6 Aplikasi Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca

Sebagian orang mengira telah kerusakan permanen apabila memory card tidak terbaca, sedang di sisi lain tidak tahu cara memperbaikinya. Sebenarnya ada aplikasi memperbaiki memory card yang tidak terbaca tanpa perlu format dan data tetap aman.

Biasanya memang yang disayangkan oleh seseorang adalah harus kehilangan data di dalam memory card yang belum sempat di-back up. Namun, tidak perlu khawatir karena ada beberapa rekomendasi aplikasi yang mungkin bisa menyelamatkan memory card, yaitu:

1. SD Insight

Kebanyakan orang akan lebih menyukai cara sederhana, terlebih karena tidak semua orang mampu  memahami cara mengoperasikan aplikasi baru. Untuk itu ada SD Insight yang terbilang sebagai aplikasi populer untuk memfasilitasi langkah perbaikan memory card error.

Sebelum melakukan perbaikan, aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan seseorang untuk mengetahui hasil analisis dan sumber yang memicu error. Selanjutnya, SD Insight menyediakan fitur untuk mengatasi memory card error berdasarkan hasil analisis tersebut..

2. SD Fix

Next App Inc. merilis versi pertama aplikasi ini pada tahun 2014 dan telah dikembangkan hingga versi 0.7. Sejauh ini dapat dibuktikan bahwa aplikasi SD Fix telah digunakan 1 juta penduduk yang mungkin mengalami masalah serupa.

Bagi yang ingin menggunakan aplikasi ini, perlu diperhatikan sebelum instalasi bahwa kelak akan dibutuhkan akses terhadap root. Jadi, aplikasi ini mungkin lebih direkomendasikan bagi yang sudah terbiasa dan memahami cara akses root secara aman.

3. SanDisk Memory Zone

Ini adalah aplikasi memperbaiki memory card yang tidak terbaca yang dikembangkan oleh Western Digital Corp. Melihat dari latar belakang perusahaan tersebut, tidak heran bila banyak orang percaya dengan aplikasi yang telah dirilis sejak 2011.

Beberapa fitur dari aplikasi ini memungkinkan seseorang untuk melakukan pengaturan file, pembersihan memori, dan proses mencadangkan data. Dengan demikian, seseorang tidak perlu khawatir ketika memory card mengalami eror karena masih bisa diupayakan pemulihan data.

4. MiniTool Partition Wizard

Aplikasi lainnya yang mungkin bisa dijadikan sebagai opsi memperbaiki memory card adalah MiniTool Partition Wizard. Cara penggunaan aplikasi ini memang cukup mudah, tinggal menyambungkan ponsel menggunakan kabel data (USB) ke perangkat komputer.

Mungkin ini adalah aplikasi yang lebih direkomendasikan karena segi jaminan keamanan terjamin dan dikembangkan perusahaan terpercaya. Untuk mendapatkan aplikasi ini bisa langsung dari situs resmi Partition Wizard dan juga tersedia di Microsoft Store.

5. SD Card Fix & Repair

Salah satu aplikasi yang ditujukan untuk memperbaiki memory card yang tidak terbaca adalah SD Card Fix & Repair. Aplikasi ini termasuk ringan dipasang di perangkat, apalagi dengan ukuran unduhan yang tidak lebih dari 5 MB.

Keunggulan dari aplikasi ini ialah dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi pengguna dalam waktu yang cepat. Jadi, dengan adanya aplikasi ini kelak seseorang tidak membutuhkan waktu lama dan bisa segera menggunakan memory card kembali.

6. SD Card Repair

Selain dari kelima aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya, ada pula aplikasi SD Card Repair yang dapat diunduh gratis. Aplikasi ini memiliki interface yang mungkin kurang ramah untuk pengguna sehingga mungkin sebagian akan mengalami kesulitan.

Kendati demikian, aplikasi SD Card Repair ini layak dicoba ketika ingin mengatasi memory card tanpa menghapus data yang ada. Sebab, aplikasi ini memungkinkan adanya tindakan data recovery yang tersedia sebagai fitur pelengkap.

Demikian rekomendasi aplikasi memperbaiki memory card yang tidak terbaca dan memungkinkan data tetap aman karena tidak perlu format. Kelak jangan keburu membuang memory card karena terindikasi tidak terbaca, siapa tahu masih bisa diatasi dengan mudah.