimkan pesan, aplikasi Zenly juga bisa menyediakan fitur japri antar individu atau grup chat. Kapasitas anggotanya mencapai 100 orang.

2. Fitur Mapping

Aplikasi Zenly memiliki fitur mapping untuk memusatkan kembali titik peta atau melihat bagaimana highlight terbarunya. Pengguna bisa melihat berbagai tempat yang telah dikunjungi.

Selain itu, pengguna juga bisa membagikan kenangan serta momen bersama teman-teman melalui fitur mapping. Caranya pun cukup mudah.

3. Fitur Searching

Fitur terakhir yang dimiliki aplikasi Zenly adalah fitur searching. Fungsinya yaitu untuk mencari teman atau pengguna lain. Caranya cukup mengklik profil mereka di aplikasi Zenly. bahkan pengguna bisa melacak keberadaan mereka.

Pengguna bisa melihat teman tersebut sedang bersama dengan siapa saja. Lokasi juga bisa dilacak serta memudahkan untuk mencari tempat-tempat umum seperti kafe ataupun restoran.

Melihat gambaran dari apa itu aplikasi Zenly menunjukkan bahwa meski menjadi andalan dari banyak pengguna, faktor lain seperti ekonomi memberi pengaruh penting untuk keberlangsungannya. Sebagai aplikasi pelacak lokasi, Zenly pernah menempatkan  dirinya menjadi yang terbaik.